Ini Pentingnya Membeli Asuransi Kesehatan dan Asuransi Penyakit Kritis Secara Terpisah

Asuransi Kesehatan dan Asuransi Penyakit Kritis Membuat Proteksi Kesehatan Anda Makin Sempurna

Seorang pasien baru-baru ini didiagnosis menderita kanker payudara stadium akhir. Rasa sakit yang hebat, daftar obat-obatan yang mahal, dan biaya dokter tidak cukup bisa dikover dengan biaya sendiri. Asuransi kesehatan tampak seperti dewa penolong dari awan gelap ini. Tetapi, sayangnya, dia terkejut ketika agen asuransi kesehatannya memberitahunya bahwa polisnya tidak mencakup penyakit kritis semacam itu.

Saat itulah dia menyadari bahwa semua premi yang dia bayarkan agar aman terhadap masalah kesehatan akan sia-sia ketika dia membutuhkan proteksi keamanan dari penyakit kritis ternyata asuransi kesehatannya hanya bisa menutupi biaya rawat inapnya tetapi tidak untuk biaya perawatan penyakit kritis tersebut.

Inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai asuransi kesehatan.

Advertisement

1. Fitur Dasar

https://disituapi.azureedge.net/

https://disituapi.azureedge.net/ via https://disituapi.azureedge.net

Asuransi kesehatan mengganti biaya medis dan biaya Anda selama rawat inap. Mungkin tidak mencakup semua penyakit dan umumnya memiliki masa tunggu yang lebih lama. Sedangkan, kebijakan penyakit kritis mencakup penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker, multiple sclerosis, gagal ginjal, operasi bypass, dll.

Tertanggung mendapatkan jumlah pertanggungan segera setelah ia didiagnosis dengan salah satu penyakit kritis yang terdaftar. Kebijakan ini tidak memiliki hubungan atau masalah dengan biaya rawat inap.

Advertisement

2. Cakupan

https://cdn.futuready.com/

https://cdn.futuready.com/ via https://cdn.futuready.com

Baik polis asuransi kesehatan dan rencana penyakit kritis memiliki cakupan cakupan yang berbeda. Polis asuransi kesehatan mencakup kecelakaan dan keseluruhan penyakit.

Setelah periode waktu yang ditentukan, bahkan mencakup penyakit yang sudah ada sebelumnya dan kesehatan persalinan. Sedangkan, kebijakan penyakit kritis mencakup daftar penyakit kritis tertentu; jumlah yang dapat bervariasi dari 6 hingga 12 tergantung pada perusahaan asuransi.

Menurut dokumentasi kebijakan, jika disebutkan, itu juga mencakup keadaan seperti perjalanan dan naik pesawat sementara, perawatan pasca operasi dan kehilangan gaji.

Advertisement

3. Manfaat

https://www.allianz.co.id/

https://www.allianz.co.id/ via https://www.allianz.co.id

Manfaat program medis atau asuransi kesehatan termasuk penggantian biaya rawat inap. Ketika dirawat di rumah sakit jaringan, orang yang diasuransikan dapat memanfaatkan fasilitas tanpa uang tunai di mana tagihan dibayar langsung oleh perusahaan asuransi ke rumah sakit.

Setelah mengajukan klaim, polis asuransi kesehatan Anda mungkin berlanjut sampai seluruh jumlah uang pertanggungan Anda habis. Selanjutnya, dapat diperbarui setiap tahun.

4. Uang Pertanggungan

https://agenasuransijiwa.co.id/

https://agenasuransijiwa.co.id/ via https://agenasuransijiwa.co.id

Meskipun nilai pertanggungan bervariasi dari satu perusahaan asuransi ke yang lain, ada beberapa batasan yang ditentukan untuk semua. Dalam hal polis asuransi kesehatan, batasnya ditetapkan termasuk cakupan kebijakan penyakit kritis.

5. Masa tunggu

http://asuransime.com/

http://asuransime.com/ via http://asuransime.com

Kebijakan medis dan penyakit kritis mengikuti konsep masa tunggu. Selain kerugian terkait kecelakaan, polis asuransi kesehatan memiliki masa tunggu selama 30 hari pertama dan penyakit yang dikontrak selama durasi ini sejak dimulainya polis tidak termasuk.

Dalam kasus penyakit yang sudah ada sebelumnya, umumnya ada masa tunggu 1 hingga 4 tahun. Sedangkan dalam hal kebijakan penyakit kritis, ada 3 bulan masa tunggu umum dan penyakit yang didiagnosis pada periode ini tidak termasuk dalam perlindungan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE