Essay merupakan salah satu bahan utama untuk dipertimbangkan saat melakukan pendaftaran beasiswa. Jadi, terlepas dari jenis beasiswa apapun yang sedang kalian cari – baik itu beasiswa S1 seperti Global Scientists and Engineers Program (GSEP), beasiswa S2 dan S3 seperti The Eiffel Excellence Scholarship, beasiswa dalam negeri, maupun beasiswa luar negeri – semuanya membutuhkan essay berkualitas baik. Berikut ialah tips sukses menulis essay beasiswa untuk kamu.

1. Ikuti petunjuk essay beasiswa dengan seksama

Pixabay via http://pixabay.com

Ini merupakan hal wajib; kamu harus yakin bahwa essay yang ditulis harus sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Atau, sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh organisasi pemberi beasiswa.

Advertisement

Namun, kamu pun harus juga teliti untuk mengerti apa tujuan dari pertanyaan yang diberikan. Contoh saja, bila kamu diminta menjelaskan “buku yang sangat bermakna bagi hidupmu”, kemungkinan besar para penguji ingin mengetahui pribadi dirimu lebih lanjut; jenis buku apa yang kamu baca, cerita dan topik apa yang menggerakkan dirimu, serta apa yang menjadi sumber motivasimu.

Tidak hanya itu, mereka juga ingin menelaah lebih lanjut seberapa menjanjikan dirimu dibandingkan kandidat lain dengan melihat caramu menjawab pertanyaan.

Lalu, jangan pernah malu bila kurang mengerti suatu pertanyaan atau tema. Sebaiknya kamu segera menghubungi pihak penyelenggara untuk mendapatkan gambaran jelas tentang tema essay beasiswa.

2. Baca contoh essay beasiswa

Advertisement

Namanya juga sedang belajar. Ada banyak contoh essay beasiswa di dunia maya yang dapat kamu temukan sebagai sumber referensi dan inspirasi. Namun, penting bagi kamu untuk menuliskan essay beasiswa yang original dan lebih baik daripada versi yang kamu temukan ya!

3. Sesuaikan isi essay beasiswa dengan misi penyelenggara

Agar essaymu dapat menonjol diantara ratusan essay lainnya, pastikan kamu telah membaca dan memahami lebih lanjut tentang penyelenggara dan pemberi beasiswa. Lebih penting lagi, kamu harus mengerti tipe siswa seperti apa yang sedang mereka cari.

Pastikan bahwa isi essay kamu menunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas dan pengalaman yang sangat sesuai dengan kriteria penerima beasiswa. Contoh saja, bila penyelenggara beasiswa sedang mencari siswa yang aktif berorganisasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan, maka kamu sebaiknya menceritakan pengalaman organisasi dan kepemimpinan kamu di dalam essay.

4. Tonjolkan prestasi dan semangatmu di essay beasiswa

Memang kita diajarkan untuk selalu rendah hati dan tidak perlu menyombongkan prestasi diri sendiri. Namun itu berbeda kasusnya saat kamu mendaftar beasiswa. Sebab, penyelenggara beasiswa hanya akan memilih kandidat yang mereka rasa memiliki kualitas dan prestasi terbaik.

Namun di sini penting agar kamu tidak tampak seperti orang yang arogan. Jangan melebih-lebihkan ceritamu dan hanya ceritakan prestasi yang relevan. Jelaskan tentang hasil yang telah kamu capai, dan bagaimana hal itu telah memberikan dampak positif bagi dirimu.

5. Temukan quotes untuk inspirasi essay beasiswa

Boleh kamu mulai baca beberapa kutipan dari orang-orang hebat saat ingin menulis essay beasiswa. Akan lebih baik lagi bila kamu membaca kutipan yang relevan dengan topik essaymu, seperti kutipan tentang kepemimpinan saat kamu diharuskan berbicara tentang topik leadership.

Sebagai alternatif, nantinya kamu juga bisa menggunakan salah satu kutipan yang kamu temukan di dalam essay. Atau bahkan, kamu bisa memasukkan kutipan keren milikmu sendiri di bagian awal essay beasiswa.

6. Baca ulang, revisi, baca ulang, revisi

Pastikan bahwa essay beasiswamu terhindar dari kesalahan amatir seperti salah pengejaan kata (typo), atau penulisan grammar bahasa Inggris yang salah. Pastikan essay beasiswamu mudah dibaca dan diikuti (tidak perlu menggunakan bahasa ilmiah berlebihan), dan isinya sesuai dengan tema dan pertanyaan yang diajukan.

Berhubung panitia beasiswa mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk membaca ratusan (atau bahkan ribuan) essay beasiswa, alangkah baiknya bila kamu bisa membuat essay yang menarik untuk dibaca. Contohnya, kamu bisa membuat pernyataan awal yang menarik.

Jangan pernah ragu untuk menulis ulang draf essay beasiswamu dari awal. Namanya juga kerja keras! Dengan waktu persiapan dan riset yang cukup, kirimkanlah hasil karya essay yang terbaik.

7. Minta masukan orang lain untuk essay beasiswa

Semakin banyak kepala semakin baik. Dan untuk tahap ini, kamu harus selalu terbuka untuk berbagai masukan yang kamu terima. Penting bagi kamu untuk tidak cepat tersinggung dan marah saat mendapatkan masukan.

Intinya adalah, selalu terbuka untuk belajar dan menghasilkan essay beasiswa yang terbaik. Juga untuk menjaga hubungan pertemanannya!

Selain essay, motivation letter juga penting lho untuk aplikasi beasiswa, simak cara menulis motivation letter!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya