6 Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat, Bunda Wajib Tahu!

Jika sang buah hati susah untuk tidur, mungkin enam cara ini bisa membantu

Bagi kebanyakan orang tua baru, sebagian besar masih bertanya-tanya Bagaimana cara membuat bayi tidur? Dalam hal menidurkan bayi kadang-kadang terasa seperti misi yang mustahil, terutama dalam beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan pertama dengan bayi Anda yang baru lahir. Itu karena tidak ada dua bayi yang persis sama, dan tidak ada strategi yang cocok untuk semua dalam hal bagaimana membuat bayi tidur di malam hari. Namun demikian, ada beberapa rekomendasi umum yang akan membantu setidaknya mengatur panggung untuk tidur yang baik. apa saja ya? Yuk simak artikel berikut!

1. Mengatur Suhu Ruangan

Photo by Dobromir Dobrev from Pexels

Photo by Dobromir Dobrev from Pexels via https://www.pexels.com

Cara pertama yang Anda lakukan adalah mengatur suhu ruangan. Bayi sendiri tidak akan bisa tidur diruang yang panas atupun terlalu dingin. Oleh sebab itu, Anda dapat mengatur suhu ruangan yang stabil agar si bayi bisa tidur nyenyak.

Biasanya, suhu yang ideal untuk tidak bayi sekitar 21-22 derajat Celsius. Jika bayi terlihat berkeringat, maka Anda dapat menambahkan lapisan kain agar dapat menyerap keringat tersebut. Akan tetapi, jika bayi kedinginan maka Anda dapat menambahkan selimut agar bayi hangat.

Advertisement

2. Beri Pakaian yang Nyaman

Photo by Enrique Hoyos from Pexels

Photo by Enrique Hoyos from Pexels via https://www.pexels.com

Jika Anda menginginkan bayi tidur yang nyenyak, Anda dapat memberikan pakaian dari bahan katun. Hal ini juga diyakini dapat menidurkan bayi secara cepat. Jangan lupa berikan juga popok agar mencegah terjadinya mengompol.

3. Berikan Pijatan Penuh Sayang

Photo by Laura Garcia from Pexels

Photo by Laura Garcia from Pexels via https://www.pexels.com

Cara menidurkan bayi yang paling efektif lainnya adalah memberikan pijatan penuh sayang. Pijatan yang penuh sayang dapat membuat sang bayi nyaman dan rileks.

Pijat bagian lengan, perut dan kaki sebelum tidur. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, maka si bayi akan tidur dengan nyenyak. Berikan juga baby oil sebagai minyak pijat. Jika si bayi sudah tidur, maka Anda dapat mengehentikan pijatan tersebut.

4. Berikan Tempat Tidur yang Nyaman dan Aman

Photo by Gianni Orefice from Pexels

Photo by Gianni Orefice from Pexels via https://www.pexels.com

Pada umumnya, bayi yang ngantuk memiliki tanda-tanda seperti menguap, menggosok-gosok mata, dan matanya terlihat berat. Sehingga Anda dapat membawanya ke teman tidur. Perlu diketahui, jangan lama-lama berkontak mata dengan bayi agar si bayi tidak berinteraksi lagi.

Selain itu, Tutupi kasur dengan seprai yang pas. Pastikan tempat tidur bayi, keranjang bayi, atau halaman bermain Anda memenuhi standar keselamatan saat ini.

Advertisement

5. Mengatur Cahaya Kamar

Photo by Bryan Catota from Pexels

Photo by Bryan Catota from Pexels via https://www.pexels.com

Gunakan cahaya redup ketika Anda perlu merawat bayi Anda di malam hari. Cobalah untuk tidak menyalakan lampu overhead yang terang. Di malam hari, tanggapi tangisan bayi Anda dengan cepat, dan tenangkan atau beri makan bayi sesegera mungkin.

Berikan makanan malam di kamar tidur. Ini akan membantu menjaga agar umpan ini tetap singkat dan membuatnya berbeda dari umpan siang hari. Di malam hari cobalah untuk menenangkan dan menenangkan saat Anda bersama bayi Anda. Cobalah untuk tetap bermain di siang hari.

6. Jauhkan dari Barang yang Dapat Mengganggu Sang Buah Hati

Photo by Dobromir Dobrev from Pexels

Photo by Dobromir Dobrev from Pexels via https://www.pexels.com

Hindari barang-barang dengan tali, dasi, atau pita yang dapat membungkus leher bayi, dan benda-benda dengan ujung atau sudut yang tajam. Carilah hal-hal yang dapat disentuh bayi Anda dari posisi duduk atau berdiri di boks bayi. Menggantung ponsel, hiasan dinding, gambar, gorden, dan tali tirai jendela bisa berbahaya jika berada dalam jangkauan bayi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang Blogger dan penulis di situs-situs media nasional.

CLOSE