Kuat dilakoni, lek ra kuat ditinggal ngopi :-)

Eits, kalian sudah tahu belum? Jika ternyata di Inggris memiliki budaya yang unik. Adalah budaya minum teh, di mana budaya tersebut telah mengakar begitu dalam dan terkenal di seluruh dunia. Tapi, yang tidak banyak diketahui orang adalah, adanya budaya minum kopi lebih dahulu populer di negara kepulauan ini, sebuah budaya yang jauh populer sebelum budaya minum teh menjadi begitu tenar.

Kopi pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat di London sekitar tahun 1652 oleh Pasqua Rosee, seorang pria Yunani. Ia datang ke Inggris dari Turki bersama tuannya yang bernama Daniel Edwards, lalu mereka di London. Di sana Pasqua menjual minuman kental berwarna hitam yang diberi nama kaveh.

Rasa kopi yang dahulu disajikan oleh Pasqua memang tak seenak kopi yang kita minum sekarang, namun kopi dipercaya memiliki efek stimulan yang membuat seseorang menjadi sadar dari pengaruh alkohol dan dapat berpikir lebih jelas. Hal ini menjadi berita yang viral pada masa itu dan menyebar dengan cepat, membuat kopi menjadi minuman yang sangat populer karena dianggap sebagai pemicu munculnya inspirasi dan katalis dari pemikiran yang murni.

Jadi, kalo kamu ke London, jangan heran jika menemui banyak sekali kedai kopi yang keren dan menawarkan banyak cita rasa yang tak kalah istimewa dari kedai kopi di Indonesia. Belum lagi suasana di London yang romantis, elegan, dan ramai penuh gairah.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi kedai kopi yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke London dan menjadikan pengalaman ngopi yang berbeda dari biasanya! Yuk simak satu per satu di bawah ini!

1. Climpson & Sons

Climpson & Sons

Climpson & Sons via https://www.instagram.com

Climpson & Sons ini berada di London timur, tepatnya di Broadway Market. Climpson & Sons menawarkan suasana yang ramah dan santai bagi pelanggan untuk menikmati menu kopi yang disajikan oleh barista-barista yang sudah ahli. Kedai kopi ini juga menyediakan berbagai menu sarapan dan makan siang yang disajikan made by order.

Climpson & Sons adalah salah satu pelopor kopi khusus London yang kini kian berkembang. Climpson & Sons memiliki sebuah ambisi untuk terus mencari, memanggang dan membuat kopi terbaik dari jantung East London. Berbagai macam espresso, campuran dan biji kopi di eksplore sebaik mungkin untuk mendapati kualitas rasa terbaik.

Advertisement

Bagi mereka, pekerjaan ini cukup serius, di mana dengan berbagai metode minuman yang terus berkembang di luar sana, Climpson & Sons terus mencari profil rasa terbaik dan teknik ekstraksi untuk memahami bagaimana reaksi kopi terbaik dan pendapat pelanggan. Filosofi mereka berujung pada rasa dan kualitas.


Tak hanya mengandalkan etos kerja semata, Climpson & Sons memastikan kopi yang dipanggang dan dijual tidak hanya memiliki karakter tapi juga cerita yang transparan.


2. Timberyard

TimberYard, kedai kopi minimalis yang ramah berada di salah satu sudut romantis kota London, menyenangkan dan akan sangat mengesankan begitu kalian singgah sesaat di sini. Berada di di tengah Shoreditch dan Farringdon. TimberYard menghadirkan sajian kopi bagus dengan wifi cepat, tempat duduk nyaman dan staf yang ramah. Benar-benar sangat direkomendasikan jika kalian sedang dberada di London dan ingin menikmati secangkir kopi.

Advertisement


Di Timberyard, musiknya sangat bervariasi dari Bryan Adams sampai pop modern, atau kamu juga bisa request lagu yang kamu inginkan.


Ketika singgah di salah satu negara Britania Raya ini, London. Kamu sebaiknya menyempatkan sedikit waktu untuk turut menikmati rasa yang berbeda ketika minum kopi di pagi atau malam hari. Momen menarik seperti ini kita yang buat guys, kapan lagi bisa ngopi di negara Ratu Elizabeth, hehehe.

3. Paper & Cup

Paper & Cup berlokasi di Jl. 18th Calvert Avenue London, Shoreditch. Kedai kopi ini menawarkan ruang intim di Shoreditch, Maksudnya, di sini kamu bisa jadikan tempat untuk kumpul bersama orang-orang kesayangan dan menikmati waktu bersama sembari ngopi di Paper & Cup. Di sini juga ada berbagai pilihan jenis kopi untuk dinikmati. Jika merasa bosan, ada banyak buku yang bisa kamu pinjam dan baca di sini.

Kalau kamu mencari tempat untuk beristirahat dan ingin menikmati membaca novel sendirian dengan tenang, atau ingin menikmati secangkir latte bersama teman-teman, maka Paper & Cup adalah tempat yang cocok untuk disinggahi.

Oh iya, perlu kalian tahu juga nih, ternyata kafe perusahaan sosial nirlaba ini didirikan oleh badan amal berbasis lokal, Spitalfields Crypt Trust. Kalau kamu penasaran dengan cerita kafe ini, bisa banget mengunjungi situs resminya di http://www.paperandcup.co.uk


Namun, jika penasaran dengan sajian kopinya, atur jadwal deh untuk mampir ke London :-)


4. Flat White

Flat White, sebuah kedai kopi ternama di London, lokasinya di pusat Soho dan sudah berdiri sejak tahun 2005. Kalian bisa menemukan tempat ini di 17 Berwick Street, W1F 0PT atau bisa juga mengunjungi situs resminya untuk kepo informasi lebih lengkap di www.flatwhitesoho.co.uk

Flat White terletak di jantung Soho yang semarak di tengah Pasar Berwick Street: Sebuah dataran perbatasan antara Soho Lama pedagang jalanan, toko kain dan toko vinil dan Soho New industri kreatif, media dan fashion. Flat White didirikan pada bulan September 2005 untuk membawa kopi gaya artisan halus yang lazim di kafe Australia dan Selandia Baru ke London.


Flat White telah menjadi tempat peristirahatan bagi penduduk lokal Soho dan tempat berlindung bagi ekspatriat Australia dan Selandia Baru dan wisatawan yang sangat menginginkan kopi yang enak di ibu kota.


Pada tahun 2008, managemen Flat White juga membuka Milkbar kafe yang lokasinya hanya 3 menit berjalan kaki dari Bateman St – dengan filosofi yang sama dengan spanduknya yang berwarna cerah menyambut Anda. Kamu akan menemukan kopi hebat di sini.

Sebagai catatatan, London tidak memiliki budaya kopi independen yang kuat sehingga Flat White berusaha untuk menjadi suar & inspirasi bagi orang lain yang mencintai kopi, semangat independen dan keramahan lawas yang baik. Ke depan dan seterusnya berharap kelak di London akan berkembang dengan beragam penawaran kopi yang bervariasi dan berbeda dengan suasana keunggulan dan komitmen yang luar biasa dan bersemangat untuk mencapai kesempurnaan.

5. Shoreditch Grind

Shoreditch Grind

Shoreditch Grind via https://www.instagram.com

Kedai kopi unik lainnya adalah Shoreditch Grind, yang mana kokoh berdiri sejak 2011, dan sekarang dianggap sebagai landmark kecil di London. Grind adalah kafe bar atau kedai kopi dan restoran di London. Grind melayani penjualan kopi baik untuk dinikmati ditempat maupun dibawa pulang. Selain itu ada juga bar koktail yang menyajikan Espresso Martini kami yang terkenal. Restoran Grind pun menyajikan menu sarapan serta menu makanan siang hari yang nikmat dan lezat.

Masih di gedung yang sama, ternyata Shoreditch Grind juga memiliki studio rekaman di Grind Shoreditch & Clerkenwell Club Bar, tempat yang dibuka hingga larut malam. Studio musik yang dibangun pada tahun 2012 sebagai basis untuk musik Co-Founder Kaz James, dan kemudian teman-teman Grind. Sam Smith, FKA Twigs, Pixie Lott, Tinie Tempah, Hurts dan banyak lainnya telah mampir karena untuk menulis, merekam dan menguasai pekerjaan mereka di studio kelas internasional kami yang penuh dengan peralatan memadai milik Shoreditch Grind.

Kembali mengulas tentang sajian kopi, minuman lain, dan makanannya. Menyajikan makanan enak setiap hari di London adalah sebuah komitmen bagi mereka. Buka mulai jam 7 pagi setiap hari, dengan segala sajian berbahan dasar musiman yang masih segar, dan bersumber dari pemasok lokal terbaik.

Oh iya, yang istimewa adalah adanya GRIND ESPRESSO MARTINI di sini, ini terkenal lho. Ternyata, selain menawarkan espresso yang luar biasa juga membuat Espresso Martini yang lebih luar biasa lagi. Untuk menyajikanya tinggal tambahkan saja Vodka dan sedikit sirup gula. Harga Martini Espresso mulai dari £ 8,50.


Jadi, kapan kalian berencana mampir kemari?


6. Curators Coffee

Curators Coffee

Curators Coffee via https://www.instagram.com

Curators Coffee adalah rumah kopi yang dikhususkan untuk mencicipi kopi yang lezat. Pada bulan Maret 2012, Curators Coffee Studio membuka kedai pertamanya di Kota London. Lalu berlanjut usaha kedua yaitu Curators Coffee Gallery yang dibuka di dekat Oxford Circus pada bulan Juni 2014.

Kedai kopi ini menyajikan kopi spesial, teh dan makanan siap saji dari dapur in-house mereka. Menggunakan peralatan terbaru, kacang-kacangan dan produk yang dikuratori dengan hati-hati juga tersedia untuk dibawa pulang.

Tentunya ada sajian yang dengan sangat bangga disuguhkan kopi spesial berkualitas tinggi dari pemanggang lokal dan internasional. Minuman pengutas adalah bagian dari pelatihan barista kami sehingga masing-masing cangkir sesuai dengan kualitas bahan bakunya. Espresso di kedai kopi ini diprofilkan dan dipanggang khusus untuk pelanggan menggunakan biji Kopi Colonna yang terkenal di dunia.


Kopi ini sangat lezat sehingga memberi arti dan kesan baru pada kata-kata "candu kafein".


Selain kopi, adapula sajian teh luar biasa yang didapati dari petani teh artisan. Mereka adalah pakar terkemuka di Inggris dan pemasok teh khusus. Penyajianya menggunakan resep yang tepat untuk memastikan pelanggan mendapatkan yang rasa terbaik dari setiap seduhanya.

Kamu yang lagi di London jangan sampai melewatkan seduhan barista Curators Coffee di sini ya.

7. Ozone Coffee Roasters

Ozone Coffee Roasters

Ozone Coffee Roasters via https://www.instagram.com

Ozone Coffee Roasters ialah perusahaan kopi yang membangun persahabatan dengan berbagai macam orang menarik & berbakat yang memulai petualangan baru setiap hari dalam dunia per-kopi-an. Dari pencinta kopi sampai ke petani kopi, Ozone Coffee Roasters bisa menghubungkan orang-orang ini dan ini merupakan sesuatu yang istimewa dan mengilhami.

Sejak dimulai pada tahun 1998, Ozone Coffee Roasters telah berinvestasi pada produk, masyarakat & pelanggan mereka. Di sini, di Ozone Coffee Roasters kamu bisa mendapati lebih banyak teman dari seluruh dunia untuk belajar dari dan untuk menuangkan berbagi gagasan di kedai kopi minimalis ini.


Filosofi dan semangat dari barista-barista Ozone Coffee Roasters tersampaikan dengan baik ke setiap pelanggan. Bikin kamu nyaman berlama-lama disini, apalagi jika ditemani kekasih kesayangan.


Tentunya kedai kopi dan kafe di London tak hanya 7 yang dipaparkan di atas. Masih ada banyak sekali yang layak untuk disinggahi. Namun, semoga 7 kedai kopi dan kafe tersebut dapat memberi sedikit gambaran bagi kamu tentang tempat-tempat ngopi menarik dan recomended untuk didatangi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya