5 Kegiatan Penghilang Stres yang Bisa Kamu Lakukan di Jogja

Jogja bukan cuma tempatmu menuntut ilmu, mencari uang atau membangun karir. Jogja juga menjadi tempat di mana aktivitas-aktivitas menarik siap menghiburmu. Jika kamu merasa bosan dan penat dengan hari-harimu yang dipenuhi dengan rutinitas yang itu-itu saja, tenang! Ada berbagai cara untuk mengembalikan semangatmu. Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan mau mencoba melakukan hal-hal ini!

1. Kunjungi Festival-Festival Seru

Prambanan Jazz 2017

Prambanan Jazz 2017 via https://www.instagram.com

Kamu pasti tahu, Jogja adalah kota kreatif yang dipenuhi dengan event kreatif. Salah satunya berupa festival. Tidak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu bersama pasangan, teman, atau keluarga untuk mengunjungi festival di Jogja.

Karena selain bisa kembali menyegarkan pikiranmu dari kebosanan dan stres, kamu juga bisa lebih mengenal Jogja melalui festival-festival ini. Festival-festival menarik yang jangan sampai kamu lewatkan antara lain: "Festival Jajanan Kekinian Yogyakarta" dan "Merapi Night Festival" pada April nanti, "ArtJog" dan "Sleman Culinary Festival" pada bulan Mei, "Dragon Boat Festival" dan "Pasar Kangen" pada bulan Juli, "Bantul Expo",

Advertisement

"Bedog Art Festival" dan "Prambanan Jazz" pada Agustus nanti, "Ratu Boko Festival" pada bulan September, "Wayang Jogja Night Festival" dan "Sekaten" pada Oktober, "Ngayogjazz" pada November dan berbagai festival dalam rangka menutup tahun pada Desember mendatang. Menarik, kan? Yuk segera cari infonya dan tandai kalendermu!

2. Gabung di Komunitas yang Sesuai dengan Minat dan Passionmu

Jazz Mben Senen

Jazz Mben Senen via https://www.instagram.com

Selain gudangnya event menarik, Jogja juga merupakan tempat berkumpul dan lahirnya berbagai komunitas. Dari bidang seni hingga yang berbasis hobi, kamu bisa bergabung dan ikut aktif di komunitas-komunitas ini. Jadi selain bikin kamu nggak bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja, kamu juga akan dapat teman baru dengan ketertarikan yang sama.

Ada "Jazz Mben Senen" untuk para pecinta jazz, "Yoyo Gank Jogja" bagi pecinta yoyo, "Yogyakarta Night at The Museum" bagi yang tertarik menjelajah museum di malam hari, "Teater Garasi" untuk para pecinta seni peran, "Forum Lingkar Pena Yogyakarta" untukmu yang tertarik di dunia jurnalistik, dan masih banyak lagi. Seru, kan!

3. Sesekali Ikut Berbagi Melalui Organisasi Kerelawanan

Book For Mountain

Book For Mountain via https://www.instagram.com

Advertisement

Sudahkah kamu berbagi dengan mereka yang mungkin membutuhkanmu? Tak harus dengan uang dan hal-hal berbau materi, terkadang kamu bisa membantu hanya dengan modal waktu dan tenagamu. Banyak organisasi non-profit di Jogja yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, maupun lingkungan yang membuka diri dan dapat menjadi sarana untuk kamu melakukan aksi berbagi.

Kamu bisa berbagi mimpi melalui "Kelas Inspirasi Yogyakarta" maupun "Saung Mimpi", bisa berbagi keceriaan di "Kampoeng Hompimpa Yogyakarta", berbagi ilmu melalui "Yogyakarta Mengajar", berbagi buku dengan "Book For Mountain", berbagi kenyamanan bersama "Jogja Garuk Sampah", dan masih banyak lagi.

Gimana menurutmu? Daripada mengeluh karena bosan kesana-sini, lebih baik melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk sesama, kan?

4. Daftar Workshop dan Seminar yang Menambah Skillmu

Ruang Belajar

Ruang Belajar via https://www.instagram.com

Kamu juga bisa mengisi akhir pekanmu dengan mengikuti workshop maupun seminar. Selain bisa menambah skill-mu, workshop dan seminar juga bisa menjadi me time untuk memanjakan hobimu. Kamu harus tahu, Jogja punya banyak workshop organizer seperti "Ruang Belajar" dan "Animo Workshop" yang memudahkanmu untuk belajar hal baru langsung dari para ahli, serta ada juga "Akademi Berbagi" yang menyelenggarakan berbagai seminar maupun talkshow bahkan dengan gratis!

5. Piknik!

Traveling Jogja

Traveling Jogja via https://www.instagram.com

Kamu perlu piknik! Tentu saja pikiranmu juga perlu asupan yang oke agar tetap segar dan lebih fokus. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, kamu bisa mendapatkan suasana baru di alam terbuka untuk menyegarkan pikiranmu hanya dengan modal bensin yang cukup dan beberapa rupiah untuk tiket masuk.

Kamu bisa coba kunjungi "Merapi Park" untuk berfoto dengan landmark berbagai negara, ke taman bunga Matahari di Bantul, ke "Situs Warungboto" yang mirip dengan Tamansari, ke "Seribu Batu Songgo Langit" yang kemarin jadi lokasi shooting sebuah film, atau bisa juga menyegarkan diri di berbagai curug dan air terjun di Kulon Progo maupun Gunung Kidul.

Ingat, kamu tinggal di Jogja! Jangan hanya berdiam tenggelam dalam kebosanan. Ke sudut manapun kamu pergi, kamu akan menemukan sesuatu yang membuatmu lebih bersyukur dan terus bersemangat dalam menikmati hidup.

___

Bagaimana menurutmu? Ternyata ada banyak tips, ya, untuk mengembalikan semangatmu. Coba beri reward untuk dirimu setelah hari-hari sibuk dengan meluangkan waktu untuk refreshing. Kamu benar-benar berhak mendapatkannya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya