Buat kamu yang baru pertama kali merasakan solo travelling pasti akan merasakan banyak pengalaman saat jalan-jalan sendirian. Dan terkadang dari bentuk perjalanan ini membuat kamu dinilai sebagai seseorang yang nggak punya kawan untuk diajak jalan-jalan alias J.o.m.b.l.o... uups. Padahal, banyak alasan kenapa seseorang itu melakukan solo travelling atau perjalanan sendirian. Nah, contohnya mungkin karena memang lagi pengen sendirian, coba-coba cari pengalaman, atau memang nggak ada teman yang bisa diajak. Bisa jadi.. Padahal banyak hal-hal baik yang akan kamu temukan ketika kamu melakukan yang namanya solo travelling. Mau tahu apa saja? Yuk cek di bawah ini!

1. Bebas menentukan tujuan kemanapun yang kamu mau

Mau kesini, mau kesitu. Terserah ...

Mau kesini, mau kesitu. Terserah … via https://www.justgiving.com

Travelling seorang diri itu sensasinya luar biasa. Kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau, kamu bebas pergi kemanapun yang kamu suka. Terkadang jika kamu melakukan perjalanan dengan teman atau rombongan, mungkin kamu pernah merasakan perasaan yang kurang enak karena ingin ke suatu tempat yang kamu mau, tapi teman perjalanan kamu tidak mau. Kalau solo travelling mah bebas. Mau jungkir balik di pantai, mau nyebur ke laut, mau tidur di pinggir jalan, mau makan ini, makan itu, bebas :D

2. Belajar untuk lebih mandiri dan berani

Peta wisata bisa membantu jika kamu tersesat di suatu tempat

Peta wisata bisa membantu jika kamu tersesat di suatu tempat via http://icecreamsundae.com

Tidak ada teman dalam perjalanan akan membuat kamu melakukan apapun dengan seorang diri. Dari sinilah kamu akan ditempa menjadi pribadi yang lebih mandiri karena kamu yang akan mengatur semua perjalanan tanpa adanya bantuan dari teman ataupun orang lain.

Advertisement

Makan sendiri, tidur sendiri, foto-foto sendiri, sakit sendiri, kemana-mana sendiri, kalaupun jika kesasar (kesasar juga sendiri). Selain itu, kamu juga akan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih berani. Berani dalam berbagai hal. Contohnya kamu akan belajar lebih berani untuk membuat keputusan sendiri ketika berada dalam situasi yang tidak kamu inginkan dalam suatu perjalanan (berani menerima setiap resiko yang datang pastinya).

3. Bertemu dengan kawan baru

Jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru

Jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru via http://women.kapook.com

Kamu akan mempunyai kesempatan untuk banyak bertemu dengan orang baru dari berbagai daerah dan mungkin juga dari berbagai negara yang nggak kamu duga. Lumayan kan, dapat teman baru, cerita baru. Solo travelling juga bisa jadi ajang untuk kamu mencari jodoh. Karena nggak sedikit para pelaku solo travelling ini mendapatkan jodohnya ketika sedang melakukan perjalanan.

Buat yang jomblo, boleh nih dicoba.

4. Melatih kepekaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar

Berbaurlah dengan masyarakat lokal. Berbagi ceritalah dengan mereka

Berbaurlah dengan masyarakat lokal. Berbagi ceritalah dengan mereka via http://www.phinemo.com

Advertisement

Dengan solo travelling, kamu jadi punya kesempatan untuk lebih membuka diri dengan orang-orang di sekitarmu. Berbaur dengan masyarakat di daerah yang kamu kunjungi dan bertanya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui. Tanpa sadar, perjalananmu akan jadi lebih berkesan karena wawasanmu juga akan jadi ikut bertambah.

5. Selama perjalanan, kamu akan lebih bisa mengenal siapa diri kamu sebenarnya

Tidak semua orang mengetahui siapa diri mereka sebenarnya

Tidak semua orang mengetahui siapa diri mereka sebenarnya via http://citizen6.liputan6.com

Selama kamu melakukan perjalanan seorang diri, kamu mungkin akan dipertemukan dengan berbagai situasi yang tidak kamu inginkan. Di saat itu terjadi, kamu akan dituntut untuk mengikuti kata hatimu sendiri dalam mengambil keputusan. Kamu harus berani dalam mengalahkan rasa takut dan rasa panik saat apa yang tidak kamu inginkan ternyata terjadi. Dengan kejadian itulah, kamu akan bisa lebih mengenal siapa dirimu sebenarnya. Apakah kamu termasuk orang yang berani, penakut, cepat panik atau yang lainnya.

6. Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Jangan pernah malu untk memulai interaksi dengan orang lain

Jangan pernah malu untk memulai interaksi dengan orang lain via https://yopiknik.com

Jika kamu tergolong orang yang pemalu, solo travelling bisa jadi cara kamu untuk menghilangkan sifat pemalu tersebut. Ketika kamu memutuskan untuk berlibur sendiri, tanpa sadar rasa semangat dalam setiap perjalanan akan muncul dan itulah yang akan mendorong kamu nantinya untuk mau berinteraksi dengan orang baru. Walaupun namanya solo travelling (semua dilakukan sendiri) tapi bukan berarti nantinya kamu nggak butuh bantuan orang lain ya.

7. Selepas dari perjalanan seorang diri, kamu akan menjadi pribadi yang lebih sabar dan menghargai kebaikan

Saat pulang kembali, kamu akan jadi pribadi yang berbeda dari sebelumnya

Saat pulang kembali, kamu akan jadi pribadi yang berbeda dari sebelumnya via https://netz.id

Dari pengalaman perjalanan yang telah kamu lakukan, kamu akan sadar bahwa masih banyak orang baik yang berkeliaran di dunia ini. Ketika kamu kesulitan mencari alamat, atau mungkin bingung harus menaiki transportasi apa untuk menuju ke suatu tempat yang ingin kamu kunjungi, kamu akan bertemu dengan orang yang tidak segan untuk membantu kamu. Nah, saat pulang nanti, pengalaman-pengalaman itulah yang bisa merubah kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

8. Bikin kecanduan!

Nggak cukup sekali. Jadinya ingin berkali-kali

Nggak cukup sekali. Jadinya ingin berkali-kali via http://papasemar.com

Ketika kamu sudah mulai merasakan nikmatnya solo travelling, satu kali mencoba itu nggak akan cukup. Kamu akan ketagihan untuk melakukannya lagi. Pada awalnya kamu mungkin akan merasa takut, tapi setelah itu kamu akan sadar bahwa tidak ada yang perlu ditakuti. Liburan sendiri adalah hal yang perlu dinikmati bukan untuk ditakuti.

Solo travelling adalah suatu bentuk perjalanan untuk menemukan sebuah tantangan baru ketika kamu mulai bosan dengan perjalanan yang gitu-gitu aja. Berani coba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya