Setuju nggak sih, kalau saya bilang anak muda zaman now lebih sering pusing mikirin grid foto untuk instagram, dibanding mikirin tugas sekolah atau tugas kuliah? Ya nggak semua memang, tapi kebanyakan begitu, biar dibilang kekinian. Dengan alasan itulah, ada yang rela menghemat uang jajan, demi bisa travelling dan wisata kuliner di akhir pekan.

Nggak ada yang salah kok dengan travelling atau wisata kuliner. Malahan kegiatan ini turut berperan serta dalam pertumbuhan ekonomi kita. Tapi, tugas sekolah atau tugas kuliahnya jangan sampai dilupakan ya...

Nah, kalau kamu tingal di sekitaran Jogja, dan budget travellingmu minim, kamu bisa lho cobain destinasi wisata di Purworejo. Cuma satu jam ke barat dari Jogja, tapi kamu bisa menikmati keindahan alam seindah Bali. Mungkin kamu tidak akan percaya, tapi coba yuk, kita lihat dulu!

1. Bendung Peniron tak kalah cantik dengan Tukad Unda di Bali

Bendung Peniron via https://www.instagram.com

Bendungan ini terdapat di Desa Plipiran, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kalian bisa lihat deh, sebenarnya bendungan ini ngga kalah cantik dengan Tukad Unda di Bali.

Kalau Tukad Unda sudah memiliki ratusan foto cantik dengan cipratan airnya, Bendung Peniron ini baru dijadikan tempat memancing saja. Nah, kalian bisa tuh menjadi pioneer foto-foto cantik di sini. Siapa tahu banyak yang akan terinspirasi dan meniru jejak kalian.

2. Curug Kyai Kate, seindah Air Terjun Tegenungan

Curug Kyai Kate, Purworejo via https://www.instagram.com

Advertisement

Berbeda dengan Air Terjun Tegenungan di Bali yang letaknya cukup strategis karena berada di antara kawasan wisata lainnya, Curug Kyai Kate yang terletak di Kecamatan Bruno ini layaknya surga yang tersembunyi. Akses untuk menuju tempat ini bisa dibilang tak mudah, tak seperti Air Terjun Tegenungan yang telah memiliki ratusan anak tangga untuk membantu pengunjungnya.

Diperlukan kondisi fisik yang prima untuk mencapainya. Tapi, rasa lelahmu akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan.

Salah satu keistimewaan Curug ini adalah, debit airnya yang tak pernah kering meski di musim kemarau. Hati-hati jika kalian ke tempat ini di musim penghujan seperti sekarang, karena debit airnya akan sangat deras, jalannya pun akan menjadi sangat licin.

Advertisement

3. Pesawahan Indah Bak Permadani, Bruno Juga Memilikinya

Sawah Berundak di Bruno, Purworejo via https://www.instagram.com

Beberapa waktu yang lalu, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengunjungi desa agraris Jatiluwih di Bali, untuk menikmati pemandangan sawah dengan luas ratusan hektar.

Pesawahan di Bali memang istimewa, dengan sistem pengairan tradisionalnya yang terkenal dengan nama Subak. Tak heran, salah satu spot pesawahan di Bali dijadikan sebagai lokasi syuting film Eat, Pray, Love, yang diperankan aktris Julia Roberts.

Kalau kamu belum punya budget ekstra untuk pergi ke Bali, kamu bisa menikmati indahnya sawah berundak di Bruno. Pergilah ke sana beberapa saat setelah musim tanam, niscaya pemandangan hijaunya akan menyegarkan mata.

Rasakan angin sawah menyentuh kulitmu, dan embun-embun yang berkilau karena cahaya matahari, memanjakan inderamu.

4. Wisata Mangrove, Purworejo Punya Demang Gedi

Wisata Mangrove Demang Gedi, Purworejo via https://twitter.com

Kalian sudah tahu kan, kalau wilayah Kabupaten Purworejo di bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia? Nah, baru-baru ini Taman Edukasi Mangrove Demang Gedi sudah diresmikan lho.

Di sana disediakan tracking mangrove seperti yang ada di Bali Mangrove Forest. Memang belum sempurna, tapi nggak terlalu buruk untuk ber-selfie ria.

5. Pantai

Pantai Jatimalang, Purworejo via http://jogja.tribunnews.com

Seperti yang saya tulis di poin nomor 4, Purworejo berbatasan dengan Samudera Hindia di bagian selatan. Sama dengan Bali. Jadi, karakteristik pantainya hampir sama.

Tak ada yang meragukan indahnya pantai Bali. Tapi jika kalian ingin menikmati alam dengan penuh kesyahduan, Pantai Jatimalang di Purworejo bisa kalian jadikan pilihan. Di sini pengunjungnya masih relatif sepi, jadi kalian bisa puas menikmatinya sendiri.

Gimana, wisata di Purworejo juga komplit kan? Dari gunung hingga pantai, kita bisa pilih keindahan mana yang kita suka.

Jadi, meski budget travellingmu nggak seberapa kamu masih bisa tertawa bahagia dan yang paling penting feed instagrammu kian berwarna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya