#DestinasiHipwee-Simpan! Ini 6 Tempat Wisata Rahasia di Bali yang Hanya Diketahui Penduduk Lokal

Tempat wisata rahasia di Bali

Keindahan Pulau Bali tidak hanya berhenti di daerah Seminyak, Uluwatu, Sanur, atau bahkan Kota Denpasar. Masih banyak tempat-tempat menarik yang menunggu untuk kamu jelajahi. Berikut 6 tempat wisata rahasia yang hanya diketahui oleh penduduk setempat.

Advertisement

1. Nikmati dinginnya air terjun di Desa Musi, Gerokgak

Photo by @localbali_ on instagram

Photo by @localbali_ on instagram via https://www.instagram.com

Mari kita berangkat menuju kawasan barat Pulau Bali, tepatnya berada di Kabupaten Buleleng. Bagi kamu yang ingin menikmati sejuknya hawa dan indahnya pemandangan desa, Desa Musi yang terletak di Gerokgak Kabupaten Buleleng ini wajib hukumnya untuk kamu kunjungi. Tidak hanya panorama desanya saja yang indah, di Desa Musi ini, kamu juga akan dimanjakan dengan air terjun tersembunyi yang hanya diketahui oleh para penduduk lokalnya saja. Airnya yang jernih, pemandangannya yang menakjubkan, serta dikelilingi dengan bebatuan alami yang indah, menjadikan liburan kamu semakin menyenangkan dan tak terlupakan. 

Setelah tiba di Desa Musi, kamu bisa tanyakan keberadaan air terjun ini kepada penduduk setempat dan kamu tidak akan dipungut biaya untuk menikmati air terjun ini, lho!

Advertisement

2. Sapa ikan-ikan yang cantik di Pulau Menjangan!

Photo by @pulaumenjangan.id on instagram

Photo by @pulaumenjangan.id on instagram via https://www.instagram.com

Masih berada di Kabupaten Buleleng, mari kita menyewa kapal menuju Pulau Menjangan. Hamparan pasir pantai putihnya yang mengagumkan, keanekaragaman hayati lautnya yang mempesona, serta formasi goa-goa alami yang menakjubkan, adalah alasan kenapa kamu harus mengunjungi pulau ini.

Tarif untuk menyewa kapal dari Bali menuju Pulau Menjangan dipatok antara Rp 400,000—Rp 600,000 per hari.
Peralatan snorkling dibandrol dengan harga Rp 40,000—Rp 50,000 per orangnya. Harga tiket masuk sendiri adalah Rp, 2,500 per orang, ditambah dengan asuransi seharga Rp 4,000 per orang.

Pulau Menjangan juga diakui oleh mata dunia sebagai salah satu 10 tempat diving terbaik dunia, serta lokasi wall diving yang menakjubkan di Bali. Apakah kamu tertarik untuk berenang bersama ikan-ikan cantik di Pulau Menjangan?

Advertisement

3. Melihat matahari terbit di Desa Pinggan, Kintamani

Photo by @aripratama_putu on instagram

Photo by @aripratama_putu on instagram via https://www.instagram.com

Selain Pantai Sanur yang terkenal dengan keindahan matahari terbitnya, Desa Pinggan di Kintamani juga menyuguhkan panorama matahari terbit yang tak kalah menarik, serta kabut pagi hari yang membuat desa ini bak negeri dongeng yang indah. 

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Desa Pinggan ini ialah sekitar bulan September—November. Jangan lupa untuk menggunakan dan membawa pakaian tebal, karena suhu udara di sana berkisar antara 16—18 derajat Celcius.

4. Batu karang raksasa di Angel’s Billabong, Nusa Penida

Photo by @felgra_photography on instagram

Photo by @felgra_photography on instagram via https://www.instagram.com

Angel’s Billabong terletak tidak terlalu jauh dari Broken Beach. Untuk mencapai ke lokasi yang dipenuhi dengan bebatuan karang indah ini, kamu bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 5—7 menit. Air laut di tempat ini sangat biru dan jernih, bahkan kamu bisa melihat langsung pemandangan biota laut tanpa menggunakan alat menyelam. 

Tidak sampai di situ, bebatuan alam nya yang indah serta hempasan ombak nya yang tenang, menjadi alasan lain kenapa tempat ini wajib untuk kamu kunjungi.

5. Pemandangan hidden canyon khas Bali di Sukawati

Photo by @hiddencanyonbejiguwang on instagram

Photo by @hiddencanyonbejiguwang on instagram via https://www.instagram.com

Hidden Canyon Beji Guwang adalah salah satu tempat wisata di Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tempat ini juga menjadi tempat yang paling disucikan oleh penduduk lokal, karena lokasi ini kerap dijadikan tempat kegiatan keagamaan. Sehingga, tidak sembarang orang boleh masuk. 

Namun, setelah masuk ke dalamnya, kamu seakan berada di dimensi yang berbeda. Suasana nya yang tenang, airnya yang jernih, serta sinar matahari yang memaksa masuk pada celah-celah tebing, membuat kamu merinding takjub dibuatnya.

6. Makan siang ditemani dengan birunya samudra di Amankila restoran

Photo by @amankila on instagram

Photo by @amankila on instagram via https://www.instagram.com

Setelah beraktifitas seharian, perut kamu meronta minta diisi. Inilah saat yang tepat untuk menikmati sajian Indonesian Food dengan teknik tradisional yang dipadukan dengan gaya kontemporer dari Amankila restoran. Amankila restoran berada di dalam Amankila resort yang terletak di Kabupaten Karangasem. Tidak hanya menyajikan masakan Indonesia yang menggoyang lidah, mata kamu juga akan dimanjakan dengan hamparan lautnya yang membentang luas. Wah, suasana makan siang semakin menarik, kan?

Itu tadi 6 #DestinasiHipwee yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin segera berlibur ke Pulau Dewata. Karena masih dalam suasana pandemi, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hi, panggil saya dengan Nanda. Saya seorang Creative Content Writer dan seorang Hospitality Specialist di bidang Tourism. Menulis adalah salah satu cara saya untuk melepas penat setelah bekerja seharian. Didalam nya, ada beberapa pembelajaran yang ingin saya tunjukan ke para komunitas.

CLOSE