Beberapa waktu yang lalu, ada seorang teman media sosial yang sebenarnya hanya kenalan yang tiba-tiba saja masuk dalam personal chat denganku via facebook dan dia curhat kepadaku lalu meminta saran kepadaku tentang caraku mengatasi kegalauanku.

Sebenarnya, sudah kulihat beberapa artikel di Hipwee yang keluar tentang cara mengatasi kegalauan. Tapi baiklah, kali ini aku akan membocorkan rahasiaku untuk mengatasi kegalauan. Meski kadang kala aku tak dapat memungkiri ada hal yang akan membuatku galau secara tiba-tiba, misalnya galau mau pakai baju apa, galau tak ada duit, dan lain-lain.

 

Galau? Hari gini masih galau karena cinta? Plis deh .. Lo itu amat sangat berharga untuk hanya terjebak dalam satu siklus. Saatnya lo bangkit dari ketepurukan lo dan keluar dari zona nyaman lo.

 

Nah, ini dia nih 5 caraku mengatasi kegalauan.

 

1. Menemukan Hobi Positif yang Akan Membuatmu Lupa Waktu

mulailah bertanya pada dirimu

mulailah bertanya pada dirimu "Aku ini siapa?" via http://www.weheartit.com

Siapakah aku?

 

Mulailah dengan bertanya pada dirimu "Aku ini siapa?" atau "Siapakah aku?" Tak penting bagaimana cara kamu bertanya pada dirimu tentang siapa sebenarnya kamu, yang penting adalah kamu menemukan jawaban atas pertanyaan itu. Jika kamu sudah menemukannya, selamat! Ini adalah awal yang bagus di mana kamu menemukan jati dirimu dan beranjak dari keterpurukanmu.

Saat kamu beranjak dari ketepurukanmu setelah menemukan jati dirimu, barulah kamu akan menyadari kalau selama ini kamu punya banyak hobi atau talenta yang terpendam dalam dirimu, yang belum kamu asah atau belum kau tahu bahwa itu memang sudah lama ada. Kamu hanya butuh sedikit polesan untuk menyadarinya.

Aku menemukan jati diriku sebagai perawat karena memang aku berkuliah di bidang keperawatan, dan hobiku adalah menulis. Bagiku menulis adalah suatu bakat yang sebenarnya sudah ada sejak lama ada pada diriku, contohnya saja aku sering menulis diary sejak masih berada di sekolah dasar, hanya saja belum diasah.

Hei, aku pun tak bisa membodohi diriku sendiri dengan mengatakan aku tak pernah galau apalagi galau dalam urusan cinta. Tapi aku mencoba bangkit dari ketepurukanku dan keluar dari zona nyamanku 'masih galau,' dan kau tahu .. Aku berhasil keluar. Aku menemukan dengan menulis aku dapat melupakan semua rasa sakit dan sesak di dada yang sepanjang malam menggerogoti oksigen yang kuhirup.

 

It's time to you find yourself and be yourself without any regrets about your brokenheart

 

Ingat lho .. Temukan jati dirimu dengan hobi positif ya.

2. Mendengarkan Musik dan Menyanyi

saatnya terapi otakmu dengan musik

saatnya terapi otakmu dengan musik via http://www.eheartit.com

Apa pernah kamu mendengar tentang penelitian tentang terapi musik? Kalau belum, aku kasih tahu nih .. Musik adalah salah satu terapi yang baik bagi otak dengan membuat hormon epinephrin dalam tubuh kita meningkat dan mendatangkan rasa bahagia dalam diri kita. Nah, rasa bahagia itu akan dengan sendirinya mengatasi rasa sakit yang kau rasakan.

Apa pernah kamu masuk dalam ruangan operasi di rumah sakit dan mendengar para dokter bedah memutar musik? Ya, tentu saja karena musik dapat mengurangi rasa sakit, bahkan lebih manjur dari obat pemblok rasa nyeri dalam bahasa medis, atau sebut saja obat penghilang rasa sakit. 

Kalau aku, aku lebih banyak mendengarkan musik dan menyanyi. Kalau ada hal-hal yang membuatku benar-benar galau, aku akan langsung memutar musik dan menyanyi. Benar saja, segala penat yang kurasakan hilang entah kemana.

 

So, take your music phone and try to sing a song .. Then you will feel really free.

 

Mulailah untuk mendengar musik yang menenangkan. Kamu butuh jeda untuk dirimu sendiri.

3. Menonton dapat Membuatmu untuk Sejenak tak Memikirkan Masalahmu

Kamu butuh spasi untuk mereset ulang hatimu

Kamu butuh spasi untuk mereset ulang hatimu via http://weheartit.com

Saat kamu menonton sebuah film dan kamu tak mengerti arti dari film itu, pasti yang akan kamu lakukan adalah mereset kembali film yang kau tonton tersebut. Nah sama halnya dengan dirimu, kamu juga butuh reset untuk menata ulang hatimu.

Cara terbaik menata ulang hatimu dengan menghilangkan kegalauan adalah menonton. Kenapa? Karena dengan menonton, untuk sejenak otakmu tak akan terkontaminasi dengan hal-hal berbau kegalauan yang kau rasakan beberapa waktu lalu.

Kalau aku suka menemukan film-film romantis, misalnya saja drama Korea. Bagi penggemar Kdrama seperti aku, pasti akan tahu kalau tingkat keromantisan dalam drama Korea yang dipertontonkan untuk para penonton adalah seratus persen romantis meski dengan cara-cara sederhana. Sekalipun kamu bukan penikmat drama Korea, ada banyak kok film romantis di luar sana.

 

Let's find your romance

 

Menonton film romantis tidak akan membuatmu galau kok .. Karena saat kau menonton film tersebut yang ada dalam bayanganmu hanya adalah "Betapa romantisnya orang itu. Aku mau kekasih seperti dia." Meski hanya iming-imingmu saja tapi percayalah hal itu dapat mereset ulang hatimu. Kalau kau bukan salah satu penikmat film romantis atau menurutmu film romantis hanya akan membuatmu lebih patah hati karena akan mengingatkanmu dengan si doi, mungkin kau bisa memulai dengan menonton film dengan genre horor yang akan membuatmu berteriak, sekaligus melepaskan sesak di dada akibat carbon cinta yang kau hirup sekian lama.

4. Ngumpul Bareng Sahabatmu dan Keluargamu

kekuatan pelukan orang-orang terdekat

kekuatan pelukan orang-orang terdekat via http://www.weheartit.com

Sendiri hanya akan membuatmu menjadi mengingat kenangan manis yang pernah kalian lewati bersama atau mengingat pengkhianatan yang si doi lakukan lalu berakibat kamu akan galau sendiri dengan masa-masa kalian yang sebenarnya tak perlu lagi kau ingat, hanya bikin lelah hati.

Ini saatnya kamu keluar dari isolasi sosialmu dengan mendekatkan diri dengan sahabat-sahabatmu dan keluargamu. Mereka lah yang mampu membuatmu lupa akan masalahmu. Mereka lah yang mampu memberikan pelukan yang sangat kau butuhkan. Zaman sekarang tidak penting kamu mendapat pelukan dari kekasihmu atau tidak, yang paling kau butuhkan adalah pelukan orang-orang terdekatmu misalnya sahabatmu dan keluargamu.

 

Jangan meragukan kekuatan pelukan!

 

Pelukan mereka dapat menghangatkan hatimu lho ..

5. Menetralizir Racun di Hati dengan Makanan

makanan adalah penetralizir racun yang ampuh

makanan adalah penetralizir racun yang ampuh via http://www.weheartit.com

Hobi makan? Keep doing that!

 

Apa kau tahu efek dari makanan yang kau makan? Kenyang .. Ya, itu adalah salah satu efeknya. Tapi saat rasa galau melandamu, yang paling manjur mengatasi rasa galaumu hanya adalah makanan karena makanan yang baik adalah penetralisir racun, maksudnya sakit hati di dalam dirimu. Dengan menemukan makanan yang dapat kau makan dengan nikmatnya tanpa sedikitpun memikirkan sakit hatimu, semuanya akan terasa lebih enak.

Jangan takut gemuk dong buat para ladies! Urusan diet mah belakangan .. Yang penting kau makan dan menikmati makananmu, saat itu pula sakit hatimu akan berkurang dengan sendirinya dan orang yang secara tak sengaja atau sengaja melihatnya juga jadi kena dengan efek yang kau berikan dari makananmu.

Ini cara yang paling manjur bagiku. Saat aku galau, hal pertama yang aku pikirkan adalah makanan. Semua rasa kesalku, sedihku, apapun itu yang membuatku galau, akan kulampiaskan pada makanan dan seketika rasa yang menyesakkan itu tak ada lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya