Pernahkah kamu mendengar salah satu cara untuk melembabkan wajah dengan menggunakan minyak kosmetik? Entah itu minyak zaitun, minyak pohon teh, atau bahkan minyak bunga-bungaan. Tapi mungkin kamu berpikiran, memangnya minyak itu nggak akan membuat kulit jadi semakin berminyak, ya? Apalagi kalau kamu memiliki jenis kulit yang berminyak.

Tapi tahukah kamu kalau bangsa Mesir Kuno akan menjaga kulit mereka tetap hidup dan tanpa cela menggunakan minyak kosmetik. Dan rahasia kecantikan itu belakangan ini kembali banyak diminati.

Lalu apa saja sih manfaat minyak kosmetik untuk kulitmu? Yuk cek artikel di bawah ini!

1. Bisa Mengurangi Keriput

Mengurangi Keriput

Mengurangi Keriput via https://cdn.pixabay.com

Terlalu banyak sinar ultraviolet yang tidak terlindungi bisa membuat kulit wajahmu lama kelamaan muncul keriput dan bintik hitam. Sehingga beberapa minyak kosmetik yang dikemas dengan antioksidan bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini tersebut.

Advertisement

Kalau kulitmu sering terpapar sinar matahari dan kering, kamu bisa mencoba mencari jenis minyak primrose atau yang banyak mengandung vitamin E, seperti minyak argan.

Tapi kalau kulitmu berminyak, cobalah untuk menggunakan minyak biji anggur. Hal ini dikarenakan minyak biji anggur mengandung zat anti penuaan, ringa, tidak terlalu berminyak, dan wangi. Gunakanlah malam setelah mencuci muka di bagian dahi, pipi, hidung, dan juga dagumu.

2. Baik untuk Kulit yang Kering

Kulit Kering

Kulit Kering via https://www.kepogaul.com

Temperatur yang sering turun dan mendadak panas bisa membuat kelembapan kulitmu langsung berkurang. Setelah itu kulitmu bisa menjadi kering.

Advertisement

Untuk itu, minyak kosmetik bisa menjadi penawar yang ideal untuk kulit kering, bersisik dan kasar, kemerah-merahan. Bahkan, minyak kosmetik juga lebih efektif dalam melembapkan daripada losion dan krim yang banyak dijual di umum.

Untuk kulit dan rambut yang lebih lembut, kamu bisa menggunakan minyak kelapa ke bagian yang kering. Atau pilihan lainnya bisa menggunakan minyak almon yang penuh dengan omega 3 yang menghidrasi, menjadikannya pilihan yang bagus untuk kulit sensitif.

3. Melindungi Kulit

Melindungi Kulit

Melindungi Kulit via https://cdn.pixabay.com

Karena minyak bersifat lipofilik, mereka bisa menembus jauh ke dalam kulit, menerangkap air dan kelembapan lainnya, sekaligus menyingkirkan racun dan banyak hal-hal buruk lainnya.

Beberapa jenis minyak kosmetik juga bisa membantu memperkuat pelindung alami kulitmu. Ini sangat penting untuk kamu yang tinggal di kota besar, karena membutuhkan perlindungan ekstra terhadap polutan dan kabut asap. Sebuah sumber kerutan yang tidak kamu ketahui.

Apalagi pada hari yang sangat dingin, kamu bisa menggunakan minyak biji rosehip, yang sangat terkonsentrasi dengan bahan antioksidan.

4. Sempurna untuk Menjadi Primer Sebelum Memakai Makeup

Minyak kosmetik seperti yang terbuat dari biji mandarin dan labu bisa masuk ke dalam kulit dengan sangat cepat dan bisa bertahan di area yang membutuhkan hidrasi di wajahmu. Hal itu memberikan efek langsung dan menjadikan wajahmu sebagai kanvas yang sempurna untuk riasanmu.

Bahkan, semakin halus kulit wajahmu, riasan wajahmu pun semakin terlihat sempurna.

5. Bisa Mengecilkan Pori-Pori

Minyak kosmetik high-end seperti makadamia, jojoba, dan kamelia benar-benar bisa mengeluarkan kotoran dan lemak dari pori-pori wajahmu. Sehingga membuat pori-pori wajahmu tampak lebih kecil dan tidak terlihat.

Sayangnya, minyak yang biasanya dijual di toko secara bebas itu justru bisa membuat pori-pori kulitmu tersumbat dan membengkak.

Oleh karenanya, akan lebih baik kalau kamu mengkonsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum mencoba minyak sembarangan.

6. Bisa Menghilangkan Ruam

Banyak minyak kosmetik yang memiliki sifat anti indlamasi juga. Sehingga ketika digunakan di wajahmu, bisa juga membantu meredakan iritasi kulit.

Minyak argan dan minyak yangu ideal sekali untuk iritasi yang biasanya muncul akibat penggunaan retinol atau alpha hydroxy acids. Biasanya dua zat tersebut banyak muncul pada produk-produk anti penuaan kulit. Selain itu, minyak geranium juga bagus sekali digunakan untuk mengurangi bintik merah di kulitmu.

7. Bagus untuk Membersihkan Jerawat

Percaya tidak percaya, minyak pohon teh adalah penghilang jerawat yang sangat baik. Dan tenang saja, kamu tidak akan mendapatkan lebih banyak jerawat ketika kamu menggunakan minyak kosmetik. Yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menggunakan dalam jumlah yang berlebihan.

Menggunakan minyak jojoba dalam jumlah sedang bisa mengurangi produksi minyak. Bahkan bisa mengeringkan jerawat yang muncul di wajahmu.

Apalagi sekarang ini minyak kosmetik dibuat dengan sangat elegan, formulasi yang ringan dan sangat bagus digunakan sebagai lapisan skincare-mu dan bahkan baik untuk penggunaan sehari-hari. Asalkan kamu ingat kuncinya adalah penggunaan dalam jumlah yang tepat. Terkadang, sesuatu yang berlebihan juga tidak baik, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya