Sederet Cara Agar Kamu Bisa Belajar Mencintai Diri Sendiri. Yuk Dimulai Sekarang

Belajar self love

Banyak orang yang mungkin tidak pernah berpikir untuk membahagiakan diri sendiri, padahal membahagiakan diri sendiri adalah modal awal kamu untuk memberikan kebahagiaan kepada orang lain baik keluarga, pasangan, teman, ataupun orang-orang di sekitar kamu. Membahagiakan diri sendiri adalah hasil dari kamu mencintai diri sendiri yang efeknya juga akan dirasakan oleh orang-orang di sekitar kamu. Gimana? Masih gak mau mencoba untuk mencintai diri sendiri? Rugi besar lho~

Mau mencintai diri sendiri, tapi bingung gimana caranya? Gampang gampang susah sih, tapi percayalah, kamu pasti bisa melakukannya kok. Yuk simak cara-cara mencintai diri sendiri berikut ini!

Advertisement

1. Love your body

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Pertama, mulailah dengan mencintai tubuh kamu, yaitu dengan menjaga kesehatan kamu. Karena dengan adanya tubuh yang sehat kamu baru akan leluasa melakukan apa saja baik untuk diri kamu maupun untuk orang lain. Luangkan waktu untuk berolahraga, nggak harus bayar gym yang mahal kok.

Mulai juga untuk menjaga makanan yang kamu konsumsi, perbanyak air putih. Kurangi deh makanan instant dan minuman yang manis-manis. Oh ya, satu lagi, buat kamu yang merokok, kalau kamu emang sayang sama diri kamu apalagi orang-orang di sekitar kamu please berhenti mulai dari sekarang ya!

2. Menerima diri sendiri

Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash via https://unsplash.com

Yang kedua adalah mulai menerima diri kamu sendiri. Tidak ada yang kekal dan sempurna di dunia ini. Setiap orang memiliki cerita hidup yang berbeda-beda. Setiap orang juga pernah melakukan kesalahan. Jadi tidak ada yang perlu kamu takuti, kalau kamu sendiri aja tidak bisa menerima masa lalu kamu, bagaimana caranya orang lain bisa menerima kamu?

Dan kalaupun orang lain tidak bisa menerima kamu, itu bukan urusanmu. Yang terpenting adalah kamu bisa menerima kamu, karena itulah kamu yang seutuhnya. Kamu yang tiada duanya dengan cerita hidup, masa lalu, serta pengalaman yang berbeda. Jadikan semua itu sebagai motivasi kamu untuk terus menjadi yang lebih baik ya!

3. Menghindar dari hal-hal buruk

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ada pepatah yang berbunyi,

“If you can stay positive in a negative situation, you win.”

Perlu diketahui bahwa pepatah ini bukan bertujuan untuk menantang kamu ya. Tapi kita bisa berpikir ke arah yang lebih bijak. Apabila diri ini masih belum cukup bijak, maka jangan coba-coba untuk menantang. Manusia awam biasanya sangatlah cepat tergoda dengan hal-hal yang negatif.

Misalkan saja seperti gosip, merokok, minuman keras, dll. Jika lingkungan kamu dipenuhi dengan situasi yang seperti ini, cobalah untuk menghindar karena tidak akan ada kebahagiaan yang kamu dapatkan. Yang ada malah kamu merasakan kebahagiaan sesaat yang kemudian mengantarkan kamu kepada kekhilafan. So, kalau kamu mau mulai mencintai diri kamu sendiri, mulailah untuk menjauhi hal-hal negatif yang bisa merusak diri dan hidup kamu.

4. Kelola hobi positif

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setiap orang pastinya punya minimal 1 hobi yang positif. Nah, manfaatkan waktu kamu yang berharga dengan melakukan hobi kamu ini juga merupakan salah satu cara kamu mencintai diri kamu sendiri lho. Tahu alasannya?

Karena dengan melakukan hobimu, kamu pasti akan memiliki mood yang bagus. Jiwa dan pikiran kamu akan terasah secara tidak kamu sadari. Ini akan membawa pengaruh yang positif untuk kamu dan orang sekitar kamu lho. Mana tahu ketika kamu melakukan hobi tersebut, orang-orang di sekitarmu juga terinspirasi. Dan akhirnya, juga ikut melakukan hobinya yang berujung makin banyak deh yang mulai mencintai dan menghargai dirinya sendiri.

5. Bukan menjadi diri kamu sendiri, tapi menjadi diri kamu yang terbaik

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Sering dong dengerin orang bilang, “Just be yourself“. Be yourself seringkali dijadikan alasan untuk tidak menunjukkan sisi terbaik dari seseorang. Sudah nyaman dengan diri sendiri, tapi kamu akan jauh lebih nyaman ketika kamu bisa menunjukkan yang terbaik dari diri kamu. Misalkan saja untuk kamu yang wanita, mungkin biasanya jarang pakai make-up atau skin care. Coba deh mulai saat ini kamu rajin pakai skin care dan make-up, tapi tentunya yang cocok dengan kamu ya. Pastinya nanti orang-orang di sekitarmu terbelalak lho!

Nah, buat kamu yang cowok mungkin biasanya ke kantor pakaiannya kurang rapi, coba deh dibiasakan berpenampilan rapi. Ini juga bakal meningkatkan nilai yang ada pada diri kamu lho! So, mulai saat ini kalau kamu mau mencintai diri kamu sendiri, mulailah untuk menunjukkan sisi terbaik dari diri kamu. Perlihatkan ke dunia kalau kamu yang sesungguhnya bukan hanya seperti sekarang ini. Ada sisi terbaik kamu yang belum pernah diketahui oleh orang banyak.

6. Mencoba hal baru

Photo by unpslash

Photo by unpslash via https://www.unsplash.com

Mencoba hal baru juga nggak ada salahnya lho. Malah ini juga merupakan salah satu cara kamu untuk mencintai diri kamu sendiri. Karena dengan mencoba hal yang baru kamu akan merasakan sendiri benefitnya dari hal tersebut. Eits, tapi pastikan hal yang baru ini adalah hal yang positif ya!

7. Kelola keuangan

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Next-nya adalah kelola keuangan. Kenapa? Karena kalau kamu tidak mengelola keuangan kamu dengan baik, bagaimana caranya kamu bisa mencintai diri kamu sendiri?

Misalkan saja, kamu tidak memiliki asuransi atau tabungan. Jika suatu saat kamu sakit dan sedang merantau, lalu pas banget lagi akhir bulan belum gajian. Wah, bisa berabe dong pastinya. That's why kenapa kamu harus kelola keuangan kamu juga demi diri kamu sendiri juga.

8. Stay positive!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Dan yang terakhir adalah stay positive. Karena hidup ini penuh dengan ketidakpastian dan suatu saat pasti ada hal buruk yang terjadi pada kita. Namun dengan demikian, kita tidak bisa mengubah kenyataan, hanya bisa menerima dan melihat hikmah dari setiap kejadian yang terjadi. Dengan tetap berpikir dan berbuat positive, maka kamu akan sedikit lebih mudah untuk menjalani hari-harimu. Dengan demikian, kamu pun akan lebih menghargai dan mencintai diri kamu sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE