Hari Ayah Nasional jatuh pada tanggal 12 November nanti. Sebagai sosok besar yang telah menghidupi kita sampai saat ini, nggak ada salahnya dong kita memberikan apresiasi untuk ayah atas semua jasa-jasanya pada kita? 

Eits, tapi hal-hal ini juga harus dilakukan setiap hari, ya, jangan khusus di Hari Ayah saja. Ayo kita simak!

1. Berterima kasih

Berterima kasih

Berterima kasih via https://unsplash.com

Advertisement

Berterima kasihlah pada ayah yang telah menjagamu sampai saat ini. Berterima kasihlah atas jasa-jasa ayah yang telah membanting tulang siang dan malam untuk menyekolahkanmu. Tak perlu sungkan untuk mengucapkan terima kasih pada ayah. Walaupun ia tangguh, hatinya pasti juga akan melunak mendengarnya.

2. Meringankan beban kerja ayah

Membantu Ayah

Membantu Ayah via https://unsplash.com

Kamu bisa membantu ayah meringankan pekerjaannya. Bila ayahmu adalah seorang pegawai kantoran, kamu bisa merapikan dokumennya. Atau bila ayahmu pedagang, kamu bisa membantunya berdagang. Tak perlu malu, pekerjaan ayahmu itulah yang telah menghidupimu sampai saat ini. 

3. Memberikan hadiah kecil untuk ayah

Ayah bukan orang yang suka diberikan hadiah. Menurutnya, selama uang yang kita punya masih ada, lebik baik disimpan saja.

Advertisement

Tetapi tak ada salahnya untuk memberikan hadiah kecil. Kue, kemeja, atau sekadar menawarkan pijat bahu, ayah pasti akan senang mendapatkannya.

4. Letakkan ponsel, bicaralah dengan ayah

Letakkan ponsel

Letakkan ponsel via https://unsplash.com

Tanpa kita sadari, ayah ingin sekali banyak bicara dengan kita. Tetapi kadang kita terlalu terpaku pada ponsel sehingga tak menyadari keinginan ayah.

Ayo letakkan ponsel kalian dan mengobrollah dengan ayah. Ceritakan apa yang kamu lalui dan dengarkan nasihatnya.

5. Katakanlah kamu menyayanginya

Aku Menyayangimu, Ayah.

Aku Menyayangimu, Ayah. via https://unsplash.com

Katakanlah pada ayahmu bahwa kamu menyayanginya. Mungkin kamu segan mengatakannya, tetapi ayah akan sangat senang mendengarnya. Bisa jadi setelah itu ayah juga mengatakan bahwa ia menyayangimu. Membahagiakan bukan?

Tak ada yang lebih membahagiakan dibanding membuat hati seorang ayah senang. Buatlah orangtuamu bahagia dan cobalah mengerti mereka. Belajarlah banyak tentang kehidupan dari mereka. Mintalah masukan dari mereka, kelak kamu pun akan bahagia. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya