Sebagai anak muda generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Kita harus bergerak membawa perubahan, agar Indonesia tetap jaya. Yuk, lakukan mulai dari hal-hal yang kadang kita anggap kecil, namun sesungguhnya mampu membawa perubahan besar untuk Indonesia yang kita cinta.

1. Mulailah Untuk Peduli Dengan Sekelilingmu

anak-anak via https://unsplash.com

Tidak harus dengan memberikan materi, cukup luangkan waktu untuk berbagi pengetahuan yang kita miliki. Mereka bukan tidak mampu, hanya saja kesempatan yang tak berpihak pada mereka. Jadi, bagi kita yang lebih beruntung, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk berbagi.

2. Yuk, Cintai Produk Dalam Negeri

tradisional via https://unsplash.com

Mulai dari fashion, kerajianan, hingga makanan milik dalam negeri, sebenarnya tidak kalah dengan produk-produk dari luar negeri. Jadi,mulailah untuk mengapresiasi hasil karya bangsa sendiri. Perekonomian Indonesia akan berkembang pesat, jika anak mudanya mau membeli produk dalam negeri atau bahkan memiliki karya sendiri.

3. Lestarikan Warisan Budaya yang Ada

Advertisement

Ada banyak cara untuk berekspresi, salah satunya adalah dengan melestarikan budaya negeri sendiri. Ada beribu-ribu suku bangsa di Indonesia dan mereka punya warisan budayanya sendiri. Kita sebagai anak muda, wajib untuk melestarikannya. Enggak usah malu, banyak, lho budaya Indonesia yang sudah mendunia.

4. Simpan Sampahmu Sampai Kita Menemukan Tempat yang Tepat Untuk Membuangnya

alam Indonesia via https://unsplash.com

Indonesia merupakan negeri yang indah dengan segala kekayaan alamnya. Gunung, sungai, pantai, semua itu adalah hadiah terindah yang Tuhan berikan untuk negeri tercinta ini. Jadi, sayang kalau karunia Tuhan tersebut rusak, hanya gara-gara sampah yang kita buang sembarangan. Belajarlah untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang kita miliki.

5. Redakan Emosimu, Damai itu Indah

Engga perlu kita ribut, karena masalah perbedaan pandangan politik, perbedaan ideologi, apalagi hanya karena perbedaan klub sepak bola atau artis idola, sampai-sampai menyebar hoax ke mana-mana. Kita sebagi anak muda, harusnya mampu menjadi agen perdamaian bukan malah menjadi biang keributan.

6. Berpikir Positif, Berucap Positif, dan Berlaku Positif

mengajar via https://unsplash.com

Mulailah untuk menebar virus-virus positif. Ciptakan karya-karya yang mengedukasi, lakukan sesuatu yang menginspirasi, yang tentunya mampu memberi manfaat untuk sesama. Tak perlu hal-hal yang besar, mulailah dari hal kecil yang bisa kita lakukan. Jadi, ayo, ciptakan prestasimu sendiri !