Selain wisata jalan-jalan, bagi anda yang ingin mencari alternatif lain, bisa mencoba suasana baru seperti camping. Tentu saja, tak semua wisatawan suka camping, apalagi camping umumnya dilakukan di kawasan-kawasan terpencil seperti pegunungan dan jarang terdapat keramaian seperti di tengah kota. Kalau anda merupakan salah satu orang yang ingin mencoba camping, ada beberapa hal yang perlu disiapkan nih, apalagi untuk para first timer. Ini dia daftarnya.

 

1. Carilah informasi seputar tempat kemah tersebut, terutama kelayakannya.

Papandayan Camping Ground via http://vespabackpacker.blogspot.co.id

Tak semua pegunungan, bukit ataupun dataran-dataran lainnya bisa dijadikan sebagai tempat camping. Carilah lokasi yang benar-benar layak bahkan kalau bisa memang resmi digunakan atau dioperasikan sebagai tempat camping.

2. Tentukan tenda seperti apa yang kamu perlukan.

Mencari tenda adalah hal terpenting, karena selama camping kamu akan tinggal didalam tenda tersebut. Tenda haruslah punya struktur kokoh dengan bahan yang baik. Selain itu, jangan membeli tenda yang berat karena akan menyusahkanmu terutama saat pendakian. Kemudian, yang tak boleh dilupakan adalah memasang lapisan jas hujan.

3. Persiapkan aneka peralatan yang diperlukan selama berkemah.

Advertisement

Camping Gears via http://pinterest.com

Camping tidak sama dengan tidur di dalam hotel. Jika di hotel, fasilitasnya tentu lengkap mulai dari restoran hingga bathtub. Kamu tak perlu susah juga untuk mencari makan karena semua tersedia. Beda halnya dengan ditempat camping, mungkin kamu perlu untuk membawa kompor kecil, beberapa makanan instan, dan alat lainnya yang kamu perlukan.

4. Buatlah jadwal kegiatan selama di tempat kemah.

Camping activity via https://pandaneo.com

Di sekitar tempat kemah biasanya tak terdapat apapun, jadi benar-benar anda menikmati suasana alam. Namun, anda bisa membuat hal tersebut menjadi menyenangkan dengan cara merencanakan aneka kegiatan bersama dengan teman-teman ataupun keluarga. Misalnya saja bermain kartu bersama, main gitar, menyanyi, dan lain sebagainya.

5. Umumnya tempat kemah susah sinyal, jadi sediakanlah kompas ataupun peta setempat.

map and compass via http://pegfitzpatrick.com

Apabila anda berkemah di pegunungan dan jauh dari perkotaan, mencari jalan kembali terkadang bukanlah hal yang mudah. Bisa jadi anda lupa akan arah pulang, dan disaat-saat seperti ini, handphone atau peralatan elektronik mungkin tak membantu karena di pegunungan umumnya susah sinyal. Disaat seperti inilah, anda memerlukan bantuan kompas.