Stress memang sangat mudah mempengaruhi mood bahkan kesehatan seseorang. Nah, untuk itu kamu juga harus bisa mengatur stress kamu agar tidak mempengaruhi mood dan kesehatan kamu secara berlebihan lho. Ingat, kehidupan kita nggak bakal terlepas dari masalah.

So, buat kamu yang sering merasakan atau sedang stress berat, ayo dicoba dulu cara stress relief di bawah ini. Semoga bermanfaat ya~

1. Mewarnai

Adult Coloring Photo

Adult Coloring Photo via https://www.womenspost.ca

Siapa yang bilang kalau mewarnai hanya untuk anak-anak? Kamu juga boleh koq ikutan mewarnai sebagai stress relief kamu. Metode melepas stress dengan mewarnai ini juga sudah melalui survey lho. Untuk buku mewarnainya pun sudah bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat seperti gramedia ataupun membeli online.

Advertisement

Untuk gambar yang kamu warnai pun gak sesimple mewarnai untuk anak-anak lho. Buku mewarnai ini emank dirancang untuk orang dewasa, jadi gak perlu takut dinyinyirin deh.

2. Konsumsi dark chocolate

Dark Chocolate

Dark Chocolate via http://foodinnova.com

Coklat sudah terbukti bisa membantu kamu mengatasi stress lho, baik dark chocolate yang dimakan ataupun diminum. Kenapa lebih direkomendasikan dark chocolate? Karena dark chocolate ada rasa pahitnya dan kadar gulanya lebih rendah dari white chocholate. Apalagi buat kamu yang sedang stress, pasti tubuh kamu juga terpengaruh, untuk itu ketika stress, kamu tetap harus mengkonsumsi makanan yang tidak memperburuk kesehatan kamu. Jangan sampe yang tadinya mau stress relief malah terserang diabetes lho~

3. Yoga

Yoga for Stress Relief

Yoga for Stress Relief via https://www.youtube.com

Untuk menghindari kesehatan yang memburuk ketika dilanda stress, ada baiknya kamu melakukan yoga. Kenapa yoga? Karena dengan melakukan yoga, kamu bisa menenangkan diri kamu serta bisa meningkatkan kesehatan kamu lho. Nggak perlu ikut kelas yoga koq, kamu bisa ikutin video di youtube ataupun install applikasi di smarphone kamu.

Advertisement

Tapi ingat, jangan langsung ikutin video yoga yang tahap advance ya, ikutin yang pemula dulu aja untuk menghindari cidera akibat gerakan yang salah.

4. Meditasi

Meditation for Stress Relief

Meditation for Stress Relief via https://www.freepik.com

Sedikit berbeda dengan yoga, meditasi hanya duduk berdiam diri melatih konsentrasi. Dengan melatih konsentrasi ketika stress, kamu bisa merenungkan penyebab stress kamu bahkan kamu juga bisa menemukan solusinya. Ya, istilahnya dapat pencerahan deh~

5. Olahraga

Sport for Stress Relief

Sport for Stress Relief via https://www.healthline.com

Selain untuk menyehatkan badan, olahraga juga dipercaya bisa menjadi penghilang stress lho. Jadi saat sedang dilanda stress gak ada salahnya kamu melakukan olahraga favorite. Tapi ingat ya, untuk olahraga dalam bentuk team, jangan sampai kamu melampiaskan stress kamu ke team lawan atau bahkan ke team sendiri ya.

6. Karaoke

Buat kamu para anak kota, tentunya gak bisa donk ya kayak drama-drama korea yang melepaskan stress dengan cara ke pantai trus teriak sepuasnya. Nah, jangan takut, karaoke bisa membantu kamu melepaskan stress dengan teriak.

Kamu bisa ajak beberapa teman dekat kamu sambil curhat juga, atau kalau inget sendirian tinggal booking karaoke room yang kecil trus nyanyi sepuasnya deh.

7. Spa Massage

Yang satu ini wajib buat kamu yang udah capek fisik ditambah dengan stress. Kamu bisa nyobain spa massage buat badan kamu yang letih dan bisa juga menenangkan pikiran. Siapa tahu keluar dari spa kamu udah bisa menyelesaikan masalah kamu kan…

Spa dipercaya banget sebagai salah satu stress relief karena selain melalui pijatan, kamu juga bisa merasakan ketenangan. Kebanyakan ruang massagenya dilengkapi dengan suasana yang tenang (bahkan ada yang dilarang untuk ngobrol lho) disertai aroma therapy yang bisa menenangkan pikiran.

8. Mendengarkan musik

Listening to Music for Stress Relief

Listening to Music for Stress Relief via http://www.strictly-stress-management.com

Buat kamu para pecinta musik, dengerin musik favorite di saat stress melanda itu gak dosa koq. Cari tempat yang tepat trus pasang headphone sambil memejamkan mata, dijamin kamu bakal ngerasa lebih enak.

9. Menangis

Crying for Stress Relief

Crying for Stress Relief via https://www.powerofpositivity.com

Nah, kalau cara-cara di atas belum juga bisa membantu kamu melepaskan stress yang melanda, gak ada salahnya kamu coba yang satu ini, menangislah.

Menangis juga dipercaya bisa menjadi stress relief. Karena dengan menangis berarti kamu sudah mengeluarkan uneg-uneg kamu seperti air mata yang juga keluar dari mata kamu. Tapi inget, jangan keterusan ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya