Cara Amankan Ponsel Agar Terhindar dari Pencurian Data. Rajin Update Aplikasi Salah Satunya

hindari pencurian data ponsel

Tak dapat dipungkiri, kehadiran teknologi saat ini menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sehari-hari. Seperti kehadiran smartphone, yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia.

Selain digunakan untuk berkirim pesan, smartphone juga dapat menunjang aktivitas sehari-hari seperti bermain game, nonton film, membuat konten, mendengarkan musik, dan lain-lain. Begitu banyaknya manfaat smartphone membuat perangkat berisi sejumlah file berupa data pribadi dan file lain yang berharga.

Namun apakah kalian tahu? Keamanan smartphone tentunya menjadi prioritas utama saat ini, ya mengingat banyak sekali kasus pencurian data dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, yuk simak lima langkah mudah memeriksa keamanan smartphone yang dirangkum dari Techbiz.

Advertisement

1. Periksa aplikasi

Illustrasi aplikasi Android

Illustrasi aplikasi Android via http://tirto.id

Perangkat ponsel saat ini dapat mengunduh berbagai aplikasi yang disediakan developer, baik dari situs resmi maupun dari penyedia konten aplikasi seperti Google Play Store atau App Store.

Saking banyaknya aplikasi yang diunduh, terkadang pengguna tidak memperhatikan aplikasi-aplikasi tersebut. Yang pada akhirnya, hanya menumpuk dan membuat memori internal menjadi penuh.

Advertisement

Telusuri dengan cermat dan lakukan penghapusan pada aplikasi yang tidak digunakan. Selain dapat menghemat ruang internal, hal tersebut juga dapat mencegah smartphone terinfeksi virus karena aplikasi tidak di-update.

2. Perizinan aplikasi

Izin Aplikasi Android

Izin Aplikasi Android via http://androidauthority.com

Pernahkah kalian mendapatkan jendal pop-up yang menanyakan “Izinkan aplikasi ini untuk mengakses lokasi perangkat”? ya pada dasarnya kita harus memberikan izin tersebut, karena terkadang aplikasi membutuhkan akses lokasi agar dapat berjalan dengan baik.

Jadi pastikan untuk memberikan izin aplikasi seminimal mungkin untuk menghindari data pribadi yang dapat dikumpulkan.

Advertisement

3. Perbarui aplikasi

Illustrasi update aplikasi

Illustrasi update aplikasi via http://docs.imanage.com

Melakukan pembaruan pada semua aplikasi sangat penting, karena dapat memperbaiki segala bug, atau yang lebih dikenal dengan celah. Selain memperbaiki bug, pembaruan juga dapat memperkuat kerentanan aplikasi dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Segera periksa pembaruan melalui pihak penyedia seperti Google Play Store atau App Store.

4. Pasang antivirus

Illustrasi anti-virus smartphone

Illustrasi anti-virus smartphone via http://idntimes.com

Anti-virus sangat berguna bagi keamanan perangkat. Ada banyak sekali anti-virus yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Silahkan unduh anti-virus yang menurut Anda bagus dan memiliki sistem keamanan yang tangguh. Hal ini dapat memaksimalkan keamanan perangkat dari pencurian data atau hal lain yang tentunya merugikan pengguna.

5. Perbarui sistem operasi

Software update Mac OS

Software update Mac OS via http://macworld.co.uk

Setiap perangkat, pasti memiliki sistem operasi yang berfungsi sebagai media komunikasi antara pengkat keras dengan pengguna. 

Sistem operasi pada smartphone wajib kalian perbarui jika sudah tersedia pembaruan. Hal ini tentunya akan meningkatkan keamanan perangkat dari serangan virus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pria ini sangat gemar didunia programming. Menguasai bahasa program diantaranya HTML, CSS, PHP dan Java Script. Selain didunia programming, pria ini gemar membaca dan editing video.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE