Siapa sih yang tidak menginginkan muka bersih, mulus, bebas jerawat ? Tentu kebanyakan individu terutama kaum hawa ingin mempunyai wajah yang lembut, bersih bak Song Hye-Kyo. Namun namanya untuk mendapatkan yang terbaik, kamu tentu membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Seperti dengan rajin membersihkan wajah, rutin memakai skin care, atau pun melakukan face treatment secara berkala. Tapi, dengan harga face treatment yang mahal, kamu bisa mengakalinya dengan rajin membuat masker rumahan yang mempunyai manfaat seperti masker lainnya. Mau lihat campuran bahan apa saja yang bisa kamu bikin untuk masker di rumah ? Yuk, simak di bawah ini

1. Untuk kulit berminyak, campurlah bubuk kunyit dengan yogurt

campurlah bubuk kunyit dan yogurt

campurlah bubuk kunyit dan yogurt via https://www.stayfavful.com

Bgai kamu yang memiliki wajah berminyak, tentu kerap mempunyai masalah dengan jerawat. Hal ini karena wajah menghasilkan minyak berlebih dan bisa berujung menimbulkan jerawat. Duh, mengganggu banget kan ya! Oleh karena itu, campuran bubuk kunyit dan plain yogurt cocok untuk menjadi maskermu. Kunyit mempunyai kandungan anti-inflammantory yang bisa menyembuhkan jerawat. Kamu hanya tinggal mencampurkan kedua bahan dan oleskan di wajah kamu. Tunggu 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air. Setelah membilas, wajahmu akan mempunyai warna kekuningan karena bekas kunyit, namun tidak usah khawatir. Kamu bisa membasihnya dengan sabun cuci muka dan tada wajahmu akan menjadi bersih dan lembut.

2. Pakailah pisang, yogurt dan madu untuk wajah kering

Gunakan pisang, yogurt dan madu

Gunakan pisang, yogurt dan madu via https://www.pinterest.co.uk

Sekarang saatnya untuk kamu yang memiliki tipe wajah kering. Wajah kering dapat memberikan kesan seperti pecah-pecah atau kasar hingga bersisik. Namun tidak perlu khawatir, kamu dapat membuat sendiri masker di rumah dengan campuran pisang, plain yogurt dan madu. Untuk membuatnya juga gampang. Kamu hanya perlu menyiapkan mangkok bersih dan ketiga bahan tersebut. Hancurkan 1/3 buah pisang, beberapa sendok yogurt dan madu sesuai kebutuhan. Aduklah hingga merata dan oleskan di wajah kamu. Tunggulah sekitar 15 hingga 20 menit dan jika sudah, bilaslah dengan air bersih. Disini, peran pisang adalah untuk memberikan hidrasi lebih untuk wajahmu karena mengandung kaya potassium.

3. Bagi kamu yang mempunyai kulit kombinas, gunakanlah minyak zaitun dan alpukat

alpukat dan minyak zaitun

alpukat dan minyak zaitun via https://www.beautymunsta.com

Advertisement

Mempunyai tipe kulit kombinasi adalah keadaan dimana kulit kamu kadang kering dan kadang berminyak. Memang membingungkan, namun untuk untuk membuat masker rumahan bagi kamu yang memiliki tipe kulit kombinasi tidak lah ribet karena hanya menggunakan 2 bahan, yaitu alpukat dan minyak zaitun. Kamu hanya perlu mencampur setengah buah alpukat dengan beberapa sendok minyak zaitun. Aduklah dan oleskan secara merata di wajah kamu. Tunggu sekitar 15 hingga 20 menit dan bersihkan dengan air bersih. Lalu kamu akan mendapatkan wajah yang lembut dan segar. Hal ini karena minyak zaitun terbukti bisa membuat wajahmu menjadi lembab.

4. Punya masalah dengan sisa kulit mati? Gunakanlah lemon dan minyak kelapa

minyak kelapa dan lemon

minyak kelapa dan lemon via https://www.wellmindness.com

Kamu mempunyai bekas jerawat yang sudah menghitam namun susah untuk dihilangkan ? Nyebelin banget kan ya! Namun tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencoba untuk mensamarkannya dengan menggunakan masker dari campuran minyak kelapa dan lemon. Sudah bukan rahasia lagi jika lemon adalah salah satu buah yang kerap digunakan dalam kecantikan karena dapat mencerahkan wajah. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan setengah buah lemon dan beberap sendok minyak kelapa. Campurkanlah dan oleskan ke wajah kamu secara merata, terutama di bagian yang penuh dengan bekas hitam jerawat. Diamkanlah selama 15 hingga 20 menit lalu bilaslah dengan air bersih. Kamu akan melihat wajahmu yang segar dan terlihat lebih cerah.

5. Yang terakhir adalah Aloe Vera. Si hijau yang bisa membuat glowing wajahmu

si ajaib aloe vera

si ajaib aloe vera via https://www.google.com

Bahan terakhir yang dapat dijadikan masker adalah aloe vera atau lidah buaya. Ya, memang 1 bahan saja aloe vera. Aloe vera sudah tidak diragukan lagi untuk digunakan sebagai bahan untuk kecantikan. Kamu perlu membeli 1 buah lidah buaya dan potong kecil-kecil. Setelah sudah menjadi bagian-bagian kecil, kupaslah bagian luar dari liday buaya dan ambillah bagian dagingnya saja. Kamu bisa mengoles-oleskan bagian dagingnya ke wajah kamu selama beberapa lama secukup kamu. Lalu diamkanlah selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air bersih. Lalu wajahmu akan menjadi glowing dan sehat.

Advertisement

Itulah beberapa campuran masker buatan sendiri yang bisa kamu buat di rumah. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan tipe kulit wajah kamu. Namun kamu tidak perlu untuk melakukan masker setiap hari, setidaknya lakukanlah 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Diperlukan usaha dan kesabaran untuk menggunakan bahan alami, namun jika kamu tekun menggunakan. Kamu akan melihat hasilnya sendiri. Oke. Selamat mencoba guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya