Ketika berbicara tentang mendesain atau merenovasi rumah banyak hal yang diperhatikan. Luas lahan, luas bangunan, kebutuhan ruang, penggunaan material hingga furniture pun dipikirkan. Untuk penggunaan material, tentunya akan mempengaruhi pemilihan furniture dan suasana rumah yang ditimbulkan. Sehingga material menjadi salah satu hal krusial dalam mendesain.

Sekarang selain material yang mudah dibentuk untuk memberi kesan unik pada rumah, para desainer sendiri juga mulai menggunakan material ramah lingkungan. Material dari alam akan memberikan dampak positif untuk lingkungannya. Beberapa dari kalian juga mungkin masih bingung material alami ataupun ramah lingkungan itu seperti apa.

Material alam merupakan material yang berasal dari lingkungan seperti kayu, bambu, batu, metal dan sebagainya. Jika kamu masih ragu menggunakan bahan alami untuk mendesain atau mendekorasi rumahmu, berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan bahan ini.

1. Material Alami Merupakan Material yang Awet

material awet

material awet via https://id.pinterest.com

Ketika membeli peralatan ataupun furniture tentunya kita menginginkan barang tersebut memiliki jangka waktu penggunaan yang panjang. Barang yang awet membuat kita tidak perlu membelinya lagi dalam waktu dekat. Furniture yang terbuat dari material alami akan lebih awet dibandingkan material buatan lainnya.

Material yang diolah dari alam akan sangat awet. Contohnya saja batuan granit yang terbuat dari bebatuan alam. Bahannya sangat padat dan keras. Tidak mudah tergores dibandingkan dengan bahan lain yang serupa.

Advertisement

Akan tetapi untuk mendapatkan maksimal waktu penggunaan, perawatan pada material juga perlu dilakukan. Perawatan setiap material akan berbeda karena memiliki sifat material yang beragam juga.

2. Cocok Dipadukan dengan Model Desain Apapun

material dipadukan dengan berbagai desain

material dipadukan dengan berbagai desain via https://id.pinterest.com

Menggunakan material alami tidak akan menghambat kreativitasmu untuk mendesain atau mendekor rumah. Dari style minimalis, rustic, hingga futuristik pun akan dapat diberikan oleh material alam. Memilih material tidak semerta-merta hanya karena ingin saja tetapi juga perlu disesuaikan dengan konsep yang ingin diterapkan.

Jika ingin rumah dengan style minimalis, penggunaan kayu pada rumah dengan tidak berlebihan akan dapat digapai. Jika ingin rumah yang memberikan kesan alam yang kentara, bisa juga menggunakan bahan bambu. Atau ketika menginginkan rumah dengan konsep modern, pada lantai dapat menggunakan bebatuan marmer yang mempercantik ruangan di rumah.

3. Interior Rumahmu Jadi Lebih Trend

trend material alam

trend material alam via https://www.decoist.com

Advertisement

Tidak perlu diterangkan lagi bahwa material alam sendiri sudah termasuk sering digunakan pada desain rumah apapun. Membuat rumah lebih bergaya dan juga trend dapat diraih dengan material alami.

Desainer sering sekali membuat produk desain yang memberikan kesan alam ke dalam rumah. Baik sekedar aksen ataupun keseluruhan, material alam tidak lepas dari sebuah rumah. Memberikan suasana dan warna sendiri pada tiap rumah.

Memadukan material juga dapat dilakukan agar rumah menjadi lebih atraktif. Seperti halnya penggunaan bambu dengan kayu ataupun lantai granit akan menjadikan desain tersebut eksentrik. Tapi desain tersebut tetap harus seimbang yang artinya dalam mendesain tidak boleh terlalu berlebihan. Seperti contohnya ubin marmer akan memberikan kesan berkelas sedangkan material metal dapat memberikan sentuhan glamor.

4. Merupakan Dekorasi Jangka Panjang

kamar mandi material kayu

kamar mandi material kayu via https://www.houzz.com

Material alam tidak akan ketinggalan zaman sampai kapanpun. Material yang sudah secara umum sering digunakan ini dapat mendekorasi rumah jadi lebih menarik. Memiliki style rumah yang sama setiap waktunya akan membuat bosan. Sehingga terkadang kamu ingin merenovasi ataupun membongkarnya.

Itu semua tidak akan jadi masalah ketika renovasi rumah dilakukan namun furniture yang digunakan akan tetap menggunakan yang lama. Asal masih memiliki konsep yang sesuai dengan interior itu sendiri. Ketika kamu sudah menentukan konsepnya, barulah kamu akan mengetahui desain seperti apa yang diinginkan dan pemilihan furniturenya.

Material alam yang tadinya kamu gunakan pun bisa kamu daur ulang untuk kegunaan lainnya di dalam rumah. Biasanya penggunaan material alami pun akan digunakan pada area yang ingin dibuat konstan pada waktu ke waktu sehingga tidak perlu melakukan banyak perubahan. Bisa juga menggunakan material alami pada lantai rumah yang memang jarang sekali diubah ketika akan merenovasi rumah.

5. Memberikan Kesan Netral Pada Rumah

ruang makan rumah

ruang makan rumah via http://www.houzz.com

Material alami juga merupakan bahan yang memberi kesan netral pada ruangan. Ketika akan menonjolkan sesuatu dalam ruangan, bisa menggunakan material alami sebagai pelingkupnya yang tidak terlalu menonjol dan juga bertahan untuk jangka panjang.

Meskipun memiliki kesan netral, material alami sendiri memiliki motif tersendiri yang tidak akan membuat ruangan terasa membosankan. Berbeda seperti dinding yang hanya di cat saja, dinding dengan pelingkup papan kayu akan memberikan nuansa yang sangat berbeda.

6. Harga Terjangkau, Mudah Didapat dengan Hasil yang Menakjubkan

Dengan sumber materialnya yang dari bumi sendiri, material ini terhitung cukup mudah didapat. Tidak hanya itu, jumlahnya juga tidak terbatas di alam ini. Meskipun beberapa material memang tidak mudah didapat seperti kayu mahoni. Akan tetapi sudah banyak sekali toko material yang juga menyediakan material sustainable.

Ketika berkutat dengan renovasi atau pembuatan rumah akan ada beberapa hal yang dipikirkan yaitu budget pengeluaran dan lama waktu untuk menyelesaikan renovasi tersebut. Menggunakan material alam bisa menjadi solusi untuk memperkecil budget-mu dengan material terbarukan ataupun daur ulang.

Harga terjangkau dan mudah didapat tidak membuat kualitas dari material ini menurun. Dengan keunikan masing-masing material, berhasil menciptakan nilai artistik pada rumah. Adapun juga penggunaan kayu bekas untuk meja lalu pecahan keramik piring yang dijadikan satu dapat dibentuk menjadi penghias ruangan ataupun furniture dalam rumah. Berpikir kreatiflah maka material ini akan membuat rumah jadi lebih menarik.

7. Tidak Berbahaya Bagi Diri Sendiri dan Lingkungan

mini bar

mini bar via https://999.md

Seperti yang sudah disebutkan di atas material dari alam merupakan material yang ramah lingkungan. Tidak hanya baik untuk lingkungannya namun juga untuk kesehatan diri sendiri. Material alam yang diolah tidak menggunakan zat kimia apapun sehingga aman untuk lingkungan. Material ini juga tidak beracun sebelum dan sesudah digunakan sehingga baik untuk kesehatan.

Adapun juga material ini mudah terurai, dapat didaur ulang, dan digunakan kembali. Sehingga material terbarukan ini tidak akan menjadi polusi untuk lingkungan. Memilih material alam berarti memilih untuk melestarikan keadaan lingkungan.

Itulah beberapa alasan untuk menggunakan material dari alam sebagai bagian dari desain ataupun renovasi rumahmu. Menjaga lingkungan menjadi lebih mudah dan juga artistik dengan berbagai material ini. Menghemat kantongmu dan juga memberikan style rumah yang kamu inginkan. Mudah dipadukan dengan banyak cara. Tanpa kamu sadari pun material alami ini sudah menjadi pilihan untuk renovasi rumahmu. Sustainable for a better living!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya