Hidup di perantauan tidak mudah untuk dilalui. Banyak sekali rintangan dan tantangan yang dihadapii. Well... Well... Well... karena kita jauh dari orang tua, tentunya banyak sekali yang harus kita atur. Mengatur segalanya, mulai dari hal kecil hingga hal terbesar. Maklumlah, apa-apa harus dilakukan secara mandiri. Dan yang nggak kalah penting yang harus dilakukan oleh anak rantau yaitu kita harus menjaga kesehatan. Karena di mana pun kita berada meskipun punya teman yang satu daerah tetap saja kita tidak boleh menggantungkan diri kepada teman. So...hidup sehat itu harus dipenuhi dengan sugesti yang positif. Selain itu, biasanya anak rantau juga berpikir untuk hidup ala kadarnya dan hemat. Untuk hidup sehat nggak perlu mengeluarkan biaya yang besar kok gaesssssss.

Kalian tau nggak sihhh? biaya untuk kesehatan kulit dan gaya yang hidup yang sehat itu sangatttttttt murahhhhhhhhhh bingggooo dan praktisss. Ini nih caranya!

1. Bersugesti hal yang positif

Guys ini penting banget lho buat kalian memperbanyak bersugesti positif. Bersugesti positif memiliki banyak sekali manfaatnya. Beruntung banget kalau kalian adalah salah satu orang yang selalu bersugesti positif. Orang-orang yang bersugesti positif pasti memiliki kepercayaan diri yang tinggi, bisa mengatur waktu dan mengatur berbagai hal, semakin fokus dan tentunya lebih sehat. Lhoo… lhoo.. kenapa? karena semakin berpikiran positif, mereka jauh lebih bahagia hidupnya, dapat mengatasi stres, dapat mengontrol emosi dan memiliki ketenangan dalam menjalani hidup. Dengan seperti itu berpengaruh terhadap tubuh dan kesehatan kamu guys.

2. Memperbanyak konsumsi makanan sehat

Healty food

Healty food via https://www.facebook.com

Salah satu yang mestinya harus temen-temen lakukan adalah memulai hidup dengan mengatur pola makan yang sehat. Semakin kamu menjaga makan dengan makan makanan sehat, semakin sehat juga kesehatan dan pola hidup kamu. Beberapa yang bisa kamu konsumsi yaitu buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan, sereal, yoghurt, dan telur. Gampang banget buat mendapatkan makanan sehat tersebut. Misalnya, pergi membeli buah-buahan atau sayur mayur atau kacang-kacangan di pasar tradisional dan di supermarket-supermarket terdekat di daerah kalian. Di sana kalian akan mendapatkan apa yang kalian butuhkan.

3. Kurangi mengkonsumsi gorengan secara "berlebihan"

Advertisement

Alamakkkkkkk… Kenapaaaaaa?? Apa salahnya kalau kita makan gorengan?? Welllll.. santai guys.. Sebenarnya memakan gorengan tidak ada yang menyalahkan. Namun, pertama-tama ada baiknya kita melihat terlebih dahulu bagaimana proses pembuatannya serta bahan-bahan yang digunakan. Entah sudah mendarah daging atau bagaimana, kebiasaan kita adalah tidak terlalu memperhatikan kesehatan kita sendiri pada saat membeli jajanan. Kita boleh kok dan sah-sah aja makan gorengan. Tapi, Jangan terlalu sering (karena sesuatu hal yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan kita), dan lebih baik mengurangi konsumsi gorengan. Ini semua demi kebaikan diri kita sendiri.

4. Perawatan

Perawatan kulit (masker alamai)

Perawatan kulit (masker alamai) via http://belitung.tribunnews.com

Udah dari judulnya aja perawatan. Pasti dalam hati berkata "pasti larange iku". Aduh, aduh sekarang kan nggak harus datang ke salon untuk perawatan atau pergi ke dokter kulit. Ya namanya kita merantau, terus mau hidup sederhana dan hemat. Nggak ada salahnya kita menjadi dokter kesehatan untuk diri kita sendiri. Banyak cara yang dapat dilakukan dengan perawatan ini. Masker wajah, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, lemon, buah alpukat, mentimun serut, dan lainnya. Atau menggunakan masker telur (hanya bagian telur putih, tanpa telur bagian kuning), atau membuat masker dari rempah-rempah. Cara perawatan kulit lainnya adalah lulur atau scrub. Namun, kita juga harus mengetahui kondisi kulit kita. Misalnya tidak ada bagian kulit yang terluka atau penyakit kulit. Pada lulur ada baiknya dilakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu sedangkan scrub baiknya digunakan 2 minggu sekali. Merawat kulit bukan di saat kepepet saja lho. Tapi, merawat kulit dilakukan secara rutin agar kesehatan kulit juga terjaga (ingettt, perawatan sih perawatan asal jangan berlebihan lho yaaaa).

5. Konsumsi air mineral

Alkaline mineral water

Alkaline mineral water via https://es4-life.com

Sangat sulit membudayakan minum air putih dengan benar. Namun, ada baiknya kita lebih mengutamakan konsumsi air putih dibandingkan air yang berwarna atau bersoda. Kebutuhan pada tubuh kita masing-masing berbeda. Kita menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Dan mengkonsumsi air mineral secara berlebihan juga mengakibatkan dampak lain terhadap kesehatan pada diri kita. Minumlah air secukupnya dan konsumsi jangan terlalu berlebih. Karena akan ada dampak negatif pada kesehatan kita di kemudian hari. Minimal minum air mineral 2 liter perhari bagi orang normal.

Advertisement

Ini beberapa tips yang bisa aku bagikan buat kalian. Hidup itu nggak melulu dengan kemewahan. Jika hal sederhana saja sudah membuatmu bahagia, mengapa tidak? Berbenahlah dan hiduplah dengan pola kehidupan yang sehat. Karena sehat itu mahal harganya. Have a good day dan selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya