Lagi-lagi tentang kuliah, lagi-lagi tentang Jogja. Kalau mendengar kata Jogja, pasti tidak lepas dari mahasiswa dan kehidupannya. Di sini aku ingin memberikan tips bagaimana kalian "seharusnya" menikmati suasana kota ini sebagai mahasiswa semester tua, hingga nantinya kalian tidak akan bisa melupakan kenangan kalian di sana.
 

 

1. Weekdays pagi; hmmm ngapain ya?

Pagi hari di Jogja

Pagi hari di Jogja via http://www.jogjaland.net

Apabila orang lain sibuk buat berangkat beraktivitas, kita tidak demikian. Sebagai orang yang menyandang predikat mahasiswa semester tua, kita tidak akan terpengaruh dengan aktivitas mereka. Cara paling nikmat menikmati weekdays pagi adalah dengan... tidur. Ya, di Jogja sangat disarankan kalian untuk begadang di malam hari dan bangun siang hari. Kalian akan benar-benar bisa merasakan nikmatnya tinggal di kota ini. Tapi ingat bimbingan dosen skripsi jangan dilupakan ya (kalau bisa dinego siang aja ketemuannya).

2. Weekdays siang; saatnya memenuhi perutmu

Rumah makan Padang di Jogja

Rumah makan Padang di Jogja via https://rasarab.files.wordpress.com

Pastikan kalian sudah bangun jam 1 atau jam 2 siang. Saatnya kalian cari makanan untuk "sarapan". Kalian bisa keluar cari makanan padang atau cari burjo buat ngisi perut kalian. Di Jogja, warung makan padang banyak bertebaran apalagi di area-area kampus, tinggal pilih. Mau yang padang asli tapi mahal ada, padang abal-abal yang jual orang jawa? Banyak. Biasanya selain warung makan padang dan burjo, alternatif makan siang lainnya adalah penyetan. Bagi yang tidak tahu, penyetan adalah suatu sebutan untuk menu makanan dengan komposisi: sambal, lalapan, mentimun beberapa iris, dan lauk dengan variasi mulai dari tempe, tahu, terong, ayam, atau ikan.

3. Weekdays sore; saatnya mengisi waktu luang

Kumpul bareng teman-teman

Kumpul bareng teman-teman via http://fitforteen.com

Kalau sudah makan dan perut kenyang, sore hari adalah waktu yang pas untuk hal yang lebih "produktif". Kalian bisa cuci mata sambil joging di area UGM, Kridosono ataupun Tambak boyo. Di sana kalian bisa refreshing dengan nonton cewek-cewek joging yang pake pakaian-pakaian "lucu-lucu". Joging sore hari sangat cocok apabila kalian pergi bersama dengan teman-teman kos kalian. Setelah selesai joging, paling nikmat adalah nongkrong di angkringan atau di burjo. Sambil ngobrol dengan teman, sambil minum nutrisari ditemani dengan gorengan panas.

4. Weekdays malam; makan lagi, berani?

Menu makan malam di Jogja

Menu makan malam di Jogja via http://4.bp.blogspot.com

Badan "mungkin" keringetan habis olahraga, saatnya kalian mandi. Apabila kamar mandi sedang dipakai, kalian bisa menunggu dengan gitaran di teras kos sambil nyanyi-nyanyi ga jelas bareng teman. Jangan lupa makan malam, namun buat makan malam selain angkringan, kalian harus merasakan nikmatnya makan jam 12-1 malam di burjo, lagi-lagi dengan teman.

Di malam hari kalian bisa menikmatinya dengan menonton film hasil copy-an dari warnet ataupun dengan gitaran dengan temen (lagi dan lagi terus) sambil minum kopi dan sebatang tembakau. Namun setelah seharian berjalan fun-fun aja, biasanya menjelang tidur pikiran kalian akan gelisah. Kalian akan kepikiran problematika kuliah kalian yang belum kelar.

5. Weekend pagi; Free time

Enggak tahu entah mengapa, apabila lagi keluar pagi-pagi pas weekend rasanya nyaman banget. Kalian bisa menikmati suasana di burjo sambil minum kopi, melihat jalan-jalan. Rasanya beda dengan pas weekdays. Tiba-tiba kalian lupa kalau kalian belum tidur.
 

6. Weekend siang; tidur lagi? OMG

Tidur pulas

Tidur pulas via http://cdn2.tstatic.net

Waktunya tidur. Kalian bisa tidur jam 9-11an dan bangun sore hari. Namun seperti biasa, sebelum tidur kalian akan dihantui urusan kampus yang belum selesai.

7. Weekend sore; saatnya jalan-jalan

Sore hari di Jogja

Sore hari di Jogja via http://4.bp.blogspot.com

Waktunya ngapelin pacar (kalau punya sih). Jam 4-5an kalian bisa jemput pacar kalian buat pergi jalan-jalan menikmati macetnya Jogja pas weekend. Oh iya jangan lupa makan lho ya.

8. Weekend malam; saatnya nongkrong sampe puas

Nongkrong di angkringan

Nongkrong di angkringan via http://assets-a1.kompasiana.com

Nongkrong di kafe atau nogkrong di angkringan sama aja nikmatnya. Kalian bisa nongkrong dan ngobrol sampe larut, namun inget pulangin pacarnya ya. Setelah pulang, biasanya pas weekend lagi ada pertandingan bola liga Eropa. Buat kalian yang seneng bola bisa nonton di kos rame-rame sampai pagi.

Aktifitas di atas telah sukses membuatku sangat rindu sekali dengan suasana Kota Jogja, namun kalian harus sadar bahwa kita tidak bisa hidup seperti itu terus. Inget masa depan, selesaikan kuliah. Apabila suatu saat kalian sudah meninggalkan Jogja, entah itu balik ke kampung halaman ataupun pergi merantau bekerja, kalian akan amat sangat merindukan suasana-suasana di atas.

Kalian akan merindukan teman-teman senasib se-kos yang kemana-mana selalu bersama. Merindukan suasana santai dan the best quality time yang akan hampir mustahil kalian dapatkan apabila bekerja. Namun sekali lagi, suasana itu hanya bisa kalian kenang.

Saatnya untuk menata masa depan, membuat calon-calon kenangan baru di tempat yang baru tanpa menghilangkan kenangan-kenangan manis di atas. Jogja dan kehidupannya akan selalu ada dalam hati tiap "alumninya".

Tulisan ini adalah murni pengalaman dari penulis. Jangan lakukan tips di atas apabila kalian tidak siap dengan konsekuensinya.