Kamu konsumen kaos distro? Kaos dari distro mana yang sering kamu kunjungi dan beli? Apakah kaos yang kamu beli merupakan produksi dari clothing line Indonesia yang mendunia? Jika iya, betapa bangganya kamu bisa mengunakan kaos produksi clothing line yang bisa berkiprah di kancah dunia. Lalu apa sih clothing line itu? Apa saja distro clothing line Indonesia yang mendunia? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Eits, kamu sudah tahu dulu belum apa itu clothing line?

Clothing Line via http://berkaos.com

Clothing line merupakan istilah yang umumnya digunakan untuk sebuah bisnis brand di bidang clothing. Bisnis ini biasanya memproduksi brand-brand karya mereka sendiri. kKarya inilah yang kemudian dipasarkan melalui distro, outlet ataupun melaui media sosial secara online.

Bisnis clothing line bisa dikatakan bisnis yang sulit. Mengapa? Sebab bisnis ini membutuhkan kepiawaian dan keseriusan dalam memproduksi karya dan mendistribusikannya. Selian itu, dibutuhkan pula strategi pemasaran dalam memperkenalkan brand-nya.

Berkembangnya zaman membuat bisnis ini juga ikut berkembang. Nah, apa saja ya distro clothing line Indonesia yang mendunia? Ini dia!

2. Peter Says Denim; salah satu clothing line yang pasti sudah akrab di telinga kalian

Advertisement

Peter Says Denim via https://petersaysdenim.com

Jika kamu mengoleksi celana jeans dengan brand dari beberapa musisi seperti Silverstein, The Almost, Sky Eats Airplane pasti kamu tidak asing dengan merk celana jeans Peter Say Denim.

Eits, ketika membaca merek Peter Says Denim pasti kamu mengira brand ini adalah produk-produk luar negeri, 'kan? Hahaha. Padahal apa yang kamu kira salah! Brand ini adalah produk asli Indonesia.

Produk ini digawangi oleh Peter Firmansyah dan didirikan pada tahun 2008. Selang 3 tahun kemudian, brand clothing line mulai meng-endorse band luar negeri. Alhasil, Peter Says Denim pun mulai mendunia.

3. Bagaimana dengan Crooz? Sudah pernah dengar atau bahkan membelinya?

Crooz Cloth via https://www.facebook.com

Crooz adalah salah satu distro clothing line Indonesia yang mendunia. Hal itu tidak perlu diragukan keberadaannya dan ketenarannya. Sebab pemasaran mereka sudah sangat luas terhadap band dalam maupun luar negeri, seperti Thirteen, Pe Wee Gaskins, dan Sweet As Revenge.

Brand Crooz ini didirikan pada tahun 2003 oleh Max Praditya. Saat ini Crooz telah memiliki banyak outlet di berbagai belahan dunia seperti Singapura, Filipina, Jepang dan masih banyak yang lainnya.

4. Ouval Research. Wuiih, dari namanya saja sudah kebayang ‘kan gimana kerennya!

Ouval Research via http://rschtruetype.com

Dibandingkan dengan dua clothing line yang telah disebutan, Ouval Research lebih lama berdiri di Indonesia yakni sejak tahun 1997 oleh Trio Rizki, Mazkom dan Firman.

Pada awalnya, brand ini hanya memproduksi kaos dengan print unik yang identik dengan street style, sangat berjiwa muda. Namun akhirnya brand ini mulai memproduksi tas, sepatu, MP3, dll.

Usaha, keseriusan dan kerja keras mereka pun membuahkan hasil hingga produksi sangat berkembang pesat hingga merambah ke luar negeri seperi Singapura dan Jerman. Wow!

5. Suicide Glam; anak muda banget sehingga kini mampu mendunia!

Suicide Glam via https://www.instagram.com

Brand Suicide Glam ini berdiri karena terinspirasi dari clothing line yang booming pada tahun 2000-an. Pendirinya adalah Rudolf Dethu dari Kutha, Bali. Brand ini memiliki konsep perpaduan karakter musik dan fashion. Hal yang sangat menonjol dari brand ini adalah Marking Rock dan Rock Punk Glam.

Hubungan pertemanan yang baik antara pendiri dan pengunjung toko; yang kebanyakan berasal dari luar negeri, menjadi salah satu modal utama berkembangnya brand ini. Saat ini pun akhirnya sudah menembus pasar ekspor yang bisa kamu temukan di berbagai negara seperti Kanada, Jepang, Kolombia, Jerman dan Australia.

6. Yang nggak kalah hits dan desainnya bajunya keren-keren, Deadheartz For Life

Deadheartz For Life via http://deadheartz.net

Setelah brand Peter Says Denim dan Ouval Research, Bandung ternyata juga memiliki distro clothing line yang mendunia, yaitu Deadheartz For Life. Ya, Bandung memang rajanya clothing line maupun fesyen di Indonesia. Wajar jika beberapa distro di kota Kembang ini mendunia dan membawa harum nama Indonesia.

Clothing line Deadheartz For Life ini didirikan pada tahun 2008. Saat ini Deadheratz For Life telah Memiliki banyak pembeli dari luar negeri seperti Singapura dan Amerika, serta masih banyak lainnya.

Bagaimana? Ternyata banyak juga 'kan distro clothing line Indonesia yang mendunia? Makin bangga menjadi warga Indonesia, deh. Yuk, kita mulai mandiri dengan mencintai produk dalam negeri!