Saat merasa ditolak bisa dipastikan saya dan kalian akan merasa sakit. Bahkan efeknya tidak hanya sebentar. Parahnya lagi bisa sampai mengakibatkan trauma. Apapun bentuk penolakannya, mau ditolak karena cinta, ditolak dalam sebuah pergaulan, ditolak oleh suatu universitas, judul skripsi yang ditolak, ide dan saran yag ditolak, atau mungkin lamaranmu yang ditolak. Semua bentuk penolakan itu menyakitkan.

Apalagi saat lamaranmu yang ditolak. Eits maksud saya di sini lamaran pekerjaan ya. Jangan terlalu fokus dulu untuk ke lamaran pendamping hidup. Karena pekerjaan bisa jadi salah satu modal untuk melamar calon pasangan hidupmu ya.

Ngomong-ngomong perihal lamaran kerja yang berkali-kali ditolak sebenarnya juga bukan hal yang buruk. Meski kadang efeknya akan membuat kita merasa pesimis. Bahkan pikiran”saya layak atau tidak” sering muncul di benak kita. Memang berkali-kali ditolak sangatlah sakit.

Tapi bukankah kita masih bisa memilih untuk bangkit? Ya, meski memilih bangkit juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Memang benar, bangkit adalah kata yang mudah diucapkan tetapi butuh tekad sekuat baja untuk melakukan. Untukku dan untukmu yang sering kali ditolak saat amplop coklat kita sodorkan, mungkin kita diminta untuk belajar beberapa hal.

1. Berkali-kali Ditolak, Bisa Jadi Tuhan Sedang Membentuk Kita untuk Jadi Manusia yang Kuat.

Tuhan sedang membentukmu jadi manusia kuat

Tuhan sedang membentukmu jadi manusia kuat via https://i1.wp.com

Meski berkali terkena penolakan dan hatimu serasa ingin tumbang. Walau bukan superhero, tapi kita dilatih untuk kuat. Setidaknya kita akan jadi manusia yang tidak mudah untuk menyerah pada keadaan.

Advertisement

Kita tidak akan berhenti pada satu pintu dan akan mencoba pintu-pintu yang lain saat pintu di depan tertutup untuk kita.

2. Penolakan Membelajarkan Kita Arti dari Kata Bangkit.

Penolakan Membelajarkan Kita Arti dari Kata Bangkit.

Penolakan Membelajarkan Kita Arti dari Kata Bangkit. via https://www.google.com

Ditolak itu ibarat kita jatuh karena tersandung batu saat kita sedang berjalan. Setelah itu kita akan dihadapkan pada dua pilihan. Kita akan memilih untuk terus mengaduh dan menangis atau kita akan bergegas untuk berdiri dan melanjutkan untuk berjalan lagi. Tentu, pilihan ada di tangan kita.

3. Tidak Diterima Di satu Pekerjaan, Bukan Berarti Kamu Tak Berkesempatan untuk Mencoba Pekerjaan Lainnya.

Kamu selalu punya kesempatan untuk mencoba

Kamu selalu punya kesempatan untuk mencoba via http://www.google.com

Jika satu tempat menolakmu, bukan berarti tempat-tempat yang lain tidak akan menerimamu. Bukan berarti juga usahamu akan berhenti sampai di situ.

Advertisement

Kesempatanmu untuk mencoba menyodorkan CV mu ke tempat-tempat yang lain masih sangat terbuka lebar. Jangan mider dan jangan takut untuk mencoba ya!

4. Semakin Sering Alami Penolakan, Semakin Kaya Pengalaman yang Kamu Dapatkan.

Banyak hal yang kamu dapatkan

Banyak hal yang kamu dapatkan via http://www.google.com

Jangan salah, jika kamu sering ditolak, maka kamu terlatih untuk berbesar hati. Terimalah dengan lapang dada. Bersama penolakan yang datang, pengalaman yang banyakpun kamu dapatkan. Kamu tahu, kamu bisa mempelajari pola seleksi di setiap tempat yang kamu coba.

Bukankah jika di setiap tempat memiliki cara yang berbeda untuk melakukan seleksi, itu artinya akan banyak pula pengalaman yang kamu miliki. Tetaplah berbesar hati!

5. Setiap Rejeki Sudah Dibagi, Tidak Akan Ada Rejeki yang Tertukar.

Rejeki tak akan pernah tertukar

Rejeki tak akan pernah tertukar via https://www.google.com

Jika sesuatu sudah ditakdirkan menjadi milikmu, maka ia tak akan pernah menjadi milik orang lain. Jika suatu pekerjaan sudah Tuhan takdirkan untukmu, maka pekerjaan itu tak akan memilih orang lain sebagai pemiliknya. Jangan risau, semua sudah Tuhan yang atur kok. Percayalah!

6. Berkali-kali Lamaran Kerjamu Ditolak, Berpikiran Positiflah!

Be positive thingking

Be positive thingking via https://leadx.org

Tuhan sedang menyiapkan pekerjaan yang benar-benar pantas untukmu dan akan Dia hadirkan di waktu yang tepat menurut-Nya. Tunggu saja. Sembari terus berjuang mengirimkan lamaran kesana kemari. Siapa tahu ketemu jodoh pekerjaannya. Pantang meyerah dan jangan takut untuk mencoba. Good luck ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya