Smartphone kini telah menjadi bagian dari masyarakat. Dari anak muda hingga orang dewasa seolah tidak bisa lepas dari piranti serba guna itu. Bagaimana tidak? Smartphone kini dilengkapi dengan fasilitas komplit, yang tidak membuat kantong melilit. Tak heran, jika kini kita banyak menghabiskan waktu dengan smartphone, mulai dari berhubungan dengan sesama, hiburan, urusan pendidikan atau pekerjaan, transportasi hingga urusan transaksi perbankan dan belanja.

Dengan banyaknya kegiatan yang kita lakukan melalui smartphone, tentunya banyak data pribadi yang tersimpan dalam ponsel pintar kita. Akan sangat berbahaya jika kita lalai dalam menjaga keamanannya. Apalagi jika sewaktu-waktu smartphone kita hilang atau dicuri orang. Smartphone kita bisa dengan mudah diotak-atik oleh orang lain.

Dikutip dari Tempo.co (11 Mei 2016), menurut riset dari Kaspersky Lab dan B2B International, masih ada pengguna yang lalai dalam menjaga smartphone miliknya, terutama remaja. Sebanyak satu dari empat pengguna internet yang berusia remaja antara 16-24 tahun kehilangan perangkat mobile mereka, baik karena hilang (17%) atau dicuri (13%). Sepertiga dari mereka mengalami dampak kehilangan atau pencurian tersebut, mulai dari hilangnya data-data pribadi hingga peretasan akun-akun media sosial mereka. Nah, berikut 7 alasan genting kenapa menjaga keamanan smartphone itu penting:

1. Smartphone itu ibarat album kenangan, banyak foto-foto pribadi yang bisa disalahgunakan

Momen kebahagiaanmu bisa disalahgunakan, duh jangan sampai ya!

Momen kebahagiaanmu bisa disalahgunakan, duh jangan sampai ya! via https://www.imdb.com

Pasti banyak di antara kita yang menyimpan foto-foto di memori smartphone, mulai dari foto-foto pribadi, foto bersama keluarga, teman hingga rekan bisnis. Jika kita lalai menjaga smartphone kita, memori kebahagiaan kita bisa hilang sekejap dan bahkan bisa disalahgunakan. Foto-foto kita bisa disalahgunakan untuk pembuatan akun-akun palsu atau hal buruk lainnya. Pastinya kamu tidak mau kan, kalau foto-foto pribadimu disalahgunakan untuk tindak kejahatan?

2. Data-data rahasia yang kamu simpan, bisa disebar atau diperjualbelikan

Data-data rahasiamu bisa disebar atau diperjualbelikan

Data-data rahasiamu bisa disebar atau diperjualbelikan via http://www.pusatgratis.com

Advertisement

Buat kamu biasa mengirim dan menerima dokumen rahasia lewat e-mail atau menyimpannya lewat smartphone-mu, kamu perlu ekstra hati-hati! Jika kamu lengah sedikit saja dalam menjaga keamanan smartphone-mu, data-data rahasiamu bisa disebar atau diperjualbelikan. Duh, jangan sampai kamu dirugikan ya karena kelalaianmu sendiri. Keamanan smartphone-mu itu nomor satu.

3. Daftar nomor teman-teman jadi sasaran penipuan

Kamu bisa jadi target "drama minta pulsa atau pinjam uang

Kamu bisa jadi target "drama minta pulsa atau pinjam uang via https://arsip.murianews.com

Smartphone-mu yang tanpa dilengkapi pengaman apapun bisa sangat berbahaya, jika jatuh pada orang yang salah. Daftar nomor temanmu bisa jadi sasaran penipuan dengan mengatasnamakan kamu. Ngeri juga, kan? Bisa-bisa drama "kamu minta pulsa," "kamu pinjam duit" atau drama-drama lainnya bakal menghiasi handphone teman-temanmu. Hidupmu jadi beneran drama deh kalau teman kamu percaya sampai kirim pulsa atau uang. Makanya, yuk waspada!

4. Akun-akun yang terhubung, jadi sarana kejahatan yang sulit dibendung

Akun media sosial-mu pun bisa jadi sarana kejahatan

Akun media sosial-mu pun bisa jadi sarana kejahatan via https://www.bukalapak.com

Semakin canggih smartphone yang kamu punya, semakin banyak juga aplikasi yang kamu install. Kamu yang hobi kirim-kirim e-mail atau bermedia sosial, tentunya menyimpan username dan password akunmu di smartphone milikmu. Kebayang gimana jadinya akun-akun milikmu, jika smartphone kamu jauh dari kata "aman"?

Advertisement

Apalagi kalau sampai hilang atau dicuri orang? Ulala, siap-siap deh buat ngelus dada. Semakin banyak akun yang terhubung, bisa jadi sarana kejahatan yang sulit dibendung!

5. Catatan-catatan pentingmu, bisa sekejap merugikanmu

Catatan PIN atau password di smartphone-mu bisa merugikanmu

Catatan PIN atau password di smartphone-mu bisa merugikanmu via https://www.gcul.ie

Hayo, siapa yang sering menyimpan catatan password atau PIN penting di smartphone? Misalnya saja password akun keuangan virtual. Mungkin awalnya kamu berpikir catatan itu memudahkanmu saat log in atau transaksi, namun hal itu juga bisa sekejap merugikanmu. Orang bisa dengan mudah membaca catatan yang kamu buat dan melakukan transaksi tanpa kamu ketahui. Catatan kecilmu ternyata bisa merugikanmu.

6. Hasil pekerjaanmu hilang, kerja kerasmu harus diulang

Hasil pekerjaanmu bisa sekejap hilang

Hasil pekerjaanmu bisa sekejap hilang via https://www.flaticon.com

Alasan berikutnya kenapa kamu perlu menjaga keamanan smartphone-mu adalah untuk meminimalkan kehilangan hasil pekerjaan kamu selama ini, misalnya saja skripsi, hasil desain atau file lainnya. Mungkin ada di antara kamu yang menyimpan file-file hasil karyamu di smartphone, tanpa mem-backup di perangkat lain.

Lebih sedih mana putus sama pacar atau kehilangan hasil pekerjaanmu itu? Karena waktu tidak bisa diulang, satu-satunya cara, ya kerja kerasmu harus diulang. Sekarang kamu hanya bisa semangat lembur karena smartphone-mu sudah dibawa kabur.

7. Jangan sampai terus merugi, pilihlah yang sudah teruji

Smartphone dengan fitur keamanan yang terjamin

Smartphone dengan fitur keamanan yang terjamin via http://teknologi.metrotvnews.com

Alasan terakhir tentunya berhubungan dengan kerugian yang kamu dapatkan. Jika kamu lalai dengan keamanan smartphone-mu, kamu akan terus merugi. Kamu kehilangan smartphone-mu dan bisa juga kehilangan data pribadimu. Bahkan, mungkin kamu jadi was-was sendiri dengan data dan akun-akun yang kamu miliki. Kalau kamu sudah tahu smartphone-mu tidak aman, kenapa masih dipertahankan? Jangan sampai lengah, karena kamu sendiri yang akhirnya akan mengalah.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan smartphone adalah memilih smartphone yang memiliki fitur keamanan yang terjamin. Pilihlah smartphone yang dilengkapi fitur pengaman handphone dengan PIN atau fingerprint (Lock Mobile Phone), fitur pengaman di setiap aplikasi (Super Applock), kamera yang aktif memotret saat smartphone dibuka paksa orang lain (Manual Shoot), fitur menghapus data jarak jauh (Destroy Data), alarm ponsel (Alarm Finder), dan fitur mengirim pesan pada smartphone saat smartphone-mu hilang (Send Message).

Semua fitur canggih itu bisa kamu temukan di smartphone terbaru Advan i6. Sebuah revolusi baru dari smartphone yang sangat peduli dengan keamanan penggunanya.

Jangan sampai kelalaianmu merugikanmu, karena keamanan smartphone-mu nomor satu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya