Hai kamu! Iya, kamu! Kamu yang membaca artikel ini mungkin telah lulus SMA ataupun SMK. Selamat ya! Kamu sebentar lagi akan memasuki dunia perkuliahan. Pasti penasaran kan dengan dunia perkuliahan itu seperti apa? Apa saja yang harus kamu lakukan saat kuliah? Istilah apa yang perlu kamu tahu ? Apa saja yang akan kamu dapat saat kuliah? Berikut ini ulasannya.

1. Saat kuliah, kamu akan menjadi seorang mahasiswa

Menjadi mahasiswa artinya kamu harus menjadi seorang siswa yang mandiri dalam hal memperoleh ilmu. Seperti untuk mengetahui materi yang belum kamu pahami, kamu bisa mencari tahu lewat internet, membaca buku di perpustakaan,dll. Kamu tidak bisa mengandalkan apa yang disampaikan dosen, karena kamu hanya memperoleh ilmu yang sangat sedikit. Kamu juga perlu membuang sifat-sifat burukmu saat SMA, jika kamu ingin lulus kuliah tepat waktu.

2. Sebelum benar-benar menjadi mahasiswa, kamu harus kenal dengan Jurusan & Universitas pilihanmu

UNY , Salah Satu PTN di Yogyakarta

UNY , Salah Satu PTN di Yogyakarta via http://nndcuny2012.blogspot.uny

Advertisement

Dalam hal memilih jurusan atau universitas, yang pertama kali di pilih dulu adalah jurusan. Jurusan yang kamu pilih benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Setelah memilih jurusan, kamu perlu tahu tentang apa yang akan kamu pelajari di jurusan tersebut, prospek kerja setelah lulus nanti, dan peluang untuk mendapatkan jurusan itu. Setelah itu, barulah kamu memilih universitas dan pastikan jurusanmu memiliki akreditasi A atau B di universitas tersebut.

3. Untuk kamu yang bakal nge-kost, kamu juga harus kenal dengan lingkungan sekitarnya

Lika-liku anak kos

Lika-liku anak kos via https://www.youtube.com

Pilihlah kost yang nyaman, aman, dan dekat dari kampusmu. Kost-an yang nyaman dan aman dapat mempengaruhi suasana hatimu saat kuliah nanti. Kost-an yang dekat dari kampus dapat mempermudah kamu saat kamu pulang kuliah pada malam hari.

Sehingga kamu tidak terlalu was-was saat pulang malam. Nah,saat jadi anak kost nanti, kamu harus pintar menghemat uang supaya pas di akhir bulan tetap bisa makan enak. Jangan lupa untuk selalu memberi kabar kepada orang tua.

4. Kamu juga perlu memahami istilah-istilah dalam dunia perkuliahan

Advertisement

Dalam kuliah, akan ada beberapa singkatan yang akan dengan sendirinya kamu pahami. Seperti SKS, IPK, KRS dan masih banyak lagi. Selain singkatan-singkatan akademis, ada juga singkatan lain seperti Kupu-kupu, HiMa, BEM, LEM, dan masih banyak singkatan lainnya yang akan kamu pahami nantinya. Tapi, setelah masuk kuliah mungkin kamu tidak tertarik dengan singkatan melainkan jam kuliah singkat.

5. Buatlah list tentang apa yang akan kamu lakukan dari awal hingga akhir masa kuliah

Buatlah list atau daftar tentang yang akan kamu lakukan saat kuliah, seperti kegiatan saat kuliah, tujuan yang harus kamu capai saat kuliah, daftar kebutuhanmu, dll. Hal ini bertujuan agar saat kuliah, kamu lebih terarah dan tidak ada hal yang terlupakan nanti, sebab kenangan mantan aja yang cukup kamu lupakan, masalah hidup dan kuliah jangan.

6. Saat kuliah nanti, berhati-hatilah dalam memilih teman

Pilihlah Teman Dengan Bijak

Pilihlah Teman Dengan Bijak via http://www.playbuzz.com

Saat kuliah, jumlah teman tidak penting, yang penting adalah kamu mempunyai teman yang dapat dipercaya dan selalu ada untuk kamu saat suka maupun duka. Kamu juga jangan terpengaruh dengan pergaulan teman-teman lain yang tidak baik, karena akan mempengaruhimu saat kuliah. Carilah teman yang mau makan di tempat makan, untuk memastikan ia memakan makanan, bukan memakan teman sendiri.

Itulah beberapa hal tentang dunia perkuliahan. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya