Cara Kreatif Membagi Ruang Sempit di Rumah Menjadi Lebih Multifungsi

Ruang Sempit Bukan Berarti Mempersempit Kreativitas, Explore Terus dan Lihat Inspirasinya di Sini!

Keterbatasan lahan sekarang menjadi masalah yang semakin serius, terutama di kota-kota besar. Tak heran banyak pengembang rumah fokus membuat hunian mungil demi bisa menarik para pembeli. Karena keterbatasan ini, menciptakan desain interior rumah kecil nan unik menjadi semakin menantang.

Kamu mungkin berpikir rumahmu tidak cukup menampung semua ide-ide yang ada. Padahal, kamu punya banyak cara dalam membagi ruangan rumah, mulai dari membuatnya jadi ruangan multifungsi, hingga membuat sekat-sekat yang tidak terkesan mempersempit rumah. Simak tips menata rumah kecil sederhana dari Arsitag.com berikut ini!

1. Membuat Partisi sebagai Rak

Partisi Multifungsi yang Hemat Tempat

Partisi Multifungsi yang Hemat Tempat via https://www.hgtv.com

Advertisement

Kamu tidak selamanya memerlukan dinding untuk memisahkan dua ruangan yang berbeda. Dengan cara cerdas, kamu bisa membuat partisi yang sekaligus memiliki fungsi lain alih-alih sekadar jadi pembatas. Ruangan di atas misalnya, memanfaatkan partisi berupa rak untuk memisahkan ruang makan dengan ruangan lain di sebelahnya. Menarik, bukan?

2. Partisi sebagai Sudut Baca

Menyulap Partisi Menjadi Area Membaca

Menyulap Partisi Menjadi Area Membaca via https://www.homify.ca

Partisi yang dijadikan rak mungkin sudah sering kamu temukan. Bagaimana dengan partisi yang dijadikan sebagai sudut baca? Dalam desain rumah open plan di atas, dinding putih yang memisahkan antara dua ruangan disulap menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu membaca.

3. Menyusun Berbagai Ruang dalam Satu Garis Lurus

Menata Ruangan dalam Satu Garis Lurus Bisa Menciptakan Ruang Kosong

Menata Ruangan dalam Satu Garis Lurus Bisa Menciptakan Ruang Kosong via https://www.houzz.de

Ini merupakan salah satu cara cerdik menciptakan ruang kosong di tengah rumah. Alih-alih membiarkan ruang baca atau ruang piano dengan pintu tersusun sembarangan, desainer memilih untuk memposisikan ketiganya dalam satu garis lurus.

Advertisement

Hasilnya, tidak hanya tampak rapi seperti sebuah display, desain ini juga bisa menjadi cara menciptakan ruangan yang lebih luas dan leluasa untuk bergerak di dalam rumah.

4. Ranjang Loft untuk Kamar Tidur yang Lebih Luas

Ranjang Loft untuk Kamar Sempit Kamu

Ranjang Loft untuk Kamar Sempit Kamu via https://www.homify.com

Desain loft banyak menjadi pilihan pemilik kamar dengan keterbatasan ruangan. Tidak hanya tampil trendi jika diterapkan di dalam apartemen modern milikmu, ranjang dengan gaya loft juga sangat fungsional ditempatkan dalam rumah mungil.

Karena ranjang sudah dinaikkan ke posisi yang lebih tinggi, bagian bawah bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dari penyimpanan pakaian hingga ruang kerja.

Advertisement

5. Partisi untuk Memisahkan Tempat Tidur dengan Kamar Mandi

Semi Partisi Antara Ranjang dengan Kamar Mandi di Rumah Open Plan

Semi Partisi Antara Ranjang dengan Kamar Mandi di Rumah Open Plan via https://www.homify.com

Kamu mungkin sering melihat desain partisi semacam ini di kamar hotel atau resort. Gaya ini sangat cocok diterapkan di rumah dengan konsep open plan. Salah satu contohnya bisa kamu lihat pada desain kamar di atas.

Sebuah partisi memisahkan antara ranjang dengan kamar mandi. Sementara itu, kamar tidur dengan ruangan lain dibiarkan tanpa pemisah.

6. Memaksimalkan Dinding

Ruang Vertikal adalah Salah Satu Penyelamat saat Kekurangan Space

Ruang Vertikal adalah Salah Satu Penyelamat saat Kekurangan Space via https://www.homify.com

Kali ini bukan partisi yang kamu manfaatkan, tetapi dinding. Maksimalkan dinding yang ada untuk menyimpan aneka koleksimu dengan posisi vertikal. Agar tidak terkesan asal dan berantakan, susun semua barang-barang dengan rapi. Jika khawatir tidak bisa menjaga kerapiannya, mengaplikasikan desain khusus ini di dalam kamar tidur juga bukan ide yang buruk.

Konsep sebenarnya dari penataan rumah kecil adalah bagaimana kamu bisa mengolahnya dengan seefisien mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan setiap ruangnya menjadi ruang multifungsi seperti contoh di atas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE