5 Langkah Mudah Urus Kartu ATM yang Hilang atau Tertelan. Asal Nggak Panik, Semua Aman

Mengurus ATM hilang

ATM adalah salah satu barang penting yang mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, bentuknya yang kecil membuat kita tidak segera menyadari apabila ATM telah dicuri. Jika ATM kamu telah dicuri jangan panik dulu, tetaplah tenang dan lakukan 5 langkah mudah mengurusnya berikut.

Advertisement

1. Hal pertama yang harus kalian lakukan saat ATM hilang yaitu menghubungi customer service bank bersangkutan untuk mengurusnya

Customer service akan membantu masalah kalian

Customer service akan membantu masalah kalian via http://water2drink.com

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan saat ATM dicuri adalah menghubungi Customer Service bank yang bersangkutan. Bila tidak mengerti berapa nomor customer service Bank yang bersangkutan, maka kamu bisa mengeceknya melalui situs resmi milik Bank atau bisa juga dilihat melalui buku tabungan rekening, atau cek di internet. Selain itu, kontak centre bank biasanya berada pada badan mesin ATM.

Apabila sudah tersambung dengan layanan customer service, selanjutnya kamu bisa meminta melakukan pemblokiran ATM dengan menyertakan nomor rekening beserta nama yang tertera di nomor rekening kamu. 

Advertisement

Agar memudahkanmu dalam menghubungi customer service, kini beberapa bank juga bisa dihubungi melalui sosial media, seperti Twitter. Caranya dengan kamu mention terlebih dahulu akun customer service bank tersebut, maka selanjutnya mereka akan mengirimkan pesan untuk meminta data-data seperti nomor rekening dan nama yang tertera dalam rekening beserta nomor ponsel kamu.

Langkah ini sebagai antisipasi pencuri ATM akan menguras saldomu. Sebagai tips tambahan sebaiknya kamu tidak memblokir layanan Internet Banking atau SMS Banking.

2. Mentransfer semua saldo ke rekening lain menjadi solusi terbaik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, yaa.

Advertisement
Waspada pada beberapa hal juga perlu dilakukan, lho.

Waspada pada beberapa hal juga perlu dilakukan, lho. via http://alertnews.al

Apabila kamu memakai layanan Internet dan SMS banking, kamu diharuskan mentransfer saldo di kartu ATM yang hilang ke rekening kamu yang lain. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit saldo. Ini diperlukan untuk berjaga-jaga sebab proses pemblokiran biasanya akan dikenakan biaya yang dipotong dari jumlah saldo, namun tidak semua bank menerapkan hal ini.

Hal ini juga berguna untuk memastikan saldomu aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, jika memang tidak memungkinkan, kamu cukup meminta kepada Customer Service untuk memblokir rekening hingga layanan Internet banking untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak kita inginkan.

3. Selanjutnya kalian bisa meminta surat kehilangan dari kantor polisi terdekat

Jangan lupa bawa KTP dan buku tabungan ya.

Jangan lupa bawa KTP dan buku tabungan ya. via http://cityofpalmsprings.gov

Setelah melakukan pemblokiran ATM, langkah selanjutnya kamu harus pergi ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat kehilangan dan wajib membawa KTP serta buku tabungan. Proses mengurus surat kehilangan ini juga mudah dan cepat, jika tidak ada antrian prosesnya memakan waktu 5 menit. 

4. Kembalilah ke bank yang bersangkutan setelah mendapat surat kehilangan agar ATM kamu dapat segera kembali

Percayakan masalahmu pada customer service

Percayakan masalahmu pada customer service via http://istockphoto.com

Apabila surat kehilangan sudah berada ditanganmu, maka segera datangi bank yang kamu gunakan untuk mendapatkan kartu baru. Silakan jelaskan tujuan kedatanganmu terlebih dahulu kepada satpam cabang Bank tersebut, sebab biasanya satpam yang bertugas untuk mengarahkan antrian nasabah yang datang. Apabila kamu sudah mendapatkan nomor antrian, silakan tunggu sampai nomor kamu mendapatkan giliran.

Ketika telah tiba giliranmu. Jelaskan permasalahanmu kepada customer service, sertakan juga bukti identitas, bisa dengan menunjukkan SIM atau KTP dan juga fotokopi buku tabungan. Biasanya customer service akan menanyakan beberapa hal mengenai rekeningmu, seperti berapa jumlah saldo terakhir dan juga transaksi terakhir yang kamu lakukan.

Setelah selesai menanyakan hal-hal tersebut, Bank akan segera memberikan kartu ATM baru dengan nomor rekening dan password yang sama. Untuk memastikan tidak ada transaksi selama kartu ATM kamu hilang, mintalah bukti print out transaksi untuk memastikan tidak ada penarikan uang dari saldo yang tidak dilakukan.

5. Jangan lupa tetap waspada dan berhati-hati setelah semuanya selesai

Jadikan yang hilang sebagai pengalaman

Jadikan yang hilang sebagai pengalaman via http://moneymax.ph

Setelah kejadian ini tentu kamu harus lebih berhati-hati dalam menjaga kartu daripada dipusingkan saat kartu ATM dicuri. Pastikan selalu kartu ATM kamu berada di dompetmu dan selalu berhati-hatilah ketika meletakkan dompet di saku celana kamu. 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas dijamin ATM kembali. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE