Memilih jurusan bukan hal yang mudah, kecuali bagi mereka yang sudah punya kemantapan hati terhadap jurusan tertentu. Sekarang ini, banyak sekali siswa-siswi sekolah menegah atas yang masih dilanda kebimbangan dalam memilih jurusan. Banyak dari mereka yang bahkan baru memikirkannya ketika waktu yang sudah sangat sempit.

Pada akhirnya adalah ikut-ikutan teman dengan mengambil jurusan bahkan universitas yang sama. Eitss perlu diingat teman! Setiap orang memiliki passion yang berbeda. So, pastiin diri kamu untuk menentukan minat dan bakat yang ada pada diri kamu. Jangan sampai kita salah memilih jurusan saat kuliah. Sudah menghamburkan waktu dan uang kita, namun pada akhirnya menyesal karena merasa salah memilih jurusan dan tidak cocok buat kita.

Terus, gimana dong caranya supaya kita gak sampai salah ambil jurusan? Yuk cek tipsnya di bawah ini!

1. Tanyakanlah pada diri sendiri, apa minat dan bakat kita yang sesuai dengan profesi yang kita inginkan.

Jurusan kuliah

Jurusan kuliah via https://virala.id

Setiap orang punya bakat tersendiri, baik disadari ataupun tidak. Bagi kalian yang sudah memasuki sekolah menengah atas, harus tahu nih minat dan bakat kalian di bidang apa. Jangan sampai deh ketika waktu kelulusan hampir tiba, kamu belum tahu passion yang ada di diri kamu. Terus kamu mau ambil jurusan apa dong?

2. Kualifikasi apa saja yang saya miliki?

Kualifikasi sangat penting dalam menentukan jurusan. Jika kalian memilih jurusan komunikasi, tentu saja harus mampu berbahasa dan mampu berkomunikasi dengan baik. Jika memilih jurusan design, berarti kamu mampu mendekor dan mendesain suatu karya.

Advertisement

Mengumpulkan atau meningkatkan kualifikasi tentunya butuh waktu, oleh karena itu mulailah memikirkan jurusan kuliah sedini mungkin.

3. Apakah cita-cita saya?

Cita-cita itu penting untuk menentukan jurusan yang akan kamu ambil nanti. Jangan takut untuk bermimpi karena mimpi itu dapat kita raih dengan berusaha. Jika kamu bercita-cita menjadi seorang akuntan, kamu harus serius belajar akuntansi.

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang politikus, kamu harus serius belajar mengenai ilmu politik. Ingat! Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh.

4. Pahami situasi global internasional, nasional, dan lokal saat ini

Advertisement

Kita harus menyadari di mana masa kita hidup saat ini. Apakah jurusan yang kita ambil akan banyak diperlukan di dunia kerja kedepannya? Apakah jurusan itu mampu menawarkan prospek hidup yang nyaman? Jangan lupa kita juga perlu mempertimbangkan lingkungan di mana kita tinggal.

Apakah lingkungan sekitar memerlukan banyak tenaga designer? Jika tidak, daerah mana yang kira-kira membutuhkan tenaga designer? Hal-hal seperti itu jangan sampai luput untuk diperhatikan. Kita juga harus memprediksikannya sebelum mengambil jurusan.

5. Tanyakan kepada guru, orang tua, atau orang yang berpengalaman

Jika kamu masih bingung, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada guru, orang tua, ataupun orang yang berpengalaman. Karena dengan kamu berkonsultasi, mungkin akan ada pencerahan mengenai jurusan yang akan kamu pilih. So, jangan malu-malu untuk bertanya jika tidak ingin tersesat nantinya!

Itu dia guys tips-tips agar kalian tidak salah ambil jurusan. Ingat! Pikirkanlah masa depanmu sedini mungkin sebelum terlambat. Go ahead to the bright future!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya