Di Balik Stereotip Negatif, Ternyata Ini 5 Dampak Positif Menjadi Seorang Kpopers Terangkum dalam Kata Idola. Yuk, Disimak!

Dampak Positif Menjadi Seorang Kpopers

Anyeonghaseyo yeorobun! Hai, SoHip semuanya! Akhir-akhir ini dunia sedang diguncangkan dengan demam musik KPOP dan hal itu tengah ramai diperbincangkan di banyak negara, loh. Maka, tidak jarang para Kpopers baru pun mulai bermunculan. Sebenarnya Kpopers itu apa sih? Nah, Kpopers itu adalah istilah yang digunakan untuk sebutan para pencinta musik Korea atau K-POP (Korean POP). Istilah Kpopers ini sendiri bukannya tidak asing lagi di Indonesia karena budaya KPOP sudah mulai menjamur dan menjadi trend di kalangan anak muda saat ini. 

Namun, di sisi lain, tentu hal itu akan menimbulkan pro dan kontra di beberapa kalangan. Banyak stigma-stigma negatif yang bermunculan dari para haters yang menganggap bahwa kegiatan Kpopers itu tidak bermanfaat dan hanya memberikan dampak negatif bagi generasi muda sehingga tak jarang Kpopers selalu diejek dan diremehkan keberadaannya. Hal itu tentu benar apabila disikapi dengan sudut pandang negatif. Padahal, sebenarnya jika kita menjadi Kpopers yang benar, tentu banyak dampak positif yang bisa kita rasakan. Apa saja itu? Yuk, kita simak satu-persatu!

Advertisement

1. Sumber Inspirasi untuk Mengembangkan Potensi Diri (Inspiration)

Photo by Jane Pham On Pexels

Photo by Jane Pham On Pexels via https://www.pexels.com

Para idola KPop terkenal sebagai sosok panutan bagi para Kpopers karena kegigihan, kerja keras dan pantang menyerah yang mereka miliki hingga bisa meraih mimpi mereka menjadi idola. Di tengah-tengah proses pencapaian itu, mereka mengalami segudang masalah yang dihadapi. Namun, akhirnya mereka mampu keluar dan menyelesaikan masalah itu dengan baik serta sukses dalam debutnya. Bahkan, setelah debut, mereka pun tidak lupa untuk berbuat kebaikan terhadap sesama juga fansnya. Nah, dengan prinsip yang sama, hal itu bisa berdampak positif bagi kita agar lebih termotivasi lagi dalam mengejar mimpi dan cita-cita dalam bidang yang kita geluti dan sukai saat ini. Tanpa sadar, kita juga akan mulai memperbaiki diri dengan memilih apa yang baik untuk diri kita sendiri dan masa depan. Kenapa idola kita bisa mencapai mimpi, kok kita tidak bisa? Jangan sampai begitu, ya!

2. Sarana yang Menyenangkan untuk Menghibur Diri (Delightful)

Photo by Kindel Media On Pexels

Photo by Kindel Media On Pexels via https://www.pexels.com

Musik K-Pop bukan hanya memiliki genre musik yang enak didengar, tapi juga mengandung makna yang bagus dalam lirik-lirik lagunya yang banyak memberikan pelajaran dan relate kaitannya dengan kehidupan.

Advertisement

Hal itu sangat berdampak positif bagi kita untuk menaikkan mood, memotivasi dan menghibur diri, serta sekedar self healing karena terkadang kita juga butuh penyegaran jiwa agar tidak stress akibat problematika yang kita hadapi sehari-hari. Kita juga butuh waktu sejenak untuk hiburan yang menyenangkan, bukan?

3. Relasi Pertemanan yang Luas sehingga Membentuk Organisasi atau Komunitas yang positif (Organization)

Photo by fauxels on pexels

Photo by fauxels on pexels via https://www.pexels.com

Karena KPopers tidak cuma satu orang melainkan meliputi banyak orang, maka terkadang muncullah komunitas-komunitas yang mewadahi kegiatan para Kpopers. Eits, jangan berpikir negatif dulu! Komunitas ini bukan hanya untuk mengumpulkan Kpopers demi membahas seputar idola-idola mereka saja, kok, tapi terkadang mereka juga melakukan kegiatan kemanusiaan seperti bantuan pada korban bencana, dan lain-lain.

Hal ini akan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi dan kepekaan Sosial. Selain itu, relasi pertemanan yang akan semakin luas yang terbentuk dari berbagai daerah lalu secara tidak langsung dapat membentuk pengembangan dan jati diri secara personal. 

Advertisement

4. Berwawasan Luas Mengenai Bahasa Asing (Language)

Photo by Vine On Pexels

Photo by Vine On Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu kendala yang dihadapi para Kpopers untuk berinteraksi dengan idolanya, yaitu perbedaan bahasa. Nah, hal ini yang membuat banyak Kpopers yang berlomba-lomba untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Korea dan Inggris agar bisa berinteraksi dengan idolanya dengan lebih aktif. Apalagi sekarang adalah era digital sehingga banyak platform yang sudah menyediakan komunikasi yang menghubungkan fans dan idola. Maka, mau tidak mau kita juga harus belajar bahasa asing agar bisa berinteraksi dengan mereka sehingga secara tidak langsung hal itu membuat kita lebih berwawasan dalam berbahasa asing yang tentu saja sangat penting dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial.

5. Mendapatkan Keuntungan dari Kegiatan Bisnis Kreatif (Advantage)

Photo by Antoni Shkraba on Pexels

Photo by Antoni Shkraba on Pexels via https://www.pexels.com

Nah, di era digital yang semakin hari kian berkembang, maka kita dituntut harus semakin kreatif dalam mencari peluang. Salah satunya, yaitu bidang industri ekonomi kreatif. Banyak orang saat ini melakukan bisnis yang berbasis online hingga meraup keuntungan yang berlimpah-limpah.

Sebagai Kpopers, hal yang kita sukai juga bisa mendatangkan keuntungan juga loh. Misalnya kita bisa membuka bisnis yang menjual merchandise KPop, fashion dan kosmetik ala KPop, dll. Selain bisnis jualan, kita juga bisa secara kreatif menulis cerita atau novel yang berbau fanfic di platform menulis online yang juga akan menjadi ladang penghasilan.

Atau mungkin kalian memiliki kemampuan jasa make up yang bisa mengambil inspirasi dari dandanan idola KPop yang pastinya akan semakin laris. Pokoknya kalau kalian peka dalam mengambil peluang bisnis yang berbau KPop, saat ini adalah waktunya untuk meraih peluang itu! Kalau bukan kamu yang memulainya, siapa lagi?

Itulah 5 dampak positif yang bisa kita dapatkan dalam menjadi seorang Kpopers. Jangan dengarkan kata-kata para Haters yang beropini tanpa solusi. Cukup yakinlah, kalau kita melakukan segala sesuatu ke arah positif, tentu hasilnya juga berdampak positif. Jadi, ambil yang positifnya saja dan buang jauh-jauh yang negatifnya! Semoga bisa diterapkan dan bermanfaat untuk kalian semua, ya! Saranghaeyo!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis yang dikenal dengan nama pena Nelasawa, yang telah banyak menulis berbagai karya tulis fiksi seperti novel, fiksi mini, puisi, cerpen dan masih banyak lagi. Sekarang tengah fokus menjadi brand ambassador platform NovelMe, aplikasi novel online. Saat ini, penulis ingin mencoba keluar dari zona nyaman dengan menulis non-fiksi berupa artikel. Mottonya, "Ciptakan peradaban baru melalui karya tulisan yang memukau dan ajaib". Salam Pena Ajaib untuk kita semua.

CLOSE