"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Kelebihan berat badan merupakan momok yang menakutkan khususnya untuk wanita pasca melahirkan. Inilah yang dialami oleh ibu muda bernama Fitri Meliasari yang akrab disapa Pipit. Berat badannya meroket tajam setelah melahirkan anak pertama, berat badan awal 55 kg naik cukup drastis menjadi 85 kg.

Kisah ini saya bagikan berdasarkan pengalaman dan perjuangan sahabat saya, teman kantor saya, yang bertujuan untuk memotivasi para pejuang diet yang ingin mengembalikan bentuk badan dengan niat dan komitmen yang kuat.

1. Ini foto kenangan 9 tahun silam, masih singset tanpa lemak

foto sebelum menikah tahun 2000

foto sebelum menikah tahun 2000 via http://google.com

Foto ini diambil sekitar tahun 2008, 9 tahun silam, berat badan Pipit saat itu masih dibawah 50 kg, lebih tepatnya 45kg. Berat badan yang masih diangka proporsional dengan tinggi badan 160 cm.

2. Pasca melahirkan berat badan melonjak naik sampai 25 kg

pasca melahirkan (2015)

pasca melahirkan (2015) via http://google.com

Berat badan melonjak pasca melahirkan, naik sampai 25 kg ditahun 2015. Banyak hal yang menyebabkan melonjaknya berat badan, mulai dari pola makan yang tak terkontral, hingga kurangnya olahraga. Paska melahirkan Pipit memberikan ASI full yang membuat dia merasa selalu lapar dan ingin selalu makan, entah ngemil atau makan besar.

Advertisement


Pada saat itu nasi menjadi makanan pokok yang sangat sulit dihindari, sarapan bubur, makan siang dengan nasi dan lauk pauk, pukul 03.00 sore makan roti, belum lagi makan malam yang masih dengan nasi.


3. Pada akhirnya tekad untuk menurunkan berat badan muncul akibat "bullying motivation"

its time to diet !

its time to diet ! via http://google.com

"Bullying Motivation" istilah ini memang agak berlebihan, Pipit tidak berada dalam lingkungan yang hobi mem-bully, tapi suatu ketika dia pernah mendapatkan satu pernyataan yang sedikit membuat dia merasa galau dan berpikir.


pit umur lo masih muda tapi keliatan tua karna gemuk !

Advertisement

pit, badan lo tambah gede aja

pit, kapan kurus?

pit, badan lo gembrot !


Kalimat-kalimat itulah yang menjadi motivasi tersendiri, dia bertekad, harus bisa untuk mengembalikan berat badannya, tidak perlu kurus tapi minimal berat badannya bisa berkurang secara bertahap.

4. Teman adalah sosok pendukung demi sebuah kesuksesan

Teman sangat berpengaruh

Teman sangat berpengaruh via http://google.com

Selain menahan nafsu untuk ngemil dan makan berlebih, ada sosok yang paling penting dan berjasa, dia adalah teman. Ketika kita memutuskan untuk diet namun dikelilingi oleh teman-teman yang hobi kuliner makanan atau hobi mempengaruhi kita untuk ngemil dan bilang "tenaaaang ini gak bikin gendut kok" jangan harap semua berhasil.


Pipit berada di lingkungan dengan pertemanan yang sehat. Dietnya dimulai ketika bertemu dengan teman yang sama-sama sedang menjalani program diet. Diet yang dilakukan adalah mengganti nasi dengan sayuran dan buah. Labu menjadi sayuran pilihan karena mengandung banyak air yang membuat perut terasa lebih cepat kenyang.


Selain menjaga pola makan, olahraga lari selepas pulang kerja menjadi rutinitas yang tak pernah ditinggalkan. Lari 2 kali dalam seminggu dirasa cukup untuk memangkas lemak-lemak menjadi tenaga.


Pola makan yang dilakukan adalah sarapan dengan buah, makan siang dengan sayuran dan buah, dan penutupan makan berakhir pukul 05.00 sore, semenjak itu dia lupa rasa makan malam.


5. Diet gak cuma sekedar niat, komitmen dan konsistensi menjadi perjuangan yang harus dilakukan

Diet dengan komitmen kuat

Diet dengan komitmen kuat via http://google.com

Konsistensi dan komitmen yang kuat sangat dibutuhkan demi kelancaran pola diet. Diet yang hanya dilakukan sesekali tanpa olahraga hanya akan menjadi hal yang percuma. Inilah yang dilakukan oleh ibu satu anak, dia tak lelah dan bosan untuk tetap menjaga pola makan sehat dan olahraga.

Di tengah godaan teman kantor yang asyik ngemil, dia berusaha keras untuk menolak dan memilih buah menjadi camilannya. Disaat orang lain sibuk siap-siap pulang, dia siap-siap ganti pakaian untuk lari disekitar Monas. Itu merupakan hal berat untuk para pejuang diet. Kembali lagi kepada niat, niat dia untuk memangkas seluruh lemak berlebih, mampu memangkas juga setiap godaan yang datang.

6. Pipit juga manusia biasa, dibalik perjuangannya, reward untuk makan enak sesekali pun tetap dilakukan

hello "junk"

hello "junk" via http://google.com

Pipit tetap manusia biasa, yang kadang sulit untuk menghindari yang namanya makan "junkfood". Tapi itu dilakukan sesekali, hanya untuk memberikan reward terhadap diri sendiri dan menjaga kebosanan selama melakukan program diet.

7. Hasil tak pernah mengkhianati proses, inilah hasil dari buah kerja kerasnya

Benar apa kata pepatah dulu bahwa "hasil tak pernah mengkhianati proses", inilah hasil buah kerja keras pipit selama satu tahun. Diet yang dilakukan mampu membuat berat badannya turun sebanyak 26 kg, berat badannya saat ini diangka 59 kg. Dia merasakan bahwa hidup sehat dengan menjaga pola makan dan olahraga mampu membuat hidupnya merasa lebih indah, tidak mudah lelah dan merasakan bahwa jiwa mudanya kembali.

Saat ini motivasinya adalah menjaga berat badan agar tidak kembali naik dengan cara tetap menjaga pola makan, olahraga dan istirahat yang cukup. Obat diet yang sering digadang-gadang mampu membuat kita kurus itu hanya omong kosong jika tanpa dibarengi dengan makan rendah lemak dan berolahraga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya