Pagi ini aku menemukan tujuh nasihat dari seorang Albert Einstein ketika melongok beranda facebook. Entah itu valid atau tidak, tapi yang jelas tidak dicantumkan sumber asli dari mana kutipan itu diambil. Tapi, tidak ada salahnya aku bagikan tujuh nasihat (yang katanya berasal dari) Einstein tersebut. Ini hanyalah beberapa kutipan dari filosofi hidup singkat Einstein. Tidak ada Fisika, tidak ada teori tentang nuklir, atau hal-hal jenius lainnya. Hanya hal kecil yang sering terlupakan. Namun tidak menutup kemungkinan hal-hal kecil ini berpengaruh besar terhadap hidup kita. Semoga bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembaca sekalian. Enjoy yourself.

 

1. Buntuti Terus Rasa Ingin Tahu Anda

Rasa Ingin Tahu

Rasa Ingin Tahu via http://anekatop10.com

"Saya bukan memiliki bakat khusus. Hanya selalu menikmati rasa ingin tahu saja."

Membaca kutipan Einstein di atas membuat kita bertanya-tanya. Seperti apa rasa ingin tahu itu sebenarnya? Kita mungkin bertanya-tanya: Mengapa ada orang sukses dan orang yang gagal? Karena itu banyak-banyaklah menghabiskan banyak waktu membaca banyak bahan dan sumber pengetahuan. Mencari tahu koneksi berbagai hal terhadap kata 'sukses'. Mengejar jawaban dari rasa ingin tahu adalah kunci dari sebuah kesukesan. 

2. Tekun Itu Tak Ternilai

Trial And Error

Trial And Error via http://rentsauce.com

"Saya bukannya pintar, boleh dikatakan hanya bertahan lebih lama menghadapi masalah."

Apakah kita setekun tunas mangga yang terus-menerus bertumbuh dan berkembang sehingga akhirnya bisa berbuah? Ada juga ungkapan yang popular di kalangan pegawai pos, “Selembar prangko menjadi bernilai hanya karena ketika dia menempel pada surat hingga mengantarnya sampai ke tujuan”. Jadikan diri kita seperti halnya prangko. Selesaikan apa yang sudah kita mulai. Hantarkan ia sampai ke tujuan.

3. Fokus Pada Saat Ini

"Seorang pria yang bisa menyetir dengan aman sementara mencium gadis cantik, sebenarnya tidak memberi penghargaan yang layak untuk ciumannya itu."

Ada sebuah cerita ketika sesorang menjaga sebidang kebun durian. Begitu banyak kera seperti menunggu si penjaga lengah lalu kemudian menyikat durian yang ranum di atas pohon. Temannya berkata, “Kamu tidak akan bisa menembak dua kera sekaligus.” Kesimpulannya adalah: Seseorang bisa melakukan banyak hal, tapi bukan semua hal sekaligus. Belajar untuk 'berada di sini dan saat ini', berikan perhatian kepada apa yang sedang kita kerjakan. Energi yang terfokus adalah sumber kekuatan yang besar. Itulah perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

4. Imajinasi Adalah Kekuatan

An Imagination

An Imagination via http://www.sciculture.ac.uk

"Imajinasi adalah segalanya. Imajinasi adalah penarik masa depan. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan."

Ungkapan Einstein yang satu ini sangat terkenal. Apakah kita berimajinasi setiap hari? Menurutnya, imajinasi lebih penting dari pengetahuan! Imajinasi memainkan satu babak awal dalam pentas hidup masa depan kita. Lagi, kata Einstein: "Tanda kejeniusan sesungguhnya bukanlah pengetahuan melainkan imaginasi." Sekali lagi, apakah kita sudah melatih otot-otot imajinasi kita setiap hari? Hidup tanpa imajinasi seperti halnya mengikuti aliran sungai dengan pasrah dan mengikuti kemana pun arahnya. Tak memiliki kuasa atas apapun terhadap pilihan dan keinginannya. Apakah kita ingin hidup demikian?

5. Buat Kesalahan

Learn From Mistake

Learn From Mistake via http://1.bp.blogspot.com

"Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru."

Einstein tak pernah takut dengan kesalahan. Tak perlu alergi dengan kesalahan. Catat baik-baik, KESALAHAN bukan KEGAGALAN. Dua hal yang berbeda. Kesalahan-kesalahan dapat membantu kita menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih cerdas, jika saja kita menggunakannya dengan tepat. Carilah sesuatu yang baru (something new) dari kesalahan yang pernah kita buat. Jjika ingin sukses, belajarlah lebih banyak dari kesalahan kita. Evaluasi dan perbaiki.

6. Hidup Pada Saat Ini

Life In The Present

Life In The Present via http://reformedcommunion.org

"Saya tak pernah memikirkan masa depan – itu akan datang sesaat lagi."

Satu-satunya jalan agar hidup kita menjadi lebih baik di masa depan adalah hidup dengan baik pada saat ini. Menyikapi waktu dengan tepat. Sangat tak mungkin merubah hari kemarin karena sudah terjadi. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengubah cara pandang kita saat ini agar masa depan menjadi lebih baik. Kita juga tidak bisa mengubah hari esok menjadi lebih baik, kecuali jika kita melakukan yang terbaik pada saat ini. Masalahnya hanya tentang waktu.

7. Hargai Diri Anda

Until You Value Yourself

Until You Value Yourself via http://liveitbydesign.com

"Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga."

Luangkan waktu untuk menaikkan nilai diri kita. Jika kita memang bernilai, sukses akan datang menghampiri. Apakah Einstein bekerja lebih keras untuk sukses? Mungkin dia hanya terus menerus berinvestasi untuk meningkatkan nilai dirinya. Dan sukses datang kepadanya. Kenali bakat yang kita miliki. Belajar untuk mengasah bakat yang kita miliki menjadi lebih tajam dan gunakan untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya kepada orang lain. Bekerjalah untuk menjadi bernilai, bukan untuk menjadi sukses. Apakah berlian harganya sama dengan kerikil? Kita sendiri yang punya jawabannya. Namun keduanya juga sama-sama bermanfaat dalam batas tertentu. Jadi kita ingin menjadi berlian atau kerikil?

 

Salah satu atau bisa jadi ketujuh nasihat diatas (yang katanya berasal dari Albert Einstein) mungkin saja bisa menjadi inspirasi buat kita. Ambilah yang bermanfaat. Dan yang terpenting dipraktikan. Nasihat sebijak apa pun tak akan bermanfaat jika tidak dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat berpijak menuju bijak.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya