Mengenal Britain Lebih Dekat Lengkap dengan Pesona Budaya dan Panoramanya

Sebagai manusia kita pasti mempunyai sifat jenuh dan bosan baik itu karena Pekerjaan, Studi dan yang lainnya, sehingga membuat kita sangat mebutuhkan waktu luang untuk refreshing, dengan tujuan kiranya bisa menghilangkan rasa penat/bosan di dalam hati dan fikiran kita, kemudian ini juga bisa menjadi perhatian pada kesehatan kita sendiri, karena terlalu banyak beban fikiran akan mengakibatkan susah tidur, membuat tubuh menjadi kurus, banyak fikiran membuat sakit kepala, depresi, gangguan mental kejiwaan dan masih banyak lainnya.

Nah untuk itu saya menulis artikel Britania sebagai tempat destinasi wisata impian dengan tujuan untuk memperluas wawasan bagi kita yang ingin berlibur ke luar negeri, agar bisa memilih tempat wisata yang pas yaitu di UK, sehingga dapat membantu anda meredam rasa jenuh dan bosan yang ada di dalam fikiran kita, karena dijamin setelah mengunjungi tempat wisata ini, bagi siapa saja yang ingin berkunjung akan merasa tidak ingin cepat-cepat pulang dari sana.

1. Kepulauan Orkney

Tempat wisata yang pertama ada Kepulauan Orkney.

Kata siapa kita harus pergi ke Norwegia atau Islandia buat melihat cantiknya aurora? Di Kepulauan Orkney yang ada di ujung utara Skotlandia, kita bisa lihat langsung keindahan permainan cahaya aurora di langit malam. Berbeda dengan yang ada di Norwegia atau Islandia yang mengharuskan kita ke tengah gunung salju untuk melihat panorama sempurna aurora, di Orkney kita tidak harus merasakan hawa dingin yang merangsang hingga tulang di tengah salju.

Advertisement

Wah, ini sangat cocok untuk orang-orang tropis kayak kita, bukan? Aurora di Orkney paling cantik dilihat saat musim gugur dan dingin saat melewati tengah malam sampai subuh.

2. Jurassic Coast

Tempat wisata yang kedua ada Jurassic Coast.

Dengan garis pantai sepanjang 154,5 km, Jurassic Coast yang berlokasi di sebelah selatan Inggris ini adalah kekayaan alam pertama milik Inggris yang sudah didaulat UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, Selain keindahan pantai, hutan purba, dan padang pasir yang ada di sekitarnya, Jurassic Coast juga bakal membawa kita berpetualang ke zaman sekitar 185 juta tahun lalu di era Triassic, Jurassic, dan Cretaceous.

Advertisement

Makanya jangan heran kalau saat datang ke sini, kita bisa tiba-tiba menemukan fosil. Beberapa spot terbaik yang bisa kita datangi di Jurassic Coast adalah Durdle Door dan Lulworth Cove yang terkenal sebagai teluk terindah di seluruh Inggris Raya dan Irlandia Utara.

3. Fingal’s Cave

Tempat wisata yang ketiga ada Fingal’s Cave

Satu lagi tempat wisata alam unik yang bisa kita temukan di Skotlandia, Mampir ke sini akan membuat kita merasa berada di dunia Game of Thrones. Lihat saja bentuk guanya, seperti buatan manusia, ya? Padahal bukan, lho, pilar-pilar yang ada di Fingal’s Cave benar-benar terbentuk alami. Gua yang berada di Pulau Staffa ini panjangnya sekitar 75 meter.

Keunikan Fingal’s Cave juga menginspirasi banyak tokoh besar dunia kayak Pink Floyd, Jules Verne, Felix Mendelssohn, dan William Wordsworth. Eh, ada satu lagi. Dalam bahasa Gaelic nama gua ini adalah An Uaimh Bhinn yang artinya gua bermelodi. Kenapa namanya gua bermelodi? Soalnya setiap kali gua ini kena hempasan ombak, ada melodi aneh kayak nada musik yang keluar dari dindingnya. Wah, bagus bukan?

4. Malham Cove

Tempat wisata yang keempat ada Malham Cove

Terbentuk sejak zaman es terakhir, Malham Cove dikelilingi oleh tebing setinggi 80 meter dengan panjang sekitar 300 meter. Yang unik dari tempat ini adalah di atas tebingnya, kita bisa melihat lapangan batu kapur yang terbentuk alami seiring perubahan cuaca dan erosi.

Jangan heran kalau kita merasa seperti di planet lain pas mampir ke sini. Buat siapa saja penggemar Harry Potter, mungkin ngerasa familiar waktu melihat Malham Cove. Iyalah, tempat ini kan pernah jadi lokasi shooting film Harry Potter and The Deathly Hallows.

5. Pistyll Rhaeadr

Tempat wisata yang kelima ada Pistyll Rhaeadr

Tempat yang indah ini berlokasi di Wales, Pistyll Rhaeadr adalah nama dari salah satu air terjun tercantik sejagat UK. Tingginya juga mencapai 80 meter, Aladiners, lebih tinggi dari Air Terjun Niagara! Wah, belum sampai ke air terjunnya bisa-bisa baju sudah basah duluan, nih. Air terjun ini terdiri dari 4 kolam, 4 tingkat, dan 1 jembatan alami yang biasa disebut dengan nama fairy bridge. Waktu musim dingin, pemandangannya pun jadi lebih unik lagi. Walaupun air terjunnya sendiri tidak membeku, tapi hempasan air di tanaman dan tanah di sekitarnya berubah jadi kristal-kristal es.

6. Cheddar Gorge

Tempat wisata yang keenam ada Cheddar Gorge

Mungkin kalau kamu berpikir Cheddar Gorge namanya diambil dari keju cheddar, kamu salah besar. Justru keju cheddar yang namanya diambil dari Cheddar Gorge! Di kawasan ini kita bisa menemukan banyak tebing yang tingginya bisa mencapai 137 meter. Ada gua-gua stalaktit juga, lho.

Temperatur dan hawa di dalam gua-gua yang ada di Cheddar Gorge sangat pas untuk proses fermentasi keju. Mungkin zaman dulu, masyarakat setempat suka buat keju di dalam gua yang ada di sini kali, ya? Hahaha. Makanya kejunya dinamain keju cheddar.

7. Llyn y Fan Fach

Tempat wisata yang ketujuh ada Llyn y Fan Fach

Tempat wisata yang satu ini berada di kawasan Brecon Beacons National Park di selatan Wales, danau yang hanya bisa dikunjungi dengan jalan kaki ini katanya punya aura mistis. Ini ada hubungannya sama mitos The Lady of the Lake. Jadi ceritanya dulu di abad ke-13 ada seorang penggembala yang ketemu sama wanita cantik di danau ini.

Karena jatuh cinta, si penggembala langsung ajak ngajak si wanita buat kawin sama dia. Si wanita yang ternyata makhluk gaib, dan wanita ini menyetujui ajakan si penggembala ini, tapi dengan satu syarat. Si penggembala tidak boleh memukul dia lebih dari dua kali. Karena khilaf, si penggembala akhirnya memukul tiga kali. Setelah itu si wanita jadi-jadian ini menghilang dan masuk ke dalam danau. Nah, hingga sekarang air danau dan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya dipercaya bisa nyembuhin segala penyakit.

8. Dan-yr-Ogof

Tempat wisata yang kedelapan ada Dan-yr-Ogof

Masih berlokasi di Brecon Beacons National Park, Dan-yr-Ogof adalah gua dengan formasi bebatuan dan dinding super unik yang bakal bikin kita serasa jadi manusia purba. Panjang gua ini mencapai sekitar 1 kilometer, tapi keindahannya jarang bisa kita temukan di tempat lain.

Di dalam gua ini kita bisa menemukan air terjun beku. Air terjun beku di sini maksudnya adalah formasi stalaktit yang bentuknya menyerupai air terjun. Di dekat gua ini juga ada Cathedral Cave yang punya danau bawah tanah dan Bone Cave di mana kita bisa melihat tulang belulang manusia zaman perunggu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya