Universitas Kristen Satya Wacana adalah sebuah kampus swasta tertua di Indonesia yang terletak di kota Salatiga-Jawa Tengah. Kampus dengan julukan Indonesia mini ini memiliki ribuan mahasiswa yang berasal dari berbagai pelosok Indonesia; Papua, Manado, Banjarmasin, Palangkaraya, Ambon, Kupang, Bali, Batak, Toraja dan lain sebagainya. Selama berkuliah di UKSW, pasti ada banyak kenangan yang tak dapat dilupakan begitu saja. Bagi kamu yang pernah merajut ilmu di UKSW, 7 hal yang pasti membuat mu rindu untuk kembali ke Kampus sejuta etnis ini.

1. Hanya UKSW yang bisa memfasilitasi mu untuk keliling Indonesia setiap tahunnya tanpa harus mengeluarkan duit.. Tentu ini membuat mu rindu..

Ekspo Budaya UKSW via https://www.google.co.id

Ekspo budaya merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa UKSW. Dalam Eskpo budaya ini, setiap pengunjung yang hadir disuguhi tarian, nyayian dan juga makanan khas dari berbagai etnis di Indonesia. Tentu acara ini memanjakan mata dan lidah setiap pengunjung yang datang karena bisa melihat atraksi mahasiswa dari berbagai etnis dan sekaligus bisa mencicipi makanan khas etnis-etnis tersebut secara gratis. Rasa-rasanya seperti keliling Indonesia tanpa harus mengerluarkan duit sepeserpun.. hehe

2. Seandainya ada mesin waktu, Kantin serba guna ini pasti membuat mu ingin kembali ke masa bermahasiswa

Cafe Rindang via https://www.google.co.id

Yap.. Kantin serbaguna itu bernama CAFE RINDANG. Tempat ini menjadi tempat pemadam kelaparan karena ada makanan disana. Tempat ini juga menjadi tempat pemadam kesuntukan karena ada tawa disana. Tempat ini juga merupakan tempat pemadam kerusuhan karena ada rekonsiliasi disana. Eittts.. tapi tempat ini bukan tempat pemadam cinta..cieeee… 😛 Karena tak dapat dipungkiri banyak pasang mahasiswa yang juga jadian ditempat ini. Apakah kamu salah satunya ? hehe

3. Hatimu yang merindukkan kesejukkan, UKSWlah jawabannya

Advertisement

Kampus Hijau UKSW via https://www.google.co.id

Kampus Hijau. Begitulah salah satu julukkan UKSW (selain kampus Indonesia mini). Kampus yang dikelilingi dengan banyak pepohonan ini pasti membuat mu rindu. Yap.. karena kesejukan itu tidak jauh dari mu, tidak perlu jauh-jauh ke puncak untuk menikmati udara sejuk. Cukup berjalan di sepanjang kampus UKSW dan menikmati pohon-pohon hijau dan kicauan burung. Apalagi di minggu pagi, wah.. serasa berada di hutan lindung.. sejuknya tiada tara.. yuhuuu..

4. Bersahabat dengan berbagai mahasiswa dari etnis yang berbeda, di mana lagi kalau bukan di UKSW?

Variasi Mahasiswa UKSW via http://www.uksw.edu

Teman-teman mu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia membuat mu menjadi kaya dalam budaya. Rasa heran dan terkejut pasti akan terbit diwajah mu ketika mendengar teman-teman mu menceritakan kondisi daerah mereka. Entah itu kondisi pariwisata, makanan khas, pakaian khas, nyanyian khas, pakaian adat dan lain sebagainya. Dan pasti muncul rencana dalam hati mu untuk menabung dan travelling ke daerah tersebut suatu saat nanti.

5. Ketika teman-temanmu berusaha meniru dialeg atau bahasa dari daerah asal mu, tetapi tidak mendarat sempurna di kuping mu

Mahasiswa UKSW via https://www.google.co.id

"e.. Markus, ko mau pi mana ?"

"Ngana mo pi mana dang?"

"beta mau pigi sana"

"Koe meh nengndi ?"

Setelah lulus dari UKSW, kamu pasti sudah pernah menggunakan setidaknya 3 sampai 4 dialeg dari beberapa teman-teman mu yang berbeda etnisnya. Ketika bertemu dengan teman papua, dialeg papua secara spontan keluar dari mulut mu. Ketika berpapasan dengan teman mu yang berasal dari Manado, Kupang, Toraja, dan lain sebagainya, dialeg khas teman-teman mu itu mulai melekat juga dalam diri mu sehingga dengan lincah ataupun terbata-bata, bisa keluar dari mulut mu. Dan sebaliknya ada juga teman-teman mu yang berusaha mengikuti dialeg/bahasa daerah mu namun sayang kurang mendarat dengan sempurna dikuping mu.. hehe

6. Teater Tilar, Teater FBS dan Koser Musik FSP Menjadi penghibur hati kala banyak tugas menanti

Ya.. UKSW memiliki banyak Kegiatan Bakat Minat (KBM) yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Teater Tilar adalah salah satunya. KBM yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis ini memiliki personil yang bukan hanya dari mahasiswa FEB, tetapi dari berbagai fakultas. Suguhan dari teater Tilar selalu menjadi pencair kepala saat isi kepala sudah hampir beku dengan banyaknya tugas-tugas kuliah. Selain itu, ada juga teater FBS yang selalu diadakan setiap tahunnya dengan tema yang unik dan konsep yang berbeda. Tak dapat dipungkiri, teater FBS ini mampu menghipnotis bukan saja seluruh komponen UKSW tetapi juga orang-orang dari luar UKSW. Tak ketinggalan konser-konser musik yang sering diadakan oleh Fakultas Seni Pertunjukkan (FSP). Tentunya tak kalah serunya dengan konser artis-artis papan atas dunia.. woooww..

7. Kegiatan rutin saat kuliah usai : nongkrong di depan kantor fakultas

Kanfak FTI via https://www.google.co.id

Nongkrong didepan kantor fakultas adalah hal rutin yang sering dilakukan saat kuliah usai. Banyak hal yang dilakukan disana, entah itu bercerita, diskusi tugas ataupun hanya sekedar duduk dan mengamati orang lalu lalang. Hal seperti ini memang hanya bisa dinikmati ketika masih menjadi mahasiswa. Dan kenangan itu akan menjadi bahan cerita yang tak ada habisnya ketika berjumpa dengan sesama teman nongkrong dulu.

UKSW, kampus Indonesia mini, kampus hijau, kampus yang penuh dengan kreatifitas penghuninya, kampus yang tetap memiliki ruang dihati ketika kaki harus pergi untuk berbakti.. (Kz)