Hati-hati, 5 Benda Ini Ternyata Bisa Berpotensi Jadi Penyakit Kalau Tidak Dibersihkan secara Berkala!

benda berpotensi jadi penyakit

Tanpa disadari, barang-barang seperti handuk, bantal, seprai ternyata perlu untuk dibersihkan atau diganti. Waktunya beragam, ada yang harus dibersihkan dalam kurun waktu satu bulan satu kali, diganti tiga bulan satu kali bahkan ada barang yang wajib dibuang dalam hitungan hari.

Bukan tanpa alasan, barang-barang yang terlihat bersih, terasa aman dan sering dipakai, nyatanya menyimpan potensi penyakit dan bahaya jika dihiraukan. Kali ini saya akan membahas 5 barang yang wajib dibersihkan atau diganti secara berkala supaya aman dipakai dan tidak menimbulkan berbagai penyakit.

Apa saja barangnya? Simak yuk pada uraian di bawah ini!

Advertisement

1. Bantal

Photo by: Allen Taylor

Photo by: Allen Taylor via http://unsplash.com

Bantal yang biasanya kita gunakan untuk tidur menyimpan banyak potensi penyakit, lho. Setidaknya ganti bantal dua kali dalam satu tahun atau bersihkan dengan vacum dan jemur bantal secara rutin tiap harinya. Jika tidak, bantal meyimpan banyak kotoran yang tidak bisa kita lihat dengan kasat mata.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa bantal yang tidak dibersihkan selama 2 tahun, 10 persen beratnya diisi oleh tungau debu dan sel-sel kulit mati kita. Jika dibiarkan terus menerus, bisa menimbulkan sejumlah masalah; bersin-bersin, memperburuk asma, mata gatal dan berair adalah sebagian dari masalah tersebut.

2. Handuk

Photo by: Sven Mieke

Photo by: Sven Mieke via http://unsplash.com

Handuk harus lebih sering dibersihkan. Setidaknya satu minggu satu kali, bahkan disarankan 2-3 dalam satu minggu. Penyebabnya karena handuk bisa lebih lembab dari barang lain. Kelembaban ini menyimpan banyak jamur dan bakteri yang berpotensi membahayakan dan bisa menyebar ke orang lain.

Tidak main-main, jamur dan bakteri tersebut bisa menimbulkan kutu air, jamur di bagian tubuh, kutil dan masalah kulit lainnya. Sehingga wajib bagi kita untuk secara rutin membersihkan handuk yang kita pakai.

3. Seprai

Advertisement
Photo by: Lauren Kay

Photo by: Lauren Kay via http://unsplash.com

Membiarkan seprai tidak dibersihkan selama dua minggu saja, akan meninggalkan debu, keringat dan kotoran, yang berpotensi menjadi kuman atau bakteri yang berbahaya Maka disarankan, untuk mengganti seprai dua minggu atau satu minggu satu kali.

Apalagi bagi kita yang alergi kulit atau pernapasan, jarang membersihkan seprai berpotensi memperburuk alergi yang kita miliki.

 

4. Sikat gigi

Photo by: Nathalia Belfort

Photo by: Nathalia Belfort via http://unsplash.com

Ada penelitian yang menyebut kalau sikat gigi tidak akan maksimal lagi penggunaanya jika tidak diganti selama 3 bulan.

Selain itu, sikat gigi dikhawatirkan menyimpan ribuan bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Ganti secara rutin sikat gigi, setidaknya 3 bulan satu kali atau 2 bulan satu kali. Agar menghindari bahaya yang tersimpan dari bakteri yang berada di sikat gigi.

 

5. Alat cukur atau pisau cukur

Photo by: Ignacio F.

Photo by: Ignacio F. via http://unsplash.com

Mengganti Alat cukur atau pisau cukur tergantung dari seberapa kali kita menggunakannya. Disarankan untuk diganti setelah 5-10 pemakaian atau ganti ketika pisau cukur yang digunakan sudah terasa tumpul.

Tidak mengganti pisau cukur bisa berbahaya bagi kulit. Menyebabkan kulit luka, iritasi dan masalah kulit lainnya. Ketika hendak akan melakukan cukur, pakai pisau yang benar-benar tajam, sebelumnya bersihkan dulu bagian yang akan dicukur dan lebih pakai krim atau gel cukur terlebih dahulu.

Itulah ke-5 barang yang sering kita pakai tetapi jarang diperhatikan kebersihannya. Siapa sangka, barang-barang tersebut bisa menyimpan potensi bahaya bagi tubuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE