Doyan kopi? Ya, meskipun sebagian besar orang suka kopi, tapi banyak juga yang kurang menyukai minuman ini. Kopi memiliki rasa dan aroma yang khas, bagi sebagian orang kopi bisa menjadi sajian yang sangat nikmat diminum. Selain itu kopi juga menjadi bekal wajib buat kamu yang sering begadang, entah untuk ngerjain kerjaan kantor atau nonton bola tengah malam. Kafein pada kopi dipercaya bisa membuat kamu lebih bisa menahan rasa kantuk, meskipun ada sebagian orang yang bisa dengan mudahnya tertidur setelah minum kopi.

Tidak hanya nikmat diminum, ternyata kopi juga memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Pastinya jika ingin mendapatkan manfaat kopi ini kamu harus meminumnya dalam jumlah yang wajar dan masih mengimbangi dengan minuman lain termasuk air putih. Nah buat kamu yang belum tahu apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari kopi, simak ulasannya berikut ini.

1. Kopi dapat menghindarkan serta meringankan stres

Kalo kerjaan kantor mulai numpuk jangan lupa minum kopi biar ngga stres via https://www.today.com

Nah pasti sudah pernah atau bahkan sering mendengar orang yang merasa lebih rileks setelah minum kopi. Ternyata salah satu manfaat kopi memang bisa mencegah serta meredakan stres. Stres bisa datang dari mana saja, tekanan kantor atau aktivitas yang terlalu berat dan jika tidak ditangani bisa menyebabkan depresi. Kopi dipercaya mampu menurunkan risiko stres hingga 10%, selain itu aroma khas yang dikeluarkannya mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

2. Kopi dapat membuat organ hati lebih sehat

Kamu juga bisa menjaga kesehatan hati dengan kopi loh via http://www.netdoctor.co.uk

Mengonsumsi kopi dalam batas wajar dapat membuat organ hati menjadi lebih sehat. Hal ini berkaitan dengan adanya kandungan kafein pada kopi yang dapat menjaga organ hati dari kegagalan hati yand dikarenakan penyakit autoimun.

3. Kopi dapat menurunkan berat badan

Advertisement

Kopi juga bisa buat diet via http://disehat.com

Nah manfaat kopi yang satu ini pasti jadi berita gembira buat kamu, terutama kaum wanita. Hal ini juga berkaitan dengan kandungan kafein pada kopi yang mampu menekan nafsu makan, dikarenakan tubuh menjagi panas sehingga cairan berkurang. Meskipun begitu kamu harus tetap menggantikan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

4. Kopi dapat menghindarkan dari penyakit alzheimer

Manfaat jangka panjang kopi untuk mencegah alzheimer via http://abcnews.go.com

Seperti yang kita tahu bahwa alzheimer adalah penyakit berbahaya yang menyerang saraf otak yang dapat menyebabkan memori jangka pendek bahkan jangka panjang hilang. Penyakit yang biasa menyerang pada usia di atas 65 tahun ini mampu diminimalkan risikonya dengan mengonsumsi kopi.

5. Kopi dapat menangkal parkinson

Minimalkan risiko parkinson dengan kopi via http://www.deerlodgecentrefoundation.com

Parkinson adalah penyakit yang menyerang saraf yang menimbulkan gejala tangan bergetar tak terkendali. Hingga saat ini belum ada obat untuk penyakit ini, karena itu melakukan pencegahan adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan. Kandungan kafein pada kopi dipercaya dapat menurunkan risiko serangan parkinson hingga 60%.

6. Kopi dapat menangkal kanker kulit

Bahkan dapat mencegah kanker via http://kanker.autoimuncare.com

Selain kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker kulit.

7. Kopi dapat menurunkan risiko diabetes

Bisa juga menurunkan risiko diabetes via https://www.rd.com

Mengonsumsi kopi tanpa gula dipercaya dapat membantu menurunkan dan mencegah risiko penyakit diabetes tipe dua. Hal ini dikarenakan kandungan kromium dan magnesium yang terdapat di dalam kopi. Dengan meminum kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua sebanyak 20%.

Itulah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kamu.