Keringat berlebih dan tak terekskresi ternyata bisa menimbulkan biang keringat. Timbulnya bintik-bintik merah ini bisa mengurangi kepercayaan diri kamu. Penyebab utama dari biang keringat ini yaitu keringat yang tersumbat oleh bakteri Staphylococcus epidermidis hidup di permukaan kulit. Bakteri ini mampu mengeluarkan zat lengket yang bisa menyatu dengan keringat dan sel-sel kulit mati. Hal ini dapat membuat saluran keringat tersumbat. Biang keringat merupakan ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang menimbulkan rasa gatal dan sensasi menyengat atau perih pada kulit.

Selain bakteri, biang keringat juga disebabkan karena iklim tropis dan suhu yang panas, olahraga atau aktivitas fisik yang berat, dan bed rest yang terlalu lama. Hal tersebut menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat yang bisa menyumbat pori-pori jika tak segera diatasi. Biasanya biang keringat muncul pada bagian leher, punggung, dada, tangan, paha, wajah, dan lipatan tubuh seperti siku atau ketiak. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa demam yang menggigil pada tubuh, semakin bertambahnya rasa sakit pada kulit yang terkena infeksi, keluarnya nanah dari benjolan ruam, dan adanya benjolan pada ketiak atau selangkangan. Namun, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi biang keringat pada tubuhmu. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan biang keringat secara cepat?

 

1. Es Batu

es batu untk wajah via https://sehatly.com

Biang keringat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Namun, rasa gatal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan es batu yang ada di freezer kulkasmu. Kamu hanya perlu menggosokan es batu atau menekan secara perlhan pada bagian kulit yang terkena biang keringat atau ruam. Rasa dinginnya mampu meredakan rasa gatal akibat biang keringat yang membandel. Lakukan secara rutin agar bintik-bintik merah tersebut hilang.

2. Madu

Madu Buat awet muda via https://sehatly.com

Madu dikenal sebagai pelembab alami dan humektan yang baik untuk kulit. Kamu bisa mengoleskan madu secara langsung ke area kulit yang bermasalah. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Kamu dapat mencampurkan madu dengan minyak jojoba. Oleskan saja ke seluruh area yang terkena biang keringat. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak tiga hingga empat kali setiap minggu agar rasa gatal mereda dan ruang hilang.

3. Soda Kue

Advertisement

Baking soda anti komedo via https://camargus.com

Baking soda yang biasanya kamu pakai untuk bahan membuat kue ini ternyata bisa juga melawan rasa gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Kamu bisa gunakan untuk mandi, yaitu dengan melarutkan sekitar satu atau dua sendok teh baking soda ke dalam air mandi. Selain dapat mengurangi ruam, baking soda juga dapat mengurangi gatal-gatal, sehingga nantinya kamu akan terbebas dari rasa panas yang ditimbulkan oleh bintik-bintik merah tersebut.

4. Lidah Buaya

Bebas ruam wajah dengan lidah buaa via http://herbsnpuja.com

Bahan yang mudah kamu temukan di pekarangan rumah seperti lidah buaya bsa juga digunakan untuk mengobai biang keringat. Aloe vera atau lidah buaya adalah salah satu tanaman yang dipercaya sebagai obat alami yang mampu menangkis semua permasalahan kulit akibat dari biang keringat. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang memiliki ruam. Langkah mudah ini bisa kamu terapkan di rumah setiap 3 kali sehari agar rasa gatal dan ruam segera hilang.

5. Oatmeal

oatmeal untuk diet via https://sehatly.com

Oatmeal atau gandum juga dipercaya dapat dijadikan bahan alami untuk mengatasi biang keringat. Kamu bisa gunakan dalam campuran bathtub atau air mandimu. Bisa juga dengan mencampurkan 1 sdm gula pasir yang ditambahi madu dan 3 sdm oatmeal. Aduk dan campur ketiga bahan tersebut hingga merata. Lalu oles dan gosok ramuan tersebut ke seluruh bagian kulit yang bermasalah. Diamkan beberapa menit hingga ramuan tersebut meresap dan mengering pada kulit.

6. Goosberry

Cara lainnya yang tidak kalah cepat untuk menyembuhkan biang keringat pada anak ataupun orang dewasa adalah dengan menggunakan gooseberry. Pengolahannya sendiri cukup mudah yaitu dengan memasukkan tanah liat dan air ke dalam wadah. Setelah itu campurkan dengan potongan-potongan goosberry untuk menutupi tanah liat tersebut. Diamkan semalaman dan pada hari berikutnya bisa kamu gunakan sebagai mash up dengan menyaring airnya. Kemudian tambahkan gula dan madu, lalu minum ramuan ini secara teratur. Secara berangsur-angsur goosberry ini akan menghilangkan biang keringat, sekaligus menghapus panas dan masalah pencernaan yang timbul.

7. Minyak Jarak

Jarak oil via https://camargus.com

Minyak esensial berupa minyak jarak ini dipercaya mampu mengatasi banyak masalah kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu alasan tersumbatnya pori-pori kulit. Caranya mudah, kamu dapat mengoleskan 1/2 sdt minyak jarak ke area yang bermasalah sambil melakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar.

8. Kulit Pohon Beringin

bayan powder via http://herbsnpuja.com

Cara alami yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memanfaatkan kulit pohon beringin. Kamu hanya perlu mengikir bagian kulitnya saja. Lalu cuci bersih dan jemur hingga kering. kemudian tumbuklah kulit pohon beringin yang sudah kering tersebut hingga menjadi serbuk. Gunakan serbuk kulit pohon beringin tersebut untuk diaplikasikan pada area biang keringat, cara pemakaiannya mirip seperti menggunakan bedak pada anak. Cara ini dapat menjadi bantuan cepat untuk menghilangkan ruam, panas dan gatal-gatal.

Itulah 8 cara alami untuk menghilangkan biang keringat secara efektif. Bahannya juga mudah didapatkan dan diterapkan sendiri di rumah. Segera lakukan penanganan saat muncul bintik-bintik merah yang disebabkan oleh penyumbatan keringat dan menimbulkan rasa gatal yang panas. Untuk menghindari garukan yang bisa menyebabkan luka, pakailah cara-cara di atas.