Buat para traveller yang ingin berkunjung ke Korea Selatan dengan budget pas-pas an, destinasi dan kegiatan ini bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan biaya apapun, yuk disimak!

1. Melihat Street Performance di Hongdae

Hongdae Street Performance

Hongdae Street Performance via http://project-korea.com

Dikarenakan lokasinya yang dekat dengan Universitas Seni, Hongik University, Hongdae menjadi titik kumpul para seniman muda lokal yang sering menunjukkan bakat mereka melalui street performance, mulai dari menyanyi, dance, rap, pertunjukan sulap hingga Kpop Cover. Masyarakat maupun para turis dapat menikmati pertunjukkan mereka secara gratis. Terletak di Hongdae, Eolmadag-dong, di antara subway exit 8-9 line 2, street performance di Hongdae ada hampir setiap malam jika cuaca mendukung, dan biasanya sangat ramai jika hari Jumat dan Sabtu.

2. Mendaki Gunung Namsan

Jalan menuju gunung Namsan

Jalan menuju gunung Namsan via http://4comes7seas.com

Gunung Namsan adalah salah satu gunung yang terkenal di Seoul, meskipun terdapat berbagai alternatif untuk mencapai puncaknya seperti kereta gantung, namun tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Namsan yang tentu tidak dipungut biaya. Pemerintah setempat sudah menyediakan jalur mendaki yang aman, dengan jalan ber-paving dan petunjuk arah yang sangat jelas, selain itu pendaki juga dapat menikmati pemandangan sekitar, terutama jika musim semi tiba.

3. Mencoba Baju Tradisional Korea (Hanbok)

Trying Hanbok

Trying Hanbok via http://korea.net

Advertisement

Pemerintah Korea Selatan menyediakan Hanbok Experience bagi para turis asing secara gratis. Kamu bisa mencoba menggunakan Hanbok/Baju Tradisional Korea secara gratis di berbagai Spot di Seoul, salah satunya di Seoul Culture Centre di daerah Myong-Dong dan Korea Tourism Office di Cheonggyecheon-ro.

4. Menikmati pemandangan bangunan-bangunan tua di Hanok Village

Hanok Village

Hanok Village via http://wikipedia.com

Hanok Village adalah sebutan dari desa tradisional di Seoul yang penuh dengan bangunan berarsitektur kuno yang sangat terawat, desa ini menjadi spot destinasi para turis untuk menikmati suasana zaman kerajaaan Joseon dan juga sering dijadikan lokasi syuting berbagai drama. Banyak spot-spot foto yang bagus buat kalian yang hobi photography. Hanok Village ini terletak di daerah Bukchon.

5. Berjalan-jalan di K-Star Road

Gangnam KPop road

Gangnam KPop road via http://visitseoul.com

Terletak di antara stasiun Apgujeon Rodeo dan Cheongdang, untuk kalian para penggemar KPop, di sekitar jalan ini berderet berbagai GangnamDolls yang ditanda-tanganin langsung oleh para bintang Kpop seperti EXO, BTS, CNBlue, Super Junior, TVXQ, Girls Generation, SHINee dan masih banyak lagi. Masih dalam blok GangnamDolls terletak beberapa kantor agency ternama seperti SM dan JYP Entertaiment.

6. Berfoto di KBS Exhibition Hall

DOTS Set

DOTS Set via http://google.com

Advertisement

Untuk kalian penggemar drama Korea atau acara variety Korea, kalian bisa melihat berbagai karya KBS dari mulai radio, tv, acara variety, dan lain lain yang ditunjukkan layaknya sebuah museum. Masuk ke KBS Exhibition Hall ini tentu tidak dipungut biaya, terdapat brosur mengenai isi dari Exhibition Hall dengan berbagai bahasa. Berbagai standee dengan aktor favorit di drama favorit kalian seperti Descendant of the Sun dan Love In The Moonlight juga ada.

7. Berkunjung ke Istana Kerajaan

Upacara Pergantian Pengawal

Upacara Pergantian Pengawal via http://onedaykorea.com

Menikmati megahnya bangunan kuno zaman kerajaan Joseon, di Istana Gyeongbokgung, Jongno-gu, para pengunjung juga bisa masuk ke dalam bekas istana kerajaan ini tanpa dipungut biaya, serupa dengan para pengawal istana di Inggris, para pengawal istana di sini juga menarik perhatian para dengan pakaian tradisional mereka, pengunjung juga dapat menikmati upacara pergantian pengawal di waktu-waktu tertentu.

8. Menikmati Pertunjukan Air Mancur di Jembatan Banpo

Rainbow Fountain

Rainbow Fountain via http://theseoulguide.com

Jembatan Banpo adalah salah satu jembatan yang terbentang di sungai Han yang menjadi penghubung antara distrik Seocho dan Yongsan. Jembatan bampo memiliki air mancur terpanjang yang berada di jembatan di dunia. Pada malam hari, air mancur ini dihiasi lampu dengan berbagai warna. Dengan alunan musik, pertunjukan air mancur di jembatan banpo menyala setiap hari dari bulan April hingga Oktober, 2 hingga 6 kali sehari selama 20 menit, dan dapat dinikmati secara gratis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya