Jalan-jalan ke tempat baru baik di dalam negeri maupun luar negeri sejatinya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain untuk merefreshing diri, kamu juga bisa belajar hal-hal baru dari hasil jalan-jalan itu sendiri. Travelling bareng teman atau menjadi solo-traveller bisa menjadi pilihan.

Nah, buat kalian yang baru pertama kali melakukan travelling atau bahasa kerennya rookie atau first time traveller sebaiknya kalian harus memperhatikan hal-hal penting sebelum melakukan travelling. Soalnya kebanyakan para first time traveller melakukan beberapa kesalahan yang dapat mengganggu perjalanannya.

Apa saja kesalahan yang sering dilakukan para traveller pemula?

1. Masalah passport

Passport

Passport via https://pexels.com

Buat yang suka berpergian atau jalan-jalan ke luar negeri tentu tidak asing lagi dengan passport, kan?
Ya, dokumen ini sangat penting dalam menunjang jalan-jalan ke negara-negara tujuan kalian. Bagi para traveller pemula harus memperhatikan hal ini, nih!

Advertisement

Usahakan sebelum melakukan travelling pastikan kalau kalian sudah punya passport. Biar travelling kalian gak gagal, jangan lupa untuk mengurus passport dari jauh-jauh hari. Satu kesalahan yang fatal adalah mengurus passport berdekatan dengan tanggal perjalanan.

Padahal kalian tau kan kalau yang mengurus passpor ini banyak banget?
Hampir tiap hari ada. Jadi penting banget ngecek dokumen apa yang berhubungan dengan perjalanan kalian.

2. Packing seperti akan pindah rumah

Bags on troll

Bags on troll via https://pexels.com

Kesalahanberikutnya adalah masalah packing.

Advertisement

Sering banget nih para traveller pemula ngelakuin hal ini yaitu packing kayak mau pindahan. Saking semangat dan hasrat untuk jalan-jalan yang menggebu-gebu bikin gak merhatiin mana barang yang perlu dibawa atau nggak. Sebenarnya itu semua pilihan kalian.

Tapi seenggaknya bawalah barang yang bener-bener akan kalian pakai di tempat tujuan. Kan miris kalau kalian bawa barang banyak tapi gak dipake sama sekali. Bawalah barang-barang yang menunjang di tempat tujuan bukan malah memberatkan.

3. Tidak bawa uang tunai

Cash money

Cash money via http://pexels.com

Lupa bawa uang tunai sering banget nih dilakukan entah itu di luar negeri atau di Indonesia sendiri. Faktanya adalah gak semua tempat ada ATM ataupun menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

Jadi penting banget nih buat kalian selalu sediain uang tunai waktu berpergian. Dalam kasus seperti naik transportasi umum, menggunakan fasilitas umum, ataupun masuk ke tempat-tempat wisata, uang tunai akan sangat berguna.

4. Tidak mempelajari budaya lokal

People in africa

People in africa via https://pexels.com

Nah ini juga sangat penting nih, guys! Sebelum kalian berpergian ke suatu tempat sebaiknya searching dulu atau cari tahu dulu tempat itu kayak apa, penduduknya gimana, aturan-aturan di sana apa aja supaya kalian gak ngalamin yang namanya culture shock. Soalnya bisa aja nih semua hal yang kalian lakuin di tempat tersebut tidak berkenan dengan masyarakat di sana.

Oleh karena itu selain jalan-jalan, kalian juga bisa sambil belajar kebudayaan lokal di tempat tersebut. Berkenalan atau bercengkrama dengan masyarakat di sana juga bisa kalian lakukan. Sekaligus untuk menegaskan bahwa kedatangan kalian ke tempat tersebut bukan untuk mengganggu.

5. Terlalu banyak itinerary

Field notes

Field notes via https://pexels.com

Kesalahan terakhir adalah terkait itinerary.

Faktanya terlalu banyak itinerary bisa memperburuk perjalanan. Kenapa? Sebagai traveller pemula kalian masih belum tau secara menyeluruh tempat-tempat yang akan kalian kunjungi ataupun medannya seperti apa. Kalau langsung buat itinerary ke banyak tempat dengan waktu yang mepet bisa jadi kalian bakal jatuh sakit. Bukannya menyenangkan malah kalian yang menderita sendiri.

Oleh karena itu, tipsnya adalah buat itenerary hanya ke beberapa tempat yang kalian suka. Hal ini penting karena kalian bakal bisa lebih fokus dan menikmati jalan-jalan sepenuhnya ketimbang kalau pergi ke banyak tempat tapi feel yang didapet hanya setengah-setengah dan malah buat kalian kebingungan.

Nah itu dia 5 kesalahan yang paling sering dilakukan traveller pemula. Mulai sekarang kamu jangan melakukan kesalahan yang sama lagi ya. Kamu pasti bisa belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya