Korea Selatan merupakan salah satu negara yang digandrungi kebanyakan remaja-remaja Indonesia. Tapi selain populer dengan dunia hiburan, K-Pop, dan drama TV, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi studi pelajar Asia, termasuk Indonesia. Negara yang sangat populer dengan budaya dan sejarahnya ini memiliki banyak pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia yang melanjutkan studi di negara ini. Saat ini ada lebih dari 370 institusi pendidikan di Korea Selatan, dan diantaranya adalah 179 universitas swasta dan 43 universitas negeri.

Berdasarkan QS World University Rankings, Korea Selatan memiliki 7 universitas terbaik yang menempati peringkat top-200 di dunia. Penasaran universitas apa saja yang merupakan universitas terbaik di Korea dan di dunia? Simak yuk!

1. Seoul National University

Seoul National University merupakan universitas terbaik di Korea berdasarkan QS ranking. Seoul National University menempati peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-35 sebagai universitas terbaik di dunia.

Advertisement

Sesuai namanya, Seoul National University terletak di Seoul, ibukota Korea Selatan. Universitas ini didirikan pada tahun 1946 yang artinya telah berusia 70 tahun. Tidak cuma itu, universitas ini juga merupakan universitas negeri pertama di Korea Selatan dan dikenal sebagai salah satu universitas yang paling bergengsi dan menyediakan studi penelitian kepada hampir 30,000 pelajar dari jenjang S1 hingga S3, dan 2,200 diantaranya adalah pelajar internasional.

Fakultas yang tersedia di Seoul National University adalah engineering and technology, natural sciences, social science and management, art and humanities, life sciences and medicines. Cari tau lebih banyak tentang Seoul National University di sini.

2. Korea Advanced Institute of Science & Technology

KAIST atau Korea Advanced Institute of Science and Technology merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Daejeon, Korea Selatan, dan merupakan universitas terbaik kedua di Korea Selatan berdasarkan QSranking.

Advertisement

Universitas yang didirikan pada tahun 1971 dan berusia 45 tahun ini sangat terkenal dengan hasil risetnya. KAIST menjadi institusi riset pertama di bidang science and engineering di Korea Selatan. KAIST memiliki 9.800 pelajar dengan 550 diantaranya adalah pelajar internasional dan menempati peringkat ke-3 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016 setelah NTU dan HKUST.

Selain itu, KAIST menempati peringkat ke-46 sebagai universitas terbaik di dunia, peringkat ke-6 universitas terbaik di Asia, dan punya 15 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia. Mayoritas bidang studi di KAIST adalah science, technology, engineering, dan mathematics. Beberapa bidang studi unggulan diantaranya adalah materials sciences, chemical engineering, electrical engineering, chemistry, mechanical engineering, civil and structural engineering, dan computer science.

KAIST juga termasuk universitas yang aktif memberikan beasiswa, salah satunya program KAIST International Student Scholarship. Jika kamu ingin menempuh pendidikan di KAIST, kamu bisa coba mendaftarkan diri ke program beasiswa tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi KAIST di sini.

3. Pohang University of Science & Technology

Pohang University of Science & Technology via http://galedu.com

Pohang University of Science & Technology (POSTECH) merupakan universitas swasta di Korea Selatan yang menawarkan studi sains dan teknologi. POSTECH menempati peringkat ke-12 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-83 sebagai universitas terbaik di dunia.

Universitas yang berdiri pada tahun 1986 ini juga menempati peringkat ke-5 dalam QS Top 50 Under 50 dan juga menjadi universitas Korea Selatan yang pertama dinobatkan sebagai kampus bilingual bahasa Korea-Inggris pada tahun 2010. Ini membuktikan, di usianya yang masih 30 tahun, POSTECH sudah berkembang pesat dalam menyediakan layanan pendidikan kelas dunia dan dikenal sebagai universitas yang memiliki intensitas penelitian yang sangat tinggi.

Sesuai namanya, POSTECH terletak di Pohang, Korea Selatan. Universitas ini juga dikenal memiliki fasilitas lengkap, mulai dari akomodasi pelajar, kafe, hingga perpustakaan digital, sarana olahraga, taman, sculpture park dan log cabin. POSTECH memiliki 3.000 pelajar dan 117 diantaranya adalah pelajar internasional. POSTECH memiliki fakultas Engineering and Technology, Natural Science, serta Life Science and Medicine.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pohang University of Science & Technology (POSTECH) di sini.

4. Korea University

Korea University via http://galedu.com

Korea University adalah salah satu universitas negeri di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan. Korea University merupakan universitas swasta yang termasuk dalam golongan “SKY” selain Seoul National University dan Yonsei University.

Universitas yang didirikan pada tahun 1905 di Seoul ini mendapat 5 QS Stars. Tidak cuma itu, Korea University menempati peringkat ke16 sebagai universitas terbaik di Asia dan juga menempati peringkat ke-98 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas ini memiliki 25.900 pelajar dan 3.300 diantaranya merupakan pelajar internasional.

Bidang studi yang paling bergengsi dan memiliki reputasi yang sangat baik adalah di bidang law atau hukum. Bidang studi unggulan lainnya mencakup bidang social policy and administration, modern languages, dancommunication and media studies. Fakultas yang tersedia di Korea University adalah Social Science and Management, Engineering and Technology, Art and Humanities, Natural Science, dan Life Science and Medicines.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Korea University di sini.

5. Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University merupakan universitas swasta yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Universitas ini berdiri pada tahun 1398 dan sudah berusia 618 tahun. Sebagai salah satu universitas yang paling signifikan di Korea, Sungkyunkwan University berperan penting dalam pengembangan alfabet Korea hingga pengajaran aliran Confucianism dalam filosofi masyarakat Korea modern.

Bidang studi yang terkenal dan memiliki reputasi yang sangat baik di Sungkyunkwan University adalah bidang studi medis yang bekerjasama dengan Samsung Medical Center. Selain itu, ada 27 bidang studi yang termasuk sebagai bidang studi terbaik di dunia, diantaranya adalah modern languages dan social policy and administration.

Sungkyunkwan University memiliki 23.900 pelajar dan 2.300 diantaranya adalah pelajar internasional. Fakultas yang tersedia di Sungkyunkwan University adalah Engineering and Technology, Arts and Humanities, Social Sciences and Management, Natural Science, Life Sciences and Medicine.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Sungkyunkwan University (SKKU) di sini.

6. Yonsei University

Yonsei University via http://galedu.com

Yonsei University merupakan universitas swasta yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Yonsei University berdiri pada tahun 1885 dan menjadi salah satu universitas tertua di Korea. Selain itu Yonsei University juga termasuk dari salah satu SKY University selain Seoul National University dan Korea University.

Yonsei University sudah menghasilkan lebih 6.000 lulusan S3 dan 26.000 lulusan S2 di bidang humanities, social sciences, natural sciences, medical sciences, dan bidang akademik lainnya yang berkualitas dan menjadi peneliti yang berkompeten. Yonsei University memiliki 27.700 pelajar dan 3.200 diantaranya merupakan pelajar internasional.

Yonsei University menempati peringkat ke-112 sebagai universitas terbaik di dunia dan menempati peringkat ke-18 sebagai universitas terbaik di Asia. Beberapa bidang studi unggulan Yonsei University adalah social policy and administration dan modern languages. Fakultas yang tersedia di Yonsei University antara lain engineering and technology, arts and humanities, social sciences and management, natural science, dan life sciences and medicine.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Yonsei University di sini.

7. Hanyang University

Hanyang University via http://galedu.com

Hanyang University merupakan universitas swasta yang didirikan pada tahun 1939 dan terletak di Seoul, Korea Selatan dan universitas swasta pertama yang berkembang dari department engineering/teknik. Hanyang University memiliki dua kampus, satu di Seoul dan satunya lagi di Ansan. Universitas ini terkenal dengan pelajar yang berkualitas dan berprestasi juga berkontribusi pada negara Korea Selatan di bidang industri.

Hanyang University menempati peringkat ke-30 sebagai universitas terbaik di Asia dan menempati peringkat ke-171 sebagai universitas tebaik di dunia. Universitas ini memiliki 23.500 pelajar dan 3.300 diantaranya merupakan pelajar internasional. Selain itu, Hanyang University merupakan universitas pertama di Korea Selatan yang mendirikan jurusan arsitektur dan teknik sipil.

Hanyang University memiliki reputasi sebagai universitas riset yang memiliki intensitas penelitian yang sangat tinggidan juga memiliki 647 universitas partner di 68 negara. Fakultas yang tersedia di Hanyang University adalah Engineering and Technology, Arts and Humanities, Social Sciences and Management, Natural Science, Life Sciences and Medicine.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Hanyang University di sini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya