Siapa yang tak ingin mendapatkan kulit wajah yang cantik natural tanpa make-up? Pasti semua perempuan menginginkannya, termasuk kamu bukan?. Sebenarnya merawat kulit tidaklah mahal, jika kamu tekun dalam merawat kesehatan wajah. Memang sebagian perempuan menginginkan proses instan dengan membeli obat-obat kimia untuk menunjang kecantikan wajah, seperti krim-krim tertentu atau obat-obat tertentu, namun sebenarnya jika secara terus-menerus menggunakan obat-obatan kimia tidak baik untuk jangka panjang wajah kita ladies!.

Ada beberapa hal sepele yang sering kita abaikan di dalam keseharian, padahal hal tersebut justru yang menjaga serta merawat kesehatan kulit kita, beberapa diantaranya:

1. Perbanyak minum air putih

Minum Air Putih via https://www.google.com

Sudah banyak yang merasakan hasil dari memperbanyak minum air putih, khususnya untuk kesehatan wajah. Air putih membantu untuk menjaga wajah tetap fresh dan awet muda. Secara logis jika kita dehidrasi (kekurangan minum) maka tubuh akan bereaksi, salah satunya wajah akan menjadi kering, tentunya hal tersebut mengganggu kesehatan wajah. Jangan malu untuk membawa tempat minum ketika berpergian, utamakan kesehatanmu ladies!.

2. Rutin membersihkan make-up

Membersihkan Make Up via https://www.google.com

Bagi para perempuan tentunya hal yang ‘lumrah’ menggunakan make-up, tapi jangan lupa untuk membersihkan make-up, karena dalam sehari wajah kita tertutup oleh pelembab, BB Cream, Bedak, dan hal tersebut menutup pori-pori wajah dan membuat kulit wajah sulit untuk bernafas.

3. Cuci alat make-up

Advertisement

Mencuci Alat Make Up via https://www.google.com

Untuk mendapatkan wajah yang sehat, alat make-up yang kita gunakan juga harus bersih, minimal spons bedak yang berjenis spons basah bisa kita cuci satu hingga dua kali dalam seminggu. Dan satu lagi, jangan biarkan spons bedak digunakan lebih dari satu orang, alias cukup dipakai oleh pemilik alat make-up, karena kita tidak tahu bagaimana kondisi kulit wajah orang lain.

4. Kurangi menggunakan sabun wajah

Sabun Wajah via https://www.google.com

Sebenarnya jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun wajah, apalagi menggunakan sabun badan!. Karena mayoritas sabun wajah memiliki kandungan yang membuat kulit wajah menjadi kering, wajah juga membutuhkan kelembapan. Memang banyak yang merasakan penyakit ‘kambuhan’ alias wajah berminyak, hal tersebut cukup dibersihkan dengan menempalkan tisue ke area wajah yang berminyak, kemudian cucilah wajah tanpa menggunakan sabun wajah, cara tersebut lebih aman. Namun kembali lagi kepada kondisi masing-masing kulit wajah. Akan tetapi cara salah satu ini patut dicoba ladies. Penulis sudah lebih dari 5 tahun lepas dari sabun wajah :)

5. Cuci muka minimal 5 kali sehari

Cuci Muka via https://www.google.com

Yuk terapkan mencuci wajah tanpa sabun wajah, sebanyak 5 kali sehari! Terbukti didalam ajaran Islam bahwa umat muslin harus berwudhu yang dilakukan dalam 5 kali sehari, hal tersebut menunjukkan bahwa membersihkan wajah dengan air sebanyak 5 kali sehari mampu kembali menyegarkan wajah serta meminimalisir kotoran yang menempel pada wajah.

6. Wajib cuci muka sebelum tidur

cuci muka sebelum tidur via https://www.google.com

Terkadang kita sering lupa untuk mencuci muka sebelum tidur, entah karena tertidur atau malas beranjak. Namun hal sepele tersebut sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit wajah kita, karena pada malam hari kulit wajah akan melepaskan sel-sel mati yang ada dikulit wajah, maka akan lebih baik jika sebelum tidur kulit wajah sudah bersih dan akan membantu mudahkan kulit wajah kita melepaskan sel-sel kulit mati. Dan satu lagi, yaitu segera tidur malam lebih awal, tidur larut malam akan membuat wajah kita semakin tidak sehat. Kulit juga butuh istirahat ya :).

Itulah beberapa hal yang sepertinya sepele, tapi akan bermanfaat untuk kulit sehat dan cantikmu.