Setiap belahan dunia dengan wanita-wanitanya yang sepesial bagaimanapun bentuk cantiknya selalu punya kebiasaan baik yang tentunya di tujukan untuk menjaga cantik versi mereka. Karna tanpa kebiasaan baik dalam merawat kulit, kesehatan dan kecantikan kulit akan sulit untuk didapatkan. Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang bisa kita tiru untuk kesehatan kulit.

1. Mencuci muka dengan sabun di pagi hari

Kebanyakan dari kita terbangun di pagi hari dengan muka yang berminyak. Keadaan tersebut mendorong kita untuk membersihkan muka dengan sabun pembersih di pagi hari. Sebenarnya kebiasaan ini tidak baik untuk kulit muka kita. Menurut pakar kecantikan Arleen Lamba, M.D dari Blush Med Skincare di Maryland, Amerika Serikat, yang dilansir dalam doktersehat.com menyebutkan saat kita tertidur, kulit melakukan pembersihan dan perbaikan diri secara alami dengan memproduksi minyak alami.

Advertisement

Jika kita justru membersihkan minyak ini, kita justru akan mengurangi keseimbangan pada kulit wajah di pagi hari. Membersihkan muka dengan sabun di pagi hari justru akan merusak pelindung alami kulit kita dan membuatnya lebih sensitif. Lagi pula saat malam hari setelah membersihkan muka dan memakai perawatan kulit kita tak lagi berada di luar rumah dan tak pula menggunakan kosmetik. Jadi sebisa mungkin cukup bersihkan muka dengan air di pagi hari agar pelindung alami kulit kita tidak rusak.

2. Pemakaian tabir surya

tabir surya

tabir surya via https://she.id

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa sunblock boleh digunakan oleh anak usia 6 bulan atau lebih. Ini karena anak juga butuh perlindungan untuk kulitnya. Pasalnya, kulit anak lebih tipis dari kulit orang dewasa, sehingga lebih rentan terbakar oleh sinar matahari. Dermatologis dari Lenox Hill Hospital kota New York, Dr. Dorris Day mengatakan bahwa pemakaian tabir surya pada kulit akan membawa beberapa hal baik untuk kita seperti, mencegah paparan UV A dan UV B yang berpotensi membakar kulit serta menghambat penuaan dini.

Takaran pemakaian tabir surya yang disarankan mengacu pada referensi medis internasional, Srie mengatakan, takaran tabir surya yang dianjurkan adalah 2 mg/cm persegi atau 2 cc/cm persegi. Agar mudah mengukurnya, Srie menggunakan takaran berupa sendok teh, untuk satu wajah dan leher sekitar satu sendok teh.

Advertisement

Memang cukup banyak tapi jumlah tersebut akan melindungi keseluruhan kulit termasuk kulit yang berteksteur lebih optimal. Pengaplikasian ulang juga diperlukan untuk mengoptimalkan proteksi pada kulit kita yang mungkin telah berkeringat dan terkena air setiap 2 sampai 3 jam sekali. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengaplikasikan tabir surya di kulit wajah kita.

3. Double cleansing

double cleansing

double cleansing via http://www.garnierusa.com

Saat hari berakhir kebanyakan dari kita hanya melakukan pembersihan muka dengan sabun muka saja, padahal seharian penuh kita di luar rumah sudah banyak hal yang menempel di wajah kita. Mulai kosmetik, sisa tabir surya, hingga partikel debu dari polusi udara menempel di wajah kita seharian jadi, perlu sekali kita melakukan pembersihan ganda untuk muka.

Dimulai dari pembersih berbahan dasar minyak baik dalam bentuk cream ataupun minyak pembersih, untuk melarutkan kosmetik termasuk yang berjenis waterproof serta melarutkan tabir surya yang kebanyakan juga oil-base. Dilanjutkan dengan sabun pembersih yang berbahan dasar air untuk mengangkat sisa kotoran yang masih menempel di kulit. Kebiasaan baik ini, akan membuat kulit kita benar-benar bersih dan siap menerima semua nutrisi dari skin care yang kita pakai.

4. Diet perawatan kulit

diet skincare

diet skincare via https://food.ndtv.com

Pernah dengar dengan diet skincare? Yang dimaksud dengan diet skincare adalah memilimalisir jenis produk yang kita aplikasikan pada kulit. Hal ini akan membantu kulit kita bernafas dan terhindar dari stress berlebih. Diet skincare juga akan mencegah tercampurnya bahan aktif yang kontradiktif.

Usahakan untuk mengurangi jumlah dan jenis bahan aktif dalam produk perawatan kulit kita agar produk dengan semua kebaikan didalamnya dapat terserap dengan maksimal.

5. Makanan penuh antioksidan

antioksidan

antioksidan via https://aaj.tv

Kamu adalah apa yang kamu makan. Pepatah tersebut sangat benar dalam hal perawatan kesehatan kulit. Jenis makanan yang masuk dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kesehatan kita yang juga seringkali tercermin pada kulit. Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menunda penuaan, melawan stress oksidatif dan memperkuat imun tubuh.

Semua kebaikan antioksidan yang kita makan akan membuat tubuh dan kulit kita senantisa terlihat sehat dan awet muda. Saat kondisi kulit sehat maka penyerapan segala produk perawatan yang kita aplikasikan ke wajah pun optimal.

Sudah berapa kebiasaan baik yang kamu lakukan untuk menjaga sehat dan cantik dirimu? Ayo kita biasakan hal baik ini dan sebarkan ke semua wanita cantik di sekitarmu. Ingat kamu cantik dengan semua keunikan yang ada pada dirimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya