Semakin berkembangnya kecanggihan teknologi, para perusahaan teknologi telah banyak menawarkan produk-produk unggulan mereka dengan berbagai varian harga dan spesifikasinya. Namun sekerang telah banyak bermunculan di pasaran berbagai merk smartphone yang dengan harga 1 jutaan sudah di bekali fitur layaknya HP seharga 3 jutaan dan di imbuhkan pula merk yang sudah go internasional.

Sedangkan yang jadi pertimbangan saat seseorang akan membeli smartphone 2 hal pertimbangan utamanya pastilah harga dan spesifikasinya. Namun, apa jadinya jika kalian punya dana pas-pasan semisal 1 jutaan, namun juga menginginkan hp dengan beragam fitur keren yang bisa pula memenuhi kebutuhan. Berikut beberapa fitur yang perlu di pertimbangkan saat akan memilih smartphone meski dana pas-pasan :

1. Semakin tinggi daya baterai, semakin lama pula pakainya

bisa kuat 11 jam

bisa kuat 11 jam via https://www.google.com

Smartphone saat ini sudah menjadi alat yang multifungsi, dimana tidak hanya di gunakan untuk sms, telpon, atau internet. Namun sekarang sudah berkembang banyak aplikasi dan game yang dapat di pasang di berbagai jenis smartphone, hal itulah yang membuat kinerja smartphone semakin besar, semakin lama penggunaan smartphone semakin banyak pula daya yang di butuhkan untuk menjaga agar HP tetap nayala.

Apalagi jika sedang beraktivitas outdoor, jika tanpa adanya powerbank maka cukuplah HP buat sms, telepon. dan chatting. Dalam sehari saja setidaknya HP memerlukan daya sekitar 2500Mah untuk penggunaa secara maksimal untuk kebutuhan selama 1 hari, itupun belum termasuk untuk main game dan streaming. Maka alangkah baiknya jika memilih HP denga kapasitas di atas 2500mah, lebih istimewa lagi jika lenih dari 3000mah.

2. Sistem Operasi dengan Update Terkini

sistem operasi karya anak bangsa

sistem operasi karya anak bangsa via https://www.google.com

Advertisement

Sesuaikan OS smartphone yang anda beli dengan kebutuhan anda. Selain itu, pilihlah dalam versi yang terbaru, baik OS Android, iOs, Blackberry maupun Windows. Semakin baru versi OS tentunya semakin membuat performa smartphone-nya pun lebih ciamik lagi.

Sistem operasi yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh pengguna aktif smartphone adalah sistem operasi Android. Sifatnya yang terbuka membuat para penggunanya pun dapat secara mudah menyesuaikan pemakaiannya. Kemudian OS Android juga bisa dengan mudah diisi oleh beraneka aplikasi yang dapat di download secara gratis maupun berbayar lewat toko aplikasinya. Akan tetapi kekurangan dari Android sendiri adalah cukup rawan pada serangan virus. Jadi hal ini bisa anda pertimbangkan dalam beli HP sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian juga yang dilakukan Advan. Dengan sistem operasi karya anak bangsa bernama IDOS (Indonesia Operating System) menjadi sistema operasi yang di kemabngkan sampai saat ini. Saat ini, IDOS sudah mencapai versi IDOS 7.1.2. Versi ini berjalan di atas kernel Android Nougat 7.0. Salah satu keunggulan dari IDOS ialah mampu memproteksi data pembayaran saat bertransaksi online dengan mengenkripsi data pengguna ponsel.

Advertisement

Beberapa produsen ponsel sudah memiliki cara agar tidak ditembus oleh malware, namun salah satu fitur yang aman dari pencurian itu adalah dengan sistem enkripsi data.

3. Jenis layar dan ukuranya jangan sampai lupa

layar bikin lega liatnya

layar bikin lega liatnya via https://www.instagram.com

Jika budget yang dimiliki kisaran1-2juta maka kita kan mendpat hp denga ukuran 4-4,5 inchi dengan jenis layar yang berfariasi seperti IPS, TFT, AMOELD dan sebagainya. Sedangkan untuk resolusinya sendiri di rentang harga 1-2 juta resolusi layarnya ada di 1280×20 (HD) dan 1920×1080 (full HD). Semakin besar resolusi layar, akan sangat bagus di tampilan terutama saat menonton video atau main game.

4. Semakin banyak kebutuhan, banyak pula kapasitasnya penyimpanannya

kapasitas yang cukup di kelasnya

kapasitas yang cukup di kelasnya via https://www.instagram.com

Perlu di ketahui pula bahwa penyimpanan di HP android atau smartphone ini ada 2 macam yaitu RAM (Random Acces Memory) dan ROM (read only memory). RAM fungsinya untuk menampung data sementara, sedangkan ROM atau memori internal fungsinya untuk mneyimpan data-data, seperti foto, musik, dokumen, aplikasi dan sebagainya.

Untuk kisaran harga 1-2 juta RAM yang tersedia di adalah 1-2GB dan ROM 8-16GB. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak data yang dapat di simpan dan semakin banyak pula multitasking yang berjalan serta semakin cepat menjalankan sistem tertentu. Sehingga alangkah baiknya memilihi HP yang memiliki kapasitas RAM 2GB, agar saat menjalankan aplikasi tidak tertutup tiba-tiba atau muncul notifikasi aplikasi tidak menanggapi atau aplikasi tertutup.

5. Kualitas kamera adalah fokus utama pertimbanganya

bikin selfi makin happy

bikin selfi makin happy via https://www.google.com

Pada fitur kamera ini yang perlu diperhatikan adalah resolusi kamera itu sendiri, untuk dual kamera depan dan belakang biasanya beresolusi 5-8MP(megapixel) dan 8-13MP untuk kamera belakang atau utama. Namun terkadang meski resolusi kamera sudah cukup besar, terkdang masih menghasilkan gambar yang tidak memuaskan atau blur.

Maka untuk mengatasi hal tersebut perlu melihat hasil review merk HP tersebut di situs-situs internet atau melalui video review yang banyak terdapat di Youtube dengen kualitas video yang baik pula seperti review Advan i6.

6. Harga boleh sama, tapi fitur harus lebih dengan merk lainnya

harga sama kualitas beda

harga sama kualitas beda via https://www.google.com

Bukan jaminan bahwa merk terkenal seperti Samsung, Sony, Xiaomi, dan Asus misalnya, akan memberikan spesifikasi yang bagus dengan harga yang terjangkau. Malah untuk mendapatkan spesifikasi yang bagus/istimewa pasti di iringi dengan harga yang istimewa(tinggi), karena merk mereka sudah mendunia dan telah memproduksi berbagai type dan harga.

Seringnya malah produk-produk lokal yang memberikan penawaran menarik dengan spesifikasi istimewa dan harga yang terjangkau pula. Produk lokal tersebut seperti halnya Polytron, Evercross, Mito, Himax, Smartfren dan Advan yang baru saja mengeluarkan HP baruanya. Terpenting dari semua itu adalah harga dan hasil yang di dapat sesuai dan sebanding, seringnya adalah di bagian kamera. Hasil jepretan kamera bersolusi 13MP antara HP merek Evercross dengan Xiaomi pastilah berbeda.

7. Fitur unggulan atau bawaan HP jadi nilai plus

sistem keamanan berlapis

sistem keamanan berlapis via https://www.instagram.com

Setiap Smartphone selain menawarkan spesifikasi yang menarik dan harga yang terjangkau, juga menyediakan fitur tambahan seperti finger lock lampu flash kamera, aplikasi bawaan yang di mana semua itu adalah sebagai daya tarik tambahan kepada pelanggan. Dalam memperhatikan fitur unggulan ini adalah fungsi dan kegunaan fitur tersebut dalam aktivitas harian kita, seperti adanya aplikasi untuk memberikan keamaanan akan data-data di dalam HP seperti anti maling atau aplikasi muslim untuk mengningkatkan wawasan keagamaan kita.

8. Keberadaan service center yang strategis

jaminan perbaikan

jaminan perbaikan via https://www.google.com

Sebagus apapun HP yang di beli pastilah perlu adanya jaminan garansi dan pelayanan pelanggan yang baik, seperti dengan keberadaan service center yang ada di kota atau sekitar tempat tinggal. Jadi saat terjadi kendala atau trouble pada HP tidak perlu melewati counter tempat membeli untuk selanjutnya di serahkan ke service center atau distributor yang dimana itu akan membuat lamanya waktu pelayanan. Dengan adanya garansi resmi dan keberadaan Service Center akan memberikan jaminan lebih pada smartphone itu sendiri.

9. ADVAN i6 Jawabannya

terlihat cakep dan stylist

terlihat cakep dan stylist via https://www.instagram.com

Jadi bagaimana sebaiknya spesifikasi Smartphone di kisaran harga 1-2juta ?. Saran saya sesuai pertimbangan di atas, maka smartphone dengan kisaran harga 1-juta sebaiknya memiliki spesifikasi :

Baterai 2500mah (minimal), kamera depan 5MP dan belakang 13 MP plus LED flash, Layar memiliki dimensi 4,5 sampai 5,5 inci HD tipe IPS, RAM 2GB ROM 8GB, fitur unggulan adanya fingerprint atau aplikasi bawaan untuk penunjang dan harga tidak lebih dari 2 juta.

Bergembiralah kalian yang sedang mencari HP baru dengan dana yang pas-pasan dan mencari spesiifikasi seperti di atas, karena saat ini advan baru saja meluncurkan produk barunya bernama Advan i6. Apa keunggulan dari HP ini, yaitu dengan harga Rp1499.000 bisa mendapatkan HP dengan spesifikasi istimewa.

Beberapa keunggulannya seperti memiliki 5,5 inci HD tipe IPS dengan lapisan kaca 2.5D, dilengkapi sensor sidik jari , baterai berkapasitas 3.300mAh,. Ditambah lagi dengan fitur Anti Theft dimana ada enam pilihan dari fitur Anti Theft dan itu dapat diakses dari perangkat mobile, laptop, atau PC Desktop.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya