Kamu Muslim? Masih ragu buat liburan ke UK? Duh, mending buang jauh-jauh deh pikiran-pikiran itu! Memang, United Kingdom atau yang biasa disebut UK merupakan negara minoritas yang bisa dibilang jumlah umat muslimnya tidak melebihi 50% dari total populasi. Tapi jangan salah, negara yang dijuluki The Three Lion ini menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua setelah agama Kristen, baik itu Kristen Protestan, Katolik, ataupun Ortodoks. Jadi buat kamu yang muslim, jangan lagi khawatir jika akan berlibur ke sana, karena faktanya Islam memiliki sejarah yang sangat dekat dengan negara yang satu ini.

1. Shah Jahan, masjid tercantik dan tertua di Inggris

Shah Jahan, Masjid Pertama di Inggris

Shah Jahan, Masjid Pertama di Inggris via http://eropa.panduanwisata.id

Siapa sangka! Masjid pertama yang ada di Woking, Inggris ini sudah ada selama kurang lebih 129 tahun, tepatnya, berdiri sejak tahun 1889. Dengan arsitektur yang cantik nan megah, tentu bisa menarik perhatian umat muslim di dunia untuk beribadah di dalamnya. Masjid yang menampung 1000 jamaah ini juga memiliki aula yang biasanya digunakan untuk buka bersama saat Bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, masjid ini selalu ramai dikunjungi, apalagi saat-saat menjelang waktu shalat.

Hal ini membuktikan bahwa sangat mudah menemukan tempat untuk kamu melaksanakan ibadah ketika sedang berlibur di UK. Jadi kamu gak perlu khawatir! Faktanya, Inggris sangat dekat dan kental dengan agama Islam.

2. Stop khawatir! Halal food di UK bisa kamu temukan dimana-mana

Salah Satu Restoran Halal di UK

Salah Satu Restoran Halal di UK via https://foodsecurityfoodjustice.com

Advertisement

Kamu masih khawatir dengan apa yang harus kamu makan jika kamu liburan ke UK? Atau takut makan makanan dan minum minuman haram karena berpikir disana sulit menemukan yang halal? Duh, kamu salah besar! UK sekarang bukan UK yang dulu! Perlu kamu ketahui, makanan halal kini jadi sangat favorit lho di Inggris! Karena seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk membuka restoran yang menyediakan makanan halal, sehingga umat muslim disana tidak perlu lagi memburu makanan vegetarian, demi menghindari makanan haram.

Nah, restoran-restoran tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai kota di Inggris, diantaranya adalah Iran Restaurant, Ea Turkish, Halal Meat Centre, Shakes & Co London, Taste of Nawab, dan masih banyak lagi!

3. Khusyuknya Ratu Elizabeth II mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an

Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Masjid Agung Syeikh Zayed di Uni Emirat Arab

Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Masjid Agung Syeikh Zayed di Uni Emirat Arab via https://itsday.wordpress.com

Orang nomor 1 di Inggris, Ratu Elizabeth II pernah melakukan kunjungan ke Masjid Agung Syeikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Menariknya, sang ratu yang mengenakan kerudung di atas topi putihnya itu berjalan tanpa alas kaki di dalam masjid dan sempat mendengarkan anak-anak membaca Al-Qur'an. Tak bisa dipungkiri, hal ini mencerminkan bahwa Inggris memiliki budaya toleransi yang sangat kuat, dilihat dari sikap pemimpinnya. Terlebih lagi, kini Islam semakin diterima di Inggris, walau sebelumnya Islam dianggap tabu dan dianggap sebagai ancaman oleh masyarakat Inggris. Tapi tenang saja, berbeda dengan sekarang, justru Islam berpotensi menjadi agama mayoritas di Inggris. Wah! luar biasa, bukan?

4. Apa itu fenomena Londonistan?

Shalat Jum'at di Parliament Square London

Shalat Jum'at di Parliament Square London via http://www.portal-islam.id

Advertisement

Kamu pernah dengar Fenomena Londonistan? Fenomena yang satu ini bisa terbilang cukup unik, loh! Karena kata 'Londonistan' dibuat oleh Melanie Phillips, seorang jurnalis terkemuka, demi melukiskan betapa besar pengaruh Islam terhadap ibukota Inggris, yaitu London. Selain itu, ada fakta Fenomena Londonistan yang menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan, yakni keberadaan sebuah masjid dan sebuah gereja yang bertetangga, serta sikap toleran masyarakatnya yang membiarkan umat muslim bisa melaksanakan shalat Jum'at di jalanan akibat daya tampung masjid yang tidak memadai.

5. Ini wujud Al-Qur'an tertua yang di temukan di Universitas Birmingham, Inggris

Al-Qur'an Tertua di Universitas Birmingham, Inggris

Al-Qur'an Tertua di Universitas Birmingham, Inggris via https://www.voaindonesia.com

Percaya tak percaya, Inggris merupakan tempat di mana Al-Qur'an pertama kali ditemukan! Tepatnya di Universitas Birmingham, Inggris. Walau masih berupa fragmen, setidaknya manuskrip Al-Qur'an kuno ini pernah tersimpan di masjid tertua Mesir, Masjid Amru bin Ash dan berusia 1.370 tahun. Tentu hal ini menjadi salah satu penemuan paling penting dalam sejarah Islam masa kini. Sekaligus mengingat betapa kuatnya pengaruh Islam di Inggris, khususnya Kota Birmingham yang memiliki jumlah warga muslim terbesar kedua setelah London di Britania Raya.

6. Suasana perayaan Idul Fitri di Inggris

Perayaan Idul Fitri di Inggris

Perayaan Idul Fitri di Inggris via http://www.annasindonesia.com

Perayaan Idul Fitri di Inggris memang tidak terlalu semarak, tapi jangan salah! Inggris menjadi negara yang melaksanakan shalat Idul Fitri terbesar di seluruh Eropa. Sekalipun tidak diperingati sebagai hari libur nasional dan berlangsung sederhana, setidaknya ada begitu banyak umat muslim yang hadir dan ikut meramaikan suasana dengan dihidangkannya berbagai menu masakan 'ala' lebaran dari tiap-tiap negara yang berbeda. Uniknya lagi, komunitas muslim di Inggris juga sering kali melakukan penggalangan dana untuk membantu saudara muslim kita yang berada di Palestina dan Suriah. Wah, jadi pengen lebaran di Inggris, ya!

7. Cuaca buruk, ini yang dilakukan umat Muslim di Inggris. Toleransi Banget!

Beberapa Relawan Muslim yang Menyediakan Makanan Untuk Tunawisma

Beberapa Relawan Muslim yang Menyediakan Makanan Untuk Tunawisma via https://www.thesun.co.uk

Sebagai umat muslim, kita memang diajarkan untuk saling menghargai dan menghormati sesama. Sekalipun orang tersebut berbeda agama, tetaplah kita harus saling membantu bila orang tersebut sedang dalam kesulitan. Seperti halnya yang dilakukan oleh sejumlah masjid di Inggris. Mereka sengaja menyediakan tempat tidur, makanan, kamar mandi untuk para tunawisma dikarenakan cuaca buruk yang mencapai suhu 0 derajat! Mereka juga tidak hanya menampung tunawisma muslim, tetapi juga non-muslim. Sikap seperti inilah yang tentu harus dimiliki oleh setiap manusia yang ada di dunia. So, have you become a tolerant person?

Finally! Itulah beberapa fakta yang menegaskan bahwa kamu gak perlu ragu jika ingin berlibur ke UK. Apalagi jika kamu seorang muslim, tentu bukan jadi masalah, because UK is very welcome for everyone, include Muslims! So, jangan khawatir! UK dulu, bukan UK sekarang yang selalu menjungjung tinggi toleransi dan perdamaian. Okay, have an awesome journey in UK, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya