Lulus sekolah merupakan saat yang sangat Anda tunggu-tunggu karena selepas itu Anda akan memasuki dunia perkuliahan yang menurut bayangan Anda sangat menyenangkan. Berangkat ke kampus dengan pakaian bebas, jam masuk kuliah yang tidak sama setiap harinya lingkungan baru, dan belajar hidup terlepas dari orang tua mungkin merupakan hal yang seru dan menantang. Namun, sebelum memikirkan hal-hal tersebut ada hal lain yang mesti Anda pikirkan dari awal yakni pilihan jurusan. Anda tentu tidak bisa sembarangan memilih jurusan karena masa perkuliahan tidaklah singkat, yakni 3 tahun, 4 tahun, atau bahkan lebih. Untuk itu, Anda harus memilih jurusan kuliah yang benar-benar tepat. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini!

1. Memilih Bidang yang Diminati

pilih dulu bidangmu via https://static.pexels.com

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa masa perkuliahan tidaklah singkat. Maka dari itu, memilih jurusan yang sesuai minat merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan pertama kali. Dengan berkuliah sesuai minat, maka semangat Anda akan tetap terjaga. Nah, lalu bagaimana mengetahui apakah suatu hal merupakan bidang yang benar-benar Anda minati? Anda perlu merenung hal apa dimana Anda merasa sangat senang melakukannya. Atau hal apa yang membuat Anda rela menghabiskan waktu dan mengesampingkan kegiatan yang lain. Setelah itu, barulah Anda menggabungkannya dengan tips pada poin kedua.

2. Menyesuaikan dengan Kualifikasi yang Dimiliki

Sesuaikan dulu dengan kualifikasimu via https://i.vimeocdn.com

Tips dan trik kedua dalam menentukan jurusan perkuliahan adalah lihatlah kualifikasi yang Anda miliki. Jika hanya mengandalkan kesukaan, bisa jadi Anda akan kurang tepat memilih jurusan. Periksalah kembali piagam-piagam penghargaan Anda selama ini, dan karya-karya yang Anda hasilkan. Jika masih merasa kesulitan Anda bisa menghubungi guru BK atau bertanya kepada orang tua Anda. Mengumpulkan bukti kualifikasi memang perlu waktu. Sehingga mempersiapkan sedari dini sangat dianjurkan.

3. Tentukan Cita-Cita Anda

Apa cita-citamu? via https://c2.staticflickr.com

Advertisement

Menentukan cita-cita merupakan hal penting dalam menentukan jurusan kuliah. Cita-cita Anda mungkin mengalami perubahan sejak masa kecil hingga sekarang. Namun, kini mantapkanlah lagi apa cita-cita Anda sebenarnya. Sebagai contoh jika Anda bercita-cita menjadi pengacara, maka Anda harus kuliah di jurusan hukum. Itu artinya Anda harus mempersiapkan hal-hal yang menjadi faktor pendukung untuk kuliah di jurusan tersebut sebagai contoh persiapan untuk mengikuti test LSAT dan MCAT.

4. Sesuaikan Dengan Peluang yang Ada

sesuaikan dengan peluang via https://pixabay.com

Barang siapa yang ingin sukses, maka ia harus pandai-pandai memanfaatkan setiap peluang yang ada. Peluang seperti apakah yang dimaksud? Banyak sekali peluang yang mesti Anda pertimbangkan. Pertama yakni peluang diterima dalam sebuah jurusan. Seberapa besar peluang Anda diterima dalam jurusan yang Anda pilih tersebut. Selanjutnya adalah tentang seberapa besar kebutuhan pasar tenaga kerja akan jurusan tersebut. Pilihlah yang memiliki pasar kerja yang bagus atau jika Anda ingin berwirausaha selepas lulus nanti, maka pilihlah yang benar-benar dibutuhkan untuk bisnis Anda. Kumpulkanlah info sebanyak-banyaknya mengenai spesifikasi setiap jurusan perkuliahan yang menarik minat Anda agar lebih mudah menentukan mana yang paling cocok.

5. Jangan Sampai Tersesat

Hayo… udah bener belom? via http://acehfoundation.org

Memilih jurusan kuliah memang tidak semudah memilih baju atau sepatu di Mall. Kesalahan memilih jurusan akan menjadi penyesalan yang tidak hanya dirasakan semasa kuliah, namun juga seumur hidup. Maka dari itu, pertimbangkanlah dengan matang sebelum membuat keputusan. Semoga tips dan trik memilih jurusan kuliah yang tepat ini bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya