Asah Kreatifitas, Ini 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Membuat Bullet Journal!

Kreatif dengan membuat bullet journal

Bullet journal atau yang disingkat bujo adalah metode organisasi yang dikembangkan oleh desainer Ryder Carroll. Bullet journal ini berisikan penjadwalan, pengingat, todo lists, tempat untuk mencurahkan pendapat atau pikiran dan juga tugas organisasi lainnya yang dituangkan dalam satu buku catatan.

Namun seiring perkembangannya, bullet journal bisa dikatakan sebagai catatan manual yang isinya menarik serta menjadi wadah untuk berkreasi. Isinya pun lebih bermacam-macam seperti mood tracker, saving tracker, planner sticker, list film yang telah ditonton dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu saja, ternyata dengan membuat bullet journal, kamu dapat merasakan beberapa manfaat berikut ini.

Advertisement

1. Membantu kamu untuk menjadi pribadi yang disiplin

Photo by Matt Ragland

Photo by Matt Ragland via https://unsplash.com

Membuat bullet journal akan membuatmu lebih disiplin karena kamu memiliki semacam todo list yang harus kamu lakukan dalam rentang waktu tertentu. Hal ini juga membuat kamu menjadi orang yang lebih ter-organisir.

Dengan membuat bujo, kamu bisa bebas mengatur prioritas dalam memilih aktivitas yang akan kamu lakukan serta mengatur waktu secara lebih fleksibel dan sesuai dengan kemampuanmu.

Advertisement

2. Tracking your goals!

Photo by Alina Vilchenko

Photo by Alina Vilchenko via http://www.pexels.com

Terkadang, di tengah perjalanan dalam mencapai goals, bisa jadi kamu bingung akan arah jalan mana yang selanjutnya harus kamu tempuh. Namun, dengan bullet journal, kamu bisa memantau apa saja yang sudah dicapai dan apa saja yang harus dilakukan selanjutnya agar tetap on track. Dari sini pula kamu bisa mengevaluasi hal yang telah kamu lakukan agar bisa menjadi pelajaran dan menjadi lebih baik di tahap selanjutnya.

3. Kamu bisa mendapatkan inspirasi baru

Photo by Bich Tran

Photo by Bich Tran via http://www.pexels.com

Menuliskan beberapa quote dari tokoh-tokoh inspirasional, pemeran favorit dari film yang kamu tonton, tokoh dari buku yang terakhir kamu baca ataupun dari lirik lagu yang relate denganmu dalam bullet journal dapat membuatmu kembali mendapatkan energi baru. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai media flashback yang kemudian dapat membuang rasa bosan dan juga pikiran negatif yang ada di dalam dirimu.

4. Wadah untuk mencurahkan emosi

photo by My Life Journal

photo by My Life Journal via http://unplash.com

Ketika kamu bingung untuk mencurahkan beberapa emosi yang sedang kamu rasakan, kamu bisa menuangkannya ke dalam bullet journal. Kamu bisa menuangkannya seperti bercerita dalam diary mengenai apa saja yang terjadi pada hari itu dan mencurahkan apa yang kamu rasakan pada saat itu. Selain cara tersebut, kamu juga bisa membuatnya dengan model mood tracker.

Advertisement

5. Mengasah kreativitas

photo by Estée Janssens

photo by Estée Janssens via http://unplash.com

Bullet journal-mu adalah sepenuhnya milikmu sehingga apapun yang akan kamu torehkan disana adalah 100% berasal dari dirimu. Tidak ada batasan dalam membuat bullet journal. Kamu bisa membuatnya dengan sedemikian rupa dengan berbagai model tulisan, gambar, pernak-pernik yang digunakan di tiap halamannya hingga dalam memilih warna-warna yang kamu suka.

Membuat bullet journal tidak harus mahal. Sebagai permulaan, kamu bisa memakai buku dan alat tulis yang ada di rumah. Jangan takut jika bullet journalmu akan biasa saja, kamu bisa menemukan inspirasinya dari youtube, instagram ataupun pinterest

Lama-kelamaan pula, kemampuanmu dalam membuat bullet journal akan semakin membaik dan kamu akan menemukan ciri khasmu ketika mengisinya. Happy bujoing!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menulis untuk meninggalkan sedikit 'jejak'

CLOSE