#CatatanAkhirTahun – Sudah Pergantian Tahun, Apa yang Harus Aku Lakukan?

New year, New me!

Begitulah status yang di-update oleh teman-teman sewaktu tahun baru tiba. Mungkin di tahun yang sudah terlewati ada banyak penyesalan-penyesalan dalam diri sehingga banyak orang yang menempatkan ekspektasi baru di tahun yang baru. Banyak yang berharap dengan pergantian tahun ini akan membawa perubahan baru yang lebih baik. Padahal, itu semua bisa terjadi kalau diri kita sendiri juga mau dan siap untuk berubah. Tapi masalahnya, masih banyak yang belum tahu harus melakukan apa untuk mencapai semua perubahan itu, termasuk aku. Ada satu pertanyaan yang terus terngiang-ngiang saat pergantian tahun tiba.

Jadi, aku harus gimana sekarang?

Mungkin ada beberapa SoHip disini yang punya pertanyaan yang sama kaya aku. It's okay, gapapa kok untuk bingung sementara ketika akan mulai sesuatu yang baru, asal bingungnya nggak terlalu lama aja, hehe.

Perubahan baik yang dimaksud disini aku artikan sebagai resolusi. Setiap orang tentunya punya resolusi tahun baru yang ingin dicapai dong. Tapi nggak semua orang tahu cara untuk mencapai resolusi ini gimana. Nah, buat yang masih bingung, aku punya tips nih. Tipsnya yaitu dengan menganggap resolusi-resolusi itu sebagai sebuah project yang harus kamu lakukan setahun penuh. Dalam project ini, kita berperan sebagai stakeholder, project manager, dan client-nya itu sendiri. Istilahnya, project ini dilakukan oleh kita dan untuk kita sendiri, karena kalau bukan kita, siapa lagi? Dan dari yang pernah aku pelajari dari kelas Project Management, dalam sebuah project, ada langkah-langkah yang harus kita lakukan. Apa saja yang harus dilakukan? Kita lihat penjelasannya di bawah ini yuk!

Advertisement

1. Menuliskan apa saja yang ingin dicapai pada tahun ini

Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels via http://www.pexels.com

Pertama, kita perlu menuliskan kira-kira apa sih yang ingin kita capai tahun ini. Misal, di tahun ini aku pengen lulus kuliah dan pergi ke Korea Selatan. Atau mungkin ada teman-teman yang pengen nikah di tahun ini. Bisa juga misal ada temen-temen kpopers yang pengen ketemu oppa dan nikah sama oppa di tahun ini. Yang penting tulis dulu aja semua yang ingin dicapai di tahun ini. Kalau boleh saran sih yang realistis-realistis aja ya, SoHip! hehe.

2. Membuat prioritas apa yang perlu dicapai terlebih dahulu

Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels

Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels via http://www.pexels.com

Dalam membuat prioritas, tentukan kira-kira mana saja tujuan yang punya tenggat waktu dekat atau tujuan yang paling mendesak. Dengan membuat prioritas, kita bisa lebih fokus dalam mencapainya dan memudahkan kita dalam langkah selanjutnya, yaitu membuat rencana langkah yang harus dilakukan.

Advertisement

3. Merencanakan langkah-langkah yang harus dilakukan

Foto dari Pexels

Foto dari Pexels via http://www.pexels.com

Selanjunya, tahap yang cukup penting juga nih, SoHip. Di tahap ini kita bisa membuat rencana langkah-langkah yang harus dilakukan. Contoh, kalau misal ada SoHip yang pengen lulus kuliah, berarti SoHip harus segera menyelesaikan skripsinya.

Atau misal ada SoHip yang pengen nikah sama oppa, berarti SoHip harus pergi ke Korsel dan memantaskan diri buat Oppa. SoHip juga harus mencari alasan buat pergi ke Korsel, nggak mungkin pergi tanpa tujuan bukan? Misal SoHip bisa merencanakan untuk pergi ke Korsel untuk melanjutkan kuliah, dan lainnya.

Terkadang, beberapa tujuan resolusi bisa dilakukan secara bersamaan. Seperti menyelesaikan skripsi dan mencari tempat magang. Tapi juga beberapa tujuan resolusi tidak bisa dilakukan secara bersamaan karena membutuhkan fokus, di tahap inilah semua itu bisa terlihat. Apapun itu, kita harus bisa membuat rencana yang jelas dan sedetail mungkin yang sekiranya sanggup untuk dilakukan. Ohiya, jangan lupa untuk membuat plan b, plan c, dan rencana cadangan lainnya, ya!

Advertisement

4. Menjalani semuanya dengan penuh kesabaran dan optimis!

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels via http://www.pexels.com

Dalam tahap ini, tentunya dibutuhkan kesabaran dan fokus yang tinggi. Nggak semua hal bisa kita dapatkan dan nggak semua hal bisa terjadi sesuai dengan yang kita inginkan. Kadang memang ada hal-hal yang terjadi di luar kendali kita. itulah pentingnya kita punya rencana cadangan dan fleksibel dalam setiap keadaan.

Ingat bahwa yang penting adalah tetap fokus dan optimis, juga berdoa tentunya. Apapun halang rintangnya, percaya saja bahwa semuanya bisa dilewati!

5. Memberi apresiasi ketika satu-persatu resolusi tercapai

Foto oleh Andre Furtado dari Pexels

Foto oleh Andre Furtado dari Pexels via http://www.pexels.com

Langkah yang terakhir adalah menutup semuanya dengan evaluasi serta apresiasi diri sendiri (juga pihak-pihak yang ikut terlibat). Perjalanannya memang tidak mudah, tapi pada akhirnya akan tercapai juga. Apa yang sudah dilewati, jadikan pelajaran agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Jangan lupa ucapkan terima kasih dan selamat buat diri sendiri, ya SoHip. Kalau ada budget lebih, boleh banget beli hadiah buat diri sendiri sebagai tanda apresiasi juga penyemangan untuk terus maju dan mencapai resolusi lainnya.

Itu dia tips dari aku, semoga berguna buat SoHip semuanya ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Just a jurnal of Dina's ordinary days. Stay be yourself, love yourself, and be kind to everyone!

CLOSE