Dalam menjalani kegiatan, kadang tidak semua berjalan sesuai keinginan, tidak terkecuali kuliah. Banyak mahasiswa yang setengah-setengah saat kuliah, padahal tidak terhitung jumlah mereka yang meninggalkan kampung halaman masing-masing untuk menimba ilmu. Ini tentu akan berdampak kurang baik bagi mereka dan orang-orang yang menaruh harapan supaya mereka keluar dari kampus dengan bangga.

Oleh karena itu, berikut lima hal yang bisa membuatmu semangat kuliah:

1. Keluarga sebagai motivasi saat kehidupan kampus mulai membuatmu jenuh.

Setiap orang yang bekerja pasti menginginkan sesuatu sebagai imbalan dan apa yang mereka ingin dapatkan harus seimbang dengan pengorbanan yang mereka bua. Ayah dan ibumu sudah bekerja lama dan mereka pasti berharap banyak padamu dan ingin melihatmu meraih cita-citamu. Jadi, tetap semangat kuliah, raih IPK yang memuaskan, dan buat keluargamu bangga saat kamu bertemu dengan mereka!

2. Bergaulah dengan mereka yang memberimu semangat. Mereka yang tak segan membantumu di saat-saat paling berat.

Teman yang semangat kuliah. via http://health.liputan6.com

Selain keluarga, lingkungan positif di kampus juga bisa membuatmu semangat kuliah. Di perkuliahan, pilih-pilih teman bisa dibenarkan, lo. Kalau kamu bergaul dengan teman yang semangat kuliah, kamu bisa terbawa arus pergaulan positif. Sebagai contoh, kalau kamu kerja kelompok dengan orang yang semangat kuliah dalam waktu yang lama, sebelum kamu sadari, kamu lebih bersemangat menjalani kehidupan kampusmu. Sebaliknya, kalau kamu kerja kelompok dengan orang yang kurang semangat kuliah, lama-lama kamu akan kehilangan semangat kuliahmu. Jadi, sekali lagi, pilih-pilih teman bisa dibenarkan, lo.

3. Jadikan pekerjaan impian motivatormu. Pekerjaan yang kamu impikan bisa membangun masa depan yang cerah.

Advertisement

Setelah lulus, pasti banyak dari kalian yang ingin dapat pekerjaan impian. Tapi, mendapatkannya butuh perjuangan, karena pencapaian akademis seperti IPK dan aktivitas di kampus seperti aktivitas di himpunan mahasiswa akan dilihat oleh perusahaan dan keduanya adalah bahan pertimbangan untuk merekrutmu karena mereka bisa melihat seperti apa dirimu waktu kuliah. Dengan kata lain, memaksimalkan kuliahmu bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impian dan tentu membuat dirimu sendiri bangga.

4. Raihlah beasiswa yang bisa membantumu melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi dan mendapatkan bantuan dana.

Beasiswa bisa membantumu mewujudkan keinginanmu. via https://d17b1stq82ojj.cloudfront.net

Buat kamu yang masih ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam atau luar negeri atau mendapat bantuan dana, beasiswa bisa membantu membuat keinginanmu jadi nyata. Sama seperti pekerjaan, penyelenggara beasiswa juga melihat pencapaian akademis dan aktivitas di kampusmu. Tingkatkan IPK dan kegiatan organisasi di kampus supaya kamu lebih dinilai berhak untuk mendapatkan beasiswa. So, keep your spirit up. Scholarship awaits!

5. Buatlah kenangan indah di kampus.

Kenangan indah di kampus via http://www.hercampus.com

Kalau kamu mendapat hasil positif setelah bertahun-tahun berjuang, kamu pasti akan mengenang pencapaian itu. Begitu pun dalam kuliah. Kalau kamu bisa lulus dengan nilai tinggi dan aktif di kampus, kamu pasti akan merasa bangga dengan senyum lebar saat wisuda nanti. Orang tua dan teman pun juga sendirinya akan kagum saat mengetahui pencapaianmu. Akhirnya, kenangan itulah yang akan membuatmu lebih pede menatap masa depan.