Popularitas Instagram telah naik dengan stabil sejak debutnya pada awal tahun 2010 lalu. Yup, berarti sudah hampir 8 tahun umur Instagram, dan per juni 2018 user aktifnya telah mencapai 1 Miliar pengguna lho! Hal ini menempatkan Instagram, atau kita kenal juga dengan IG, sebagai platform social media terbesar nomor dua (2) di dunia, setelah Facebook. Dan nampaknya orang–orang semakin jatuh cinta saja dengan Instagram. (kami tidak memperhitungkan Youtube).

Faktanya, jumlah pengguna jasa Instagram untuk memasang iklan naik dua kali lipat sampai lebih dari 2 juta pengiklan saat ini. Tentunya karena orang–orang percaya bahwa Instagram adalah platform social media yang terbaik untuk berhubungan atau engage dengan para customer mereka.

Namun yang menjadi pertanyaan kita adalah mengapa IG bisa menjadi platform terbaik yang menjadi pilihan para pengguna, dan bagaimana marketers bisa mendapatkan keuntungan dari hal ini?

1. Apa yang dikatakan Metrics?

Engagement merupakan hal yang sangat sulit untuk diukur, dan hal ini melibatkan beberapa faktor, seperti post visibility, komentar, like dan share yang diberikan atas posting kita. Secara sederhana, dapat kita jelaskan bahwa engagement adalah kemampuan kita untuk terhubung dengan para pengikut kita.

Advertisement

Melalui survey dilakukan terhadap lebih dari 2.500 mikro-influencers, 60 persen berpikiran bahwa Instagram, atau IG, adalah platform dengan performa keseluruhan terbaik. Runner up, yaitu Facebook, memiliki nilai yang terpaut sangat jauh, yaitu hanya 18 persen.

2. Kenapa? Instagram memiliki performance yang sangat baik di handphone.

Performance

Performance via https://www.google.com

Mari kita sepakati bahwa semakin banyak orang yang lebih menyukai untuk melakukan segala hal langsung dari sentuhan jari mereka, ketimbang dari desktop ataupun layar komputer, bahkan dibandingkan tablet sekalipun.

Kita adalah masyarakat pengguna handphone sekarang! Dan Instagram adalah aplikasi yang didesain khusus untuk handphone kita. Faktanya, aplikasi Instagram malah memiliki fitur yang sangat terbatas pada desktop sehingga para pengguna memilih untuk log in Instagram dari handphone dibandingkan dengan komputer mereka.

3. Kenapa? Instagram adalah aplikasi yang menekankan penggunaan foto.

Advertisement

Orang – orang akan menjadi lebih responsive pada foto. Kita lebih memilih untuk membaca informasi secara visual daripada membaca atau mendengarkan suatu. Inilah mengapa visual marketing (dan para influencer tentunya) melejit akhir–akhir ini.

Ini adalah alasan utama mengapa Instagram begitu popular. Instagram menekankan penggunaan foto sebagai pusat dari postingan. Faktanya, caption akan dipotong dari main feed setelah jumlah tertentu, dan membuat mereka menjadi pilihan kedua dari foto–foto yang di-display.

Pada survey yang kami lakukan terhadap para influencer, 70% dari 500 respondent menyebut bahwa caption IG, walaupun penting, bukanlah factor utama dari keberhasilan sebuah post. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari cara penulisan caption IG keren singkat sehingga basis massa kita semakin banyak.

Apabila kamu memikirkan mengenai tipe image yang paling baik untuk digunakan pada Instagram, berikut adalah snapshot dari hasil survey kami kepada para respondent. Dalam hal engagement, 72% influencer mengklaim bahwa foto portrait adalah jalan menuju sukses dan foto landscape menempati urutan kedua (14%). Dan hanya 13% yang melaporkan bahwa foto selfie merupakan hal yang membuat account mereka semakin engage dengan para follower.

Foto itu sangat penting pengaruhnya terhadap akun Instagram, sehingga semakin banyak aplikasi pihak ketiga yang terbawa sukses dan mendapatkan popularitasnya sendiri. Baik yang berbayar, ataupun yang gratis, aplikasi photo editing menjadi semakin terkenal di kalangan pengguna Instagram karena membuat postingan mereka menjadi lebih keren dan eye catching.

Berdasarkan data yang kami terima, 53% dari influencer yang kami survey SELALU menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengedit foto mereka sebelum diposting ke Instagram.

4. Kenapa? Instagram sangat mudah untuk digunakan.

easy to use

easy to use via https://unsplash.com

Tidak perlu kita ragukan lagi, Instagram adalah aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan. Interface nya yang sederhana membuat Instagram gampang digunakan pengguna baru untuk mengerti secara intuisi, tidak peduli berapapun umur mereka.

Kamu tidak perlu menjadi seseorang yang jenius untuk menavigasi seluruh fitur yang ditawarkan oleh Instagram. Instagram juga selalu mengembangkan dan menghasilkan fitur–fitur baru (misalnya filter foto, slideshow, IG stories, ataupun Instagram TV) dan mendorong user mereka untuk mencoba melalui petunjuk yang mudah untuk digunakan.

Berdasarkan survey yang kami lakukan juga, Instagram Feed, merupakan fitur favorit dari para respondent, yaitu 47%. IG Stories menempati urutan kedua dengan 43%.

Apabila kamu belum menggunakan Instagram sekarang. Ini saatnya untuk join. Aplikasi ini nampaknya tidak akan punah dalam waktu dekat, apalagi dengan perkembangannya yang selalu menelurkan ide–ide baru untuk para pengguna.

5. Tips? Tingkatkan Kualitas Foto

Kamu tidak perlu menjadi master untuk membuat sebuah akun Instagram yang sukses, tetapi tidaklah begitu menyakitkan untuk belajar sedikit basic dari teknik photography. Semakin baik kualitas dari foto yang kami bagikan, maka itu akan semakin “nampak” di mata para user dan membuat mereka semakin “engage”.

Akan semakin membantu apabila seluruh foto–fotomu didominasi oleh satu, atau beberapa, warna secara konsistent dan kamu fokus kepada satu “niche” tertentu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya