Hallo, ketemu lagi dengan saya, Silvia. Entah kenapa, belakangan ini saya gampang kangen sama para kontributor Hipwee yang selalu rutin ngirim tulisan tiap minggunya. I know ini lebay, tapi percayalah kalau tulisan yang saya buat kali ini memang didasari rasa rindu yang menggebu.

Karena saya dan kalian belum berkesempatan untuk bertemu, jadi nggak ada salahnya ya saya berbagi pengalaman mengenai tema-tema tulisan apa saja yang paling laku di Hipwee dari dulu sampai sekarang (?)

Nggak perlu basa-basi, yuk langsung aja simak bagaimana cara menentukan tema tulisan yang berpotensi besar masuk trending topic di Hipwee, supaya kamu nggak bingung atau galau lagi!

1. Menurut tim editorial Hipwee, tema tulisan yang baik dan disukai pembaca adalah…

Ini Mas Sony, bos kontennya Hipwee :)

Ini Mas Sony, bos kontennya Hipwee 🙂 via https://hipwee.com


Tema tulisan yang "dekat" dengan kehidupan pembaca adalah yang TERBAIK!


Sudah sejak beberapa tahun lalu, tim editorial Hipwee sepakat bahwa tema-tema tulisan yang "receh" tapi tetap berbobot adalah pilihan terbaik. Selain nggak perlu survey selama sebulan di pedalaman, tema-tema sejenis ini banyak dibutuhkan pembaca karena relatif berhubungan dengan keseharian mereka. Toh, buat apa nulis kalau semuanya dikonsumsi sendiri? Hey, menjadi penulis itu sama dengan "melayani" publik, lho!

Advertisement


Tema-tema seperti DIY tas dari bahan bekas, cara menyiasati bau mulut, cara memakai pashmina dengan satu jarum pentul atau bahkan trik jitu menabung ala anak kos. Saya rasa, tema-tema ringan namun banyak dibutuhkan orang seperti itu lebih laku, di banding topik berbau politik yang memusingkan.


Kalau kamu setuju dengan tim editorial Hipwee juga, tuliskan komentarmu di bawah, ya!

2. Bukannya Hipwee menutup diri dengan tema-tema tulisan yang "agak berat" atau "berat". Tujuan kita hanya satu, melatih sense menulismu dari hal-hal kecil dulu!

News & Feature category

News & Feature category via https://www.hipwee.com

Meski tema-tema ringan yang seringnya menjadi trending di Hipwee, tema yang kata orang agak berbobot pun tetap berpotensi berhasil di Hipwee. Bahkan, semua tulisan dalam kategori News and Feature yang mengangkat tema-tema seputar sosial budaya, ekonomi serta fenomena-fenomena unik hingga aneh di seluruh dunia. Terbukti, pembaca masih menyukai tema-tema semacam itu namun tinggal bagaimana kita mengemasnya supaya tetap "enak" dibaca.

3. Secara lebih spesifik, inilah tema-tema tulisan yang pernah berjaya di Hipwee sepanjang 3 tahun belakangan

Terpopuler-all time di Hipwee

Terpopuler-all time di Hipwee via https://www.hipwee.com

Advertisement


Lalu, kenapa sih tema-tema ini bisa berhasil hingga meraih lebih dari setengah juta shares?


1. Tema-tema yang memotivasi seperti "Pendidikan Tinggi Tak Menjamin Kesuksesan, Tekad dan Kerja Keras adalah Kunci Penting Meniti Karir Masa Depan" akan banyak dibaca dan dibagikan orang karena sangat membantu, terutama bagi mereka yang sedang patah semangat. Terlebih jika kamu memakai gambar pendukung tokoh-tokoh terkait seperti Bob Sadino, Jack Ma atau pengusaha sukses lainnya.

2. Tema-tema yang menohok seperti "Jangan Menikah Hanya Karena Sudah Diburu Usia, Karena Nikah Tak Semudah Kelihatannya" akan membuat pembaca seolah "ditampar" karena tuntutan menikah di usia yang bahkan belum mencapai 25 tahun sudah makin membabi buta.

3. Tema-tema berbau pengetahuan yang bikin penasaran seperti "22 Gambar Pertumbuhan Janin dalam Perut yang Menyentuh Kalbu. Ah, Kuasa Tuhan Sehebat Itu" akan membuat rasa penasaran pembaca terpacu. Hal-hal yang sebelumnya nggak mereka ketahui telah dikemas sedemikian rupa, sehingga artikel dengan tema semacam ini akan banyak dibaca lalu di-share.

4. Tema-tema berguna dan cocok dipraktikkan di kehidupan sehari-hari seperti "Rahasia Mengolah Ayam Goreng Tepung Biar Kriuk-nya Nggak Santai Kayak KFC" akan menjadikan hidup para pembaca khususnya yang hobi masak menjadi lebih mudah. Faktanya, siapa sih yang nggak kepengen bikin ayam goreng dengan kriuk sesempurna KFC? :)

5. Tema-tema yang bisa buat "cuci mata" seperti "13 Potret Baby Xabiru, Anak Rachel Vennya yang Gemasnya Kebangetan. Bulet Banget Kayak Baso!" akan menghibur pembaca dalam waktu singkat. Banyak orang yang sudah lelah dengan beban hidup, sehingga mereka membutuhkan artikel hiburan semacam ini.

6. Tema-tema yang bisa buat referensi seperti "Model-Model Kebaya Cantik Untuk Inspirasi Hari Wisudamu Nanti" akan membuat pembaca serasa dibantu, meski nggak langsung bertemu kamu. Bahkan ada kemungkinan, artikel sejenis ini akan disimpan baik-baik karena bisa jadi bahan referensi sepanjang masa.


Sebenarnya masih banyak lagi tema-tema populer di Hipwee yang bisa kamu tulis supaya bisa tending. Untuk itu, silahkan klik di sini untuk melihat semuanya, ya!


4. Kemudian, inilah kesalahan-kesalahan yang sering kamu lakukan dalam menentukan tema tulisan (yang akan dikirim ke Hipwee)

BIG MISTAKES!

BIG MISTAKES! via https://www.pexels.com

Kamu sadar nggak kalau dalam menentukan tema itu ada trik-trik khususnya? Tapi sayangnya, kamu malah sering melakukan kesalahan-kesalahan ini:


  • Terlalu terpaku pada "duh, tema apa ya yang lagi trending supaya tulisanku jadi trending juga?". Nggak selamanya lho tema-tema yang sedang hype di sosial media itu layak tulis. Kenapa? Ya, masing-masing penulis tentu punya ciri khas-nya sendiri, sehingga tema-tema trending nggak cocok buat mereka. Solusinya, kamu bisa mencari tema-tema "YANG BUKAN TRENDING" tapi "EVERLASTING". Misalnya: XX Trik Menjadi Karyawan yang Nggak Cuma Ngebet Nerima Gaji, Tapi Juga Disegani

  • Memulai segalanya dari hal yang berat, padahal baru pertama kali menulis. Poin inilah yang paling banyak dilakukan para pemula, karena ingin dicap penulis hebat dengan tema-tema "berat" padahal dia sendiri belum cukup mumpuni. Kenapa sih nggak dimulai dari hal-hal ringan seperti yang dibahas pada poin sebelumnya? Toh, yang penting KAMU TAHU DULU BAGAIMANA ALUR MEMBUAT SEBUAH ARTIKEL!

  • Terlalu cepat menyerah. Seperti yang sering dikatakan oleh para penulis senior, memiliki buku catatan untuk menampung ide-idemu setiap saat itu merupakan sebuah kewajiban. Ini berguna untuk menyimpan tema-tema yang mungkin saja kamu temukan di jalan, kantor, kampus atau bahkan di dalam kamar secara tiba-tiba. Jangan menyerah, latihan terus untuk mengasah sense pencarian temamu!

5. Dan untuk ke depannya, tema-tema inilah yang akan banyak diperhitungkan oleh tim editorial Hipwee

Best theme!

Best theme! via https://www.pexels.com

Nih, saya kasih bocorannya!


  • Tema-tema up to date namun relate dengan pembaca (mis: chat atau meme kocak tentang ojek online, fenomena pelakor dan artis-artis berprestasi minim sensasi)

  • Tema-tema motivasi tapi nggak menggurui (mis: trik menabung, trik membangun usaha dari nol buat anak muda, meraih cita-cita lewat jalur di luar akademis, cara mengerjakan skripsi dalam waktu kurang dari 3 bulan dan quotes penyemangat dari tokoh terkenal

  • Tema-tema percintaan tapi NGGAK ALAY! (mis: menyikapi LDR dengan dewasa, lagu-lagu yang menjadi saksi cintamu, cara elegan mengambil hati mertua, ciri-ciri pasangan yang layak diperjuangkan hingga pelaminan dan tanda-tanda kalau hubunganmu sudah diujung tanduk

  • Tema-tema yang bisa menjadi lifehacks (mis: tips dekor ulang kamar kos, cara bikin kaus lama jadi nampak baru, cara menghilangkan noda luntur pada baju putih, cara masak kue tanpa oven dan hanya butuh rice cooker dan cara praktis menghafal bahas inggris tanpa les privat)

  • Tema-tema berbau feature (mis: XX hal yang perlu kamu tahu mengapa orang China itu gila teknologi, XX fakta mengejutkan tentang kehidupan sosial masyarakat di India dan infromasi seputar beasiswa di kampus-kampus ternama

  • Tema-tema tentang traveling (mis: referensi hotel murah di Lombok, lokasi shooting film terkenal, cara jitu berburu tiket pesawat dan simulasi realistis melancong ke luar negeri dengan budget minim

  • Tema-tema referensi (mis: referensi gedung pernikahan murah di Jakarta, lokasi prewedding anti mainstream, xx ide kebaya buat bridesmaid, gaun pernikahan selain putih dan xx kosmetik lokal yang murah dan cocok buat semua jenis kulit).

Nah, itu dia bocorannya secara lebih spesifik, ya! Kalau ada pertanyaan lain, silahkan email ke community@hipwee.com atau kontak saya secara pribadi ke silvia@hipwee.com. Yuk belajar sama-sama, biar waktumu nggak terbuang percuma!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya