Bagi kalian siswa kelas 12 yang akan kuliah, pasti bingung dalam memilih jurusan. Bagi anak IPA, biasanya bingung karena terlalu banyak pilihan. Akan tetapi, anak IPS lebih bingung, karena tidak hanya mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih, namun seberapa banyak IPA yang akan memilih jurusan tersebut. Pasti banyak yang mengira bahwa hanya anak IPA yang mampu lintas jurusan, tetapi anak IPS bisa juga loh. Akan tetapi, hal yang terpenting yaitu memilih jurusan yang tepat.

Berikut ini tips buat kalian dalam memilih jurusan yang tepat.

1. Apa sih yang kamu minati sejak kamu masih kecil?

Apa ya minatku?? via http://google.com

Jika sejak kecil kamu pandai bermain musik atau menyayi maka kamu bisa memilih jurusan seni, atau jika sejak kecil kamu tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan olahraga maka kamu bisa memilih jurusan keolahragaan. Jika sejak kecil kamu minat dengan angka-angka maka kamu bisa memilih jurusan eksak.

2. Kamu bingung tentang apa yang kamu minati, maka cari tahu dengan mata pelajaran apa yang kamu sukai

Aku suka matematika via http://google.com

Saat kamu di sekolah, apakah kamu lebih senang pelajaran eksak seperti matematika atau pelajaran yang menghafal seperti biologi? Jika kamu senang dengan pelajaran eksak, maka kamu dapat memilih jurusan matematika, fisika, atau teknik. Namun, apabila kamu menyukai pelajaran menghafal, kamu bisa memilih jurusan biologi, bahasa, dll.

3. Lihatlah nilai mata pelajaran yang kamu minati, dan mata pelajaran lainnya

Ilustrasi gambar via http://google.com

Advertisement

Coba kamu lihat perkembangan nilai pada setiap mata pelajaranmu. Mata pelajaran manakah yang mengalami peningkatan ataupun yang mengalami penurunan. Jika pelajaran yang terkait dengan jurusan yang kamu pilih mengalami peningkatan (walaupun tidak signifikan), maka kamu bisa yakin bahwa jurusan itu tepat untukmu. Apabila tidak mengalami peningkatan atau terkadang naik trun mungkin itu jurusan yang belum tepat. Kamu mungkin dapat mencari jurusan yang tidak jauh beda dengan pilihanmu yang pertama.

4. Anak IPA ambil jurusan IPS, dan sebaliknya? tak masalah

ipa vs ips via http://google.com

Anak IPA pilih jurusan untuk anak IPS? Hal itu sudah biasa. Namun, bagaimana jika anak IPS ingin memilih jurusan yang seharusnya untuk anak IPA? Tentunya bukan hal yang wajar. Eitss, tunggu dulu! Jangan berputus asa ya, anak IPS bisa kok memilih jurusan IPA. Jika anak IPS ingin memilih jurusan untuk anak IPA, pastikan nilai UN kalian bagus ya. Kenapa? Hal itu perlu,karena nilai bagus itu akan membuat peluang anak IPS untuk mendapat jurusan anak IPA yang akan dikonvensikan.

5. Apabila kamu masih bingung juga, coba tanyakan pada orangtuamu atau seseorang yang dekat denganmu

Ilustrasi gambar via http://google.com

Masih bingung dengan yang kamu pilih? Atau mungkin terlalu banyak pilihan? Tanyakan saja pada orangtuamu, tentang apa yang lebih cocok denganmu. Orangtuamu pasti memberimu saran yang sesuai dengan passionmu,dan ada beberapa orangtua yang memberi saran sesuai peluang kerjaan yang akan kamu dapati jika memilih jurusan itu. Tidak sependapat dengan orangtua? Kamu mungkin bisa bertanya dengan keluargamu yang lain, sahabat, atau guru BK di sekolahmu.

6. Berdoalah kepada Tuhan YME, agar kamu semakin yakin dengan jurusan yang kamu pilih

Advertisement

Jika kamu telah mendapat jurusan yang akan kamu pilih, maka berdoalah kepa Tuhan YME. Agar kamu semakin yakin dengan pilihanmu, dan supaya kamu bisa menjalani kedepannya.

Itulah 6 tips untuk kamu yang lagi bingung dalam memilih jurusan.

Ingat! Jurusan apapun itu, yang terpenting adalah bekerja keras dan berdoalah agar kamu bisa mencapai kesuksesan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya