Siapkan Dirimu Untuk Jelajahi Macam-Macam Wisata di Britania Raya!

Sudah menetapkan Britania Raya sebagai destinasi liburanmu berikutnya? Tapi bingung mau ngapain aja di negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional ini? Yuk, simak agenda traveling ini biar persiapan liburanmu makin oke, guys!

1. Ingin Berkunjung ke Galeri Seni? Tate Britain Ini Wajib Kamu Datangi

The Tanks, Tate Modern

The Tanks, Tate Modern via http://www.tate.org.uk

Galeri yang berada di London, Inggris ini dulunya merupakan gedung pembangkit tenaga listrik, yang kemudian pada tahun 1981 diubah oleh arsitek Herzog & de Meuron. Tate Modern memamerkan karya seni modern dan kontemporer Inggris dari abad ke-16 hingga yang terkini.

Tate Modern ini merupakan salah satu dari grup galeri seni nasional Inggris yang terdiri dari Tate Britain, Tate Liverpool, Tate St Ives, dan Tate Online. Karya seni tertata rapi dengan ruangan yang membuat pengunjung nyaman dan ingin berkunjung lagi.

2. Britania Raya Punya Banyak Kastil! Windsor Castle Ini Salah Satunya!

Windsor Castle

Windsor Castle via http://europeantrips.org

Advertisement

Kastil yang terletak di Windsor, Berkhire, Inggris ini dibangun pada abad ke-11, setelah invasi Norman oleh William Sang Penakluk. Pada awalnya Windsor Castle dirancang untuk melindungi dominasi Norman di sekitar pinggiran London dan sekaligus mengawasi bagian strategis dari Sungai Thames. Kemudian pada perkembangannya, Henry I mulai menjadikan kastil sebagai kediaman resmi bagi keluarga kerajaan Inggris. Dilanjutkan dengan Henry III yang membangun istana mewah di dalam kastil selama abad pertengahan.

Kastil yang memiliki sejarah panjang ini memiliki arsitektur bangunan yang luas dan megah. Gaya arsitektur Windsor Castle yang unik berasal dari perubahan dan renovasi terus menerus yang terjadi setiap pergantian kepala pemerintahan. Windsor Castle merupakan salah satu kastil tertua dan terbesar yang masih dihuni di dunia.

3. Tertarik Memecahkan Misteri Bangunan Unik Ini? Yuk, Berkunjung Ke Stonehenge

Monumen batu yang diperkirakan dibangun sekitar zaman Perunggu dan Neolitikum ini terletak di Wiltshire, Inggris. Terkenal karena misterinya yang belum terpecahkan, serta bentuk dan susunan batu yang unik. Stonehenge terdiri dari tiga puluh batu tegak dengan ukuran sangat besar yang disusun dengan bentuk tegak melingkar.

Advertisement

Stonehenge dianggap memiiliki banyak makna. Bangsa Roma percaya Stonehenge merupakan portal ke dunia paralel. Ada juga yang menganggap monumen batu ini sebagai sumber energi yang menyembuhkan. Sedangkan Gerald Hawkins, seorang profesor astrologi, mengungkapkan Stonehenge di masa lalu digunakan sebagai observatorium canggih untuk menghitung gerhana matahari atau gerhana bulan. Uniknya, baru-baru ini diketahui kalau batu-batu di Stonehenge berasal dari daerah yang 3 km jauhnya dari tempat batu-batu itu berdiri.

Nah, lho, gimana cara orang zaman dulu memindahkan batu raksasa, ya? Jadi penasaran ingin tahu lebih banyak kemisteriusan Stonehenge ini!

4. Wisata Islami di Inggris? Masjid Sentral London Ini Wajib Kamu Kunjungi!

Masjid Sentral London

Masjid Sentral London via https://kontraktorkubahmasjid.com

The London Central Mosque and Islamic Cultural Centre (ICC) atau Masjid Sentral London yang berlokasi di jantung kota London ini dibangun sebagai bentuk penghargaan kepada umat muslim yang ikut serta membela Inggris dan sekutu selama Perang Dunia II.

Didesain oleh Frederick Gibberd pada tahun 1978. Sedangkan pembangunannya berada di tanah donasi Raja George VI, sebagai imbalan dari lahan untuk Katedral Anglikan di Kairo pada tahun 1944.

Yang unik dari masjid ini, rancangannya merupakan hasil dari kompetisi internasional yang diadakan tahun 1969. Rancangan Frederick Gibberd yang terpilih dalam kompetisi. Rancangan arsitek asal Inggris itu membagi masjid menjadi dua elemen penting, yaitu ruang utama (dua ruang shalat) dan tiga lantai sayap (entrance hall, perpustakaan, ruang baca, kantor administrasi, dan menara).

Masjid Sentral London ini juga termasuk masjid yang aktif dan dikenal di negara barat. Cocok banget buat kamu yang ingin merasakan sisi Islami dari Britania Raya.

5. Bosan Dengan Destinasi Indoor? Taman St. James Cocok Banget Buat Piknik!

Blue Bridge, St James Park

Blue Bridge, St James Park via https://www.royalparks.org.uk

St. James Park, berlokasi di Westminster, London, merupakan taman tertua yang menjadi bagian dari Taman Kerajaan London. Penamaan taman berasal dari rumah sakit yang didedikasikan oleh St James the Less. Di masa lalu taman ini hanya dikhususkan sebagai areal pribadi kerajaan untuk berburu dan berkuda.

Taman ini memiliki sebuah danau kecil yang menjadi tempat tinggal koloni burung pelikan. Sedangkan jembatan penyebrangan di danau menghadap Istana Buckingham dan juga pemandangan ke gedung utama Departemen Luar Negeri, dan Persemakmuran di sebelah timur.

Taman yang luas dan asri ini cocok banget buat kamu yang ingin berwisata sekaligus piknik bersama kerabat.

6. Ada Yang Unik Dari Sore Hari di Britania Raya. Yuk, intip Afternoon Tea di Twinings!

Perusahaan teh yang berdiri sejak 1706 ini sudah menjual produknya ke lebih dari 50 negara di dunia.

Thomas Twining yang semula membuat toko kecil di jalan raya London pada tahun 1706 awalnya hanya khusus menjual kopi. Toko itu dulunya bernama Tom's Coffee House. Seiiring perkembangannya, Twinings berhenti menjual kopi dan sepenuhnya fokus di teh kemasan.

Kini Twinings masih beroperasi dengan alamat yang sama seperti pertama kali dibuka. Logo perusahaan yang diciptakan tahun 1787 pun masih digunakan saat ini. Tertarik mencoba suasana minum teh di tempat ini?

7. Jangan Sampai Ketinggalan. Berkunjung ke Universitas Juga Bisa Jadi Agenda Liburan Yang Unik, Lho

Universitas Oxford

Universitas Oxford via https://www.theverge.com

Universitas yang satu ini sering disebut-sebut sebagai universitas idaman di dunia. Berlokasi di Oxford, Inggris, Universitas Oxford diperkirakan sudah memulai perkuliahan sejak tahun 1096.

Universitas Oxford mempunyai beberapa museum yang memamerkan benda-benda langka dan bersejarah. Universitas ini mengedepankan dunia riset dan kerjasama dengan perusahaan internasional. Memiliki empat divisi keilmuain, yaitu divisi matematika, fisika dan ilmu hitung, divisi kedokteran, serta divisi ilmu sosial. Salah satu perpustakaan terlengkap dan tertua di Eropa, Bodleian Library, juga berada di universitas ini

Universitas Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka dan penerima nobel. Selain itu juga menjadi salah satu inspirasi tim pembuat film Harry Potter untuk membuat konsep sekolah sihir Hogwarts versi layar lebar.

Nah, itu dia 7 agenda travelling buat kamu yang ingin berlibur ke Britania Raya. Agenda mana, nih, yang mau kamu masukkin ke daftar, guys?

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya